RPP Seni Budaya Kelas X SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017

http://rpprevisi2018.blogspot.com
RPP Seni Budaya Kelas X SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017

RPP K13 Revisi 2017 - RPP Seni Budaya Kelas X SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 untuk Tahun Pelajaran 2018/2019 Terintegrasi dengan Literasi, Pendidikan Penguatan Karakter (PPK), 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) dan Higher Order of Thinking Skill (HOTS)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan : SMK N/S
Mata Pelajaran : Seni Budaya
Bidang Keahlian : Seluruh Bidang Keahlian
Kelas / Semester : X/Ganjil
Tahun Pelajaran : 2018/2019
Alokasi Waktu : 6 JP ( 2 Pertemuan)


A. Kompetensi Inti
KI 3: Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kajian/kerja Seni Budaya pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
Download juga RPP Otomatisasi Tata Kelola Sarana Prasarana Kelas 11 SMK K13 Revisi 2017
KI 4: Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kajian/kerja Seni Budaya.
Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung..

B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD)

3.1. Memahami konsep budaya
4.1 Mempresentasikan konsep budaya

Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.1 1. Menjelaskan pengertian budaya
3.1 2. Menjelaskan unsur-unsur dan ciri-ciri budaya
3.1 3. Mencontohkan budaya yang ada di Indonesia
4.1.1 Membandingkan budaya daerah satu dengan yang lain
4.1.2 Menampilkan salah satu contoh budaya daerah
Download juga RPP Administrasi Umum Kelas 10 SMK K13 Revisi 2017
C. Tujuan Pembelajaran
Melalui proses mencari informasi, menanya, berdiskusi dan presentasi peserta didik di harapkan mampu Menjelaskan pengertian budaya sesuai prinsip dengan cermat, Membedakan pengertian budaya menurut para ahli dengan santun, Menjelaskan unsur-unsur budaya sesuai prinsip dengan cermat, Menjelaskan cirri-ciri budaya secara mandiri, Memberikan contoh budaya dari suatu daerah dengan bertanggungjawab, serta mampu Membandingkan budaya daerah satu dengan yang lain dengan bertanggung jawab, Menampilkan salah satu budaya daerah dengan bertanggung jawab dengan rasa rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan proaktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik

D. Materi Pembelajaran
Konsep Budaya

1. Definisi Budaya
Definisi Budaya menurut Parah Ahli
• E. B Taylor dalam Soekanto (1996:55) memberikan definisi mengenai kebudayaan ialah: "kebudayaan adalah kompleks yang mencakup pengetahuan kepercyaan, kesenian, moral, hukum, adat istiadat dan lain kemampuan-kemampuan yang didapatkan oleh manusia sebagai anggota masyarakat".
• Selo Soemardjan dan Soelaeman Somardi dalam Soekanto (1996:55) merumuskan "kebudayaan sebagai semua hasil karya, rasa dan cipta masyarakat.
• Koentjaraningrat Dari asal arti tersebut yaitu "colere" kemudian "culture" diartikan sebagai segala daya dan kegiatan manusia untuk mengolah dan mengubah alam (Koentjaraningrat dalam Soekanto, 1969: 55).
• Linton, Budaya adalah keseluruhan sikap & pola perilaku serta pengetahuan yang merupakan suatu kebiasaan yang diwariskan & dimilik oleh suatu anggota masyarakat tertentu.
• KBBI, Budaya adalah sebuah pemikiran, adat istiadat atau akal budi. Secara tata bahasa, arti dari kebudayaan diturunkan dari kata budaya dimana cenderung menunjuk kepada cara pikir manusia.
• Effat Al-Syarqawi mendefinisikan bahwa pengertian budaya dari pandangan agama islam, adalah khzanah sejarah sekelompok masyarakat yang tercermin didalam kesaksian & berbagai nilai yang menggariskan bahwa suatu kehidupan harus mempunyai makna dan tujuan rohaniah.
2. Unsur – unsur budaya
3. Ciri-ciri budaya
• Merupakan budaya sendiri yang berada di daerah tersebut dan dipelajari
• Dapat disampaikan kepada setiap orang dan setiap kelompok serta diwariskan dari setiap generasi
• Bersifat dinamis, artinya suatu sistem yang berubah sepanjang waktu
• Bersifat selektif, artinya mencerminkan pola perilaku pengalaman manusia secara terbatas
• Memiliki unsur budaya yang saling berkaitan
• Etnosentrik artinya menggangap budaya sendiri sebagai budaya yang terbaik atau menganggap budaya yang lain sebagai budaya standar.
4. Ragam budaya daerah
Download juga RPP Produk Kreatif dan Kewirausahaan Kelas 11 SMK K13 Revisi 2017
E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific Learning
2. Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
3. Metode : Ceramah, Diskusi,Tanya Jawab, Penugasan

F. Media, Alat, Bahan dan Sumber Pembelajaran
1. Media LCD projector
2. Laptop
3. Bahan Tayang ( Slide Power Point)
4. Whiteboard
5. Spidol
6. Penggaris

G. Sumber Belajar
1. Buku Seni Budaya Kurikulum 2013
2. Internet
3. Sumber lain yang relevan

H. Kegiatan Pembelajaran
  • Kegiatan Pendahuluan
  • Kegiatan Inti
  • Kegiatan Penutup
Download juga RPP Dasar Listrik dan Elektronika Kelas 11 SMK K13 Revisi 2017
I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian

a. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1) Tes Tertulis
a) Pilihan ganda
b) Uraian/esai
2) Tes Lisan
b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
2) Portofolio / unjuk kerja
3) Produk,

2. Instrumen Penilaian
• Terlampir

3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a. Remedial

  • Remedial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
  • Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal) 
b. Pengayaan
  • Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
  • Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
  • Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas.
Download juga RPP Administrasi Transaksi Kelas 11 SMK K13 Revisi 2017
Untuk lebih jelasnya lagi mengenai RPP RPP Seni Budaya Kelas X SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 untuk Tahun Pelajaran 2018/2019 yang sudah Terintegrasi dengan Literasi, Pendidikan Penguatan Karakter (PPK), 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) dan Higher Order of Thinking Skill (HOTS) silahkan download filenya di bawah ini, Bisa juga dengan berkunjung ke halaman disini

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel