RPP Administrasi Transaksi Kelas XI SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2017
RPP Administrasi Transaksi Kelas XI SMK/MAK Revisi 2017 |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : SMK N/S
Mata Pelajaran : Administrasi Transaksi
Bidang Keahlian : Bisnis dan Manajemen
Kelas / Semester : XI/Ganjil
Materi Pokok : SOP administrasi transaksi
Tahun Pelajaran : 2018/2019
Alokasi Waktu : 28 JP ( 4 Pertemuan)
A. Kompetensi Inti
KI 3: Memahami, menerapkan,menganalisis, danmengevaluasi tentangpengetahuan faktual,konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang danlingkup kerja Administrasi Transaksi pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi,seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga,sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional,regional, dan internasional.
KI 4: Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Administrasi Transaksi Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif,kreatif, produktif, kritis, mandiri,kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir,menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD)
3.1 Memahami SOP administrasi transaksi
4.1 Melakukan pengelompokan SOP administrasi transaksi
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.1.1 Menjelaskan Pengertian SOP Perusahaan
3.1.2 Menjelaskan Manfaat SOP di dalam perusahaan
3.1.3 Memahami standard prosedur oprasional administrasi
3.1.4 Menjelaskan Berkas-berkas administrasi transaksi
4.11 Melakuakan Pengelompokan SOP administrasi transaksi
C. Tujuan Pembelajaran
Melalui proses mencari informasi, menanya, berdiskusi dan presentasi peserta didik di harapkan dapat , Menjelaskan Pengertian SOP administrasi transaksi,Menjelaskan Manfaat SOP administrasi transaksi,Menjelaskan alur buktri transaksi,Menjelaskan Berkas-berkas administrasi transaksi,Mengidentifikasi SOP administrasi transaksi , dengan penuh rasa rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan proaktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik.
Baca Juga :
RPP Komunikasi Bisnis Kelas 10 SMK/MAK Revisi 2017RPP Estimasi Biaya Konstruksi Kelas 11 SMK/MAK Revisi 2017
RPP Konstruksi Jalan Dan Jembatan Kelas 11 SMK Revisi 2017
RPP Matematika Teknologi 10 SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017
RPP Ekonomi Bisnis Kelas 10 SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017
RPP Kearsipan Kelas X SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2017
RPP Teknik Animasi 2D dan 3D Kelas XI SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2017
D. Materi Pembelajaran
Pengertian SOP Perusahaan
Standard Operational Procedure (SOP) adalah aturan yang diterapkan oleh perusahaan dalam menangani berbagai kegiatan yang terjadi di perusahaan. Sehingga setiap kegiatan perusahaan akan mempunyai standar prosedur operasional untuk menjamin kegiatan ditangani dengan sebaik-baiknya.
Manfaat SOP di dalam Perusahaan
Standar prosedur operasional untuk menangani administrasi Pembelian Tunai
Standar prosedur operasional untuk menangani administrasi Penjualan Tunai
Standar prosedur operasional untuk menangani administrasi Penjualan Kredit
Standar prosedur operasional untuk menangani administrasi Penerimaan Kas
Standar prosedur operasional untuk menangani administrasi uang kas
E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific Learning
2. Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
3. Metode : Ceramah, Diskusi,Tanya Jawab, Praktek, Penugasan
F. Media, Alat, Bahan dan Sumber Pembelajaran
1. Media LCD projector
2. Laptop
3. Bahan Tayang ( Slide Power Point)
4. Whiteboard
5. Spidol
6. Penggaris
G. Sumber Belajar
1. Bahan Ajar Administrasi Transaksi Kurikulum 2013
2. Internet
3. Sumber lain yang relevan
H. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
Kegiatan Inti
Kegiatan Penutup
I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian
a. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1) Tes Tertulis
a) Pilihan ganda
b) Uraian/esai
2) Tes Lisan
b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
2) Portofolio / unjuk kerja
3) Produk,
2. Instrumen Penilaian
• Terlampir
3. PembelajaranRemedial dan Pengayaan
a. Remedial
Mengetahui
Kepala SMK N/S Guru Mata Pelajaran
……………………… ………………………….
NIP/NRK. NIP/NRK.
RPP Kearsipan Kelas X SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2017
RPP Teknik Animasi 2D dan 3D Kelas XI SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2017
D. Materi Pembelajaran
Pengertian SOP Perusahaan
Standard Operational Procedure (SOP) adalah aturan yang diterapkan oleh perusahaan dalam menangani berbagai kegiatan yang terjadi di perusahaan. Sehingga setiap kegiatan perusahaan akan mempunyai standar prosedur operasional untuk menjamin kegiatan ditangani dengan sebaik-baiknya.
Manfaat SOP di dalam Perusahaan
Standar prosedur operasional untuk menangani administrasi Pembelian Tunai
Standar prosedur operasional untuk menangani administrasi Penjualan Tunai
Standar prosedur operasional untuk menangani administrasi Penjualan Kredit
Standar prosedur operasional untuk menangani administrasi Penerimaan Kas
Standar prosedur operasional untuk menangani administrasi uang kas
E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific Learning
2. Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
3. Metode : Ceramah, Diskusi,Tanya Jawab, Praktek, Penugasan
F. Media, Alat, Bahan dan Sumber Pembelajaran
1. Media LCD projector
2. Laptop
3. Bahan Tayang ( Slide Power Point)
4. Whiteboard
5. Spidol
6. Penggaris
G. Sumber Belajar
1. Bahan Ajar Administrasi Transaksi Kurikulum 2013
2. Internet
3. Sumber lain yang relevan
H. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
Kegiatan Inti
Kegiatan Penutup
I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian
a. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1) Tes Tertulis
a) Pilihan ganda
b) Uraian/esai
2) Tes Lisan
b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
2) Portofolio / unjuk kerja
3) Produk,
2. Instrumen Penilaian
• Terlampir
3. PembelajaranRemedial dan Pengayaan
a. Remedial
- Remidial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
- Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal).
- Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
- Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
- Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas
……………, 16 Juli 2018
Mengetahui
Kepala SMK N/S Guru Mata Pelajaran
……………………… ………………………….
NIP/NRK. NIP/NRK.
Belum ada Komentar untuk "RPP Administrasi Transaksi Kelas XI SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2017"
Posting Komentar