RPP Teknik Animasi 2D dan 3D Kelas XI SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2017
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : SMK N/S
Mata Pelajaran : Teknik Animasi 2D
Bidang Keahlian : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas / Semester : XI/Ganjil
Materi Pokok : Prinsip Dasar Pembuatan Animasi 2d (Vector)
Tahun Pelajaran : 2018/20189
Alokasi Waktu : 7 JP ( 2 Pertemuan)
A. Kompetensi Inti
KI 3: Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Multimedia pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KI 4: Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Multimedia. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.1. Memahami prinsip dasar pembuatan animasi 2D (vector)
3.1.1 Menjelaskan Sejarah Prinsip Dasar Pembuatan Animasi 2D (vector)
3.1.2 Menjelaskan Pengertian Prinsip Dasar Pembuatan Animasi 2D (vector)
3.1.3 Memahami prinsip dasar pembuatan animasi 2D (vector)
4.1 Menyampaikan prinsip dasar pembuatan animasi 2D (vector)
4.1.1 Menyampaikan prinsip dasar pembuatan animasi 2D (vector)
C. Tujuan Pembelajaran
Melalui proses mencari informasi, menanya, berdiskusi dan presentasi peserta didik di harapkan dapat Menjelaskan Sejarah Prinsip Dasar Pembuatan Animasi 2D (vector), Menjelaskan Pengertian Prinsip Dasar Pembuatan Animasi 2D (vector), Memahami prinsip dasar pembuatan animasi 2D (vector) serta mampu Menyampaikan prinsip dasar pembuatan animasi 2D (vector) dengan rasa rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan proaktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik
D. Materi Pembelajaran
Prinsip Dasar Pembuatan Animasi 2d (Vector)
1. Sejarah Prinsip Dasar Pembuatan Animasi 2D (vector)
Kelahiran animasi sudah dimulai sejak jaman batu yaitu lebih dari 15000 tahun yang lalu. Hal ini dibuktikan dengan ditemukannya lukisan dan cerita bergambar pada dinding gua jaman paleolitikum. Berabad-abad kemudian perkembangan cerita bergambar sampai pada bangsa Mesir kuno yaitu pada tahun 2000 SM yang sering sekali menggambar subjek yang diceritakan dalam bentuk pergerakan. Salah satu gambar yang ditemukan adalah beberapa gambar posisi gulat pada jaman Mesir. Kebiasaan menggambar ini juga diikuti oleh bangsa Yunani dan Romawi.
Perkembangan cerita bergambar pada jaman kuno inilah yang merupakan cikal bakal teknik animasi jaman sekarang. Pada tahun 1914, Winsor McCay membuat animasi bernama Gertie the Dinosaur. Pada tahun berikutnya Otto Mesmer membuat animasi bisu dengan plot
cerita terkenal yaitu Felix the Cat.
Pelopor dunia animasi adalah Walt Disney dan Roy Disney. Pada tahun 1923 mereka membuat animasi fantasi disertai iringan musik dengan tokoh kartun seekor tikus bernama Mortimer, sebuah tokoh cikal bakal Mickey Mouse. Setelah sukses dalam menghidupkan Mickey Mouse mereka membuat animasi “White snow and seven dwarfs” dan berbagai animasi lainnya yang sukses sampai sekarang dinaungi oleh Pixar Animation.
2. Pengertian Prinsip Dasar Pembuatan Animasi 2D (vector)
Animasi berasal dari kata dalam bahasa inggris yaitu animate yang artinya menghidupkan, memberi jiwa dan menggerakkan benda mati. Animasi merupakan proses membuat objek yang asalnya suatu benda mati, kemudian secara berurutan disusun dalam posisi yang berbeda seolah menjadi hidup.
Prinsip adalah suatu pernyataan fundamental atau kebenaran umum maupun individual yang dijadikan seseorang atau kelompok sebagai sebuah pedoman untuk berpikir atau bertindak, sedangkan dasar adalah sederhana atau paling bawah. Kemudian pembuatan animasi adalah pembuatan serta menumpukan beberapa gambar secara bergantian dan berurutan sehingga seoleh-olah bergerak, terus yang terakhir 2D (vector) didefinisikan memiliki dua sumbu untuk plot, biasanya sumbu x dan sumbu y.
Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan pengertiaan prinsip dasar pembuatan animasi 2D (vektor) adalah pedoman sederhana dalam menumpukan beberapa gambar secara bergantian dan berurutan dalam tempo cepat, dengan pembuatan gambar memakai sumbu x dan y sehingga seolah-olah bergerak.
Gambar akan ditampilkan mulai dari urutan pertama sampai terakhir sehingga seolah-olah gambar yang ada bergerak, misalnya gambar bola bergerak dari bawah keatas. Kecapatan gerak gambar tergantung pada delay yang diberikan antar gambar. Semakin kecil delay maka akan semakin cepat pula gerakan gambar tersebut.
3. Konsep Prinsip Dasar Pembuatan Animasi 2D (vector)
Adapun konsep prinsip pembuatan animasi 2D (vector) adalah dengan menumpuk beberapa gambar secara berurutan dalam tempo yang cepat seolah-olah gambarnya bergerak padahal tidak, ini dikarenakan fenomena kelemahan mata manusia yang disebut: persistence of vision (pola penglihatan yang teratur) membuat gambar seolah-olah bergerak.
Paul Roget, Joseph Plateau dan Pierre Desvigenes, melalui peralatan optik yang mereka ciptakan, berhasil membuktikan bahwa mata manusia cenderung menangkap urutan gambargambar pada tenggang waktu tertentu sebagai sebuah pola.
E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific Learning
2. Model Pembelajaran :Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
3. Metode : Ceramah, Diskusi,Tanya Jawab, Praktek, Penugasan
F. Media, Alat, Bahan dan Sumber Pembelajaran
1. Media LCD projector
2. Laptop/Komputer yang sudah terinstal software animasi 2D (2D animation)
3. Bahan Tayang ( Slide Power Point)
4. Whiteboard
5. Spidol
6. Penggaris
G. Sumber Belajar
1. Bahan Ajar Animasi 2D dan 3D Kurikulum 2013
2. Internet
3. Sumber lain yang relevan
H. Langkah-langkah Pembelajaran
Belum ada Komentar untuk "RPP Teknik Animasi 2D dan 3D Kelas XI SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2017"
Posting Komentar