Modul Ajar Agama Kristen Kelas 8 Fase D Revisi

Modul Ajar Agama Kristen Kelas 8 Fase D Revisi

Dalam Pembelajaran PAK Ada dua model pendekatan pembelajaran, yaitu model pendekatan yang berpusat pada guru (teacher centered) dan pendekatan yang berpusat pada peserta didik atau peserta didik (student centered).

Kedua model pendekatan pembelajaran di atas adalah pendekatan yang dapat dipelajari oleh guru PAK, khususnya model pembelajaran yang berpusat pada peserta didik (student centered) untuk diterapkan dalam proses belajar-mengajar di sekolah. Sebagaimana kita ketahui bahwa kekhasan PAK membuat PAK berbeda dengan mata pelajaran lain, yaitu PAK menjadi sarana atau media dalam membantu peserta didik berjumpa dengan Allah di mana pertemuan itu bersifat personal, sekaligus nampak dalam sikap hidup sehari-hari yang dapat disaksikan serta dapat dirasakan oleh orang lain, baik guru, teman, keluarga maupun masyarakat. Dengan demikian, pendekatan pembelajaran PAK bersifat student centered (berpusat pada peserta didik), yang memanusiakan manusia, demokratis, menghargai peserta didik sebagai subyek dalam pembelajaran, menghargai keanekaragaman peserta didik, memberi tempat bagi peranan Roh Kudus. Dalam proses seperti ini, maka kebutuhan peserta didik merupakan kebutuhan utama yang harus terakomodir dalam proses pembelajaran.

Proses Pembelajaran PAK adalah proses pembelajaran yang mengupayakan peserta didik mengalami pembelajaran melalui aktivitas-aktivitas kreatif yang difasilitasi oleh Guru. Penjabaran kompetensi dalam pembelajaran PAK dirancang sedemikian rupa sehingga proses dan hasil pembelajaran PAK memiliki bentuk-bentuk karya, unjuk kerja dan perilaku/sikap yang merupakan bentuk-bentuk kegiatan belajar yang dapat diukur melalui penilaian (assessment) sesuai kriteria pencapaian.

Urutan pembahasan materi pada modul sesuai yang terdapat pada buku guru peserta didik dimulai dengan pengantar. Di mana pada bagian pengantar peserta didik diarahkan untuk masuk ke dalam materi pembahasan, kemudian uraian materi, penjelasan bahan Alkitab, kegiatan pembelajaran dan penilaian atau assessment.

Berikut ini materi pelajaran Pendidikan agama kristen kelas 8 yang harus siswa pelajari selama satu tahun dua semester.

Bab I Allah Berkarya Melalui IPTEK
A. Pengantar
B. Arti IPTEK
C. Perkembangan IPTEK
D. Pandangan Alkitab terhadap IPTEK
E. Sikap Pelajar Kristen terhadap IPTEK

Bab II Perkembangan Teknologi di Era Digital
A. Pengantar
B. Tren Era Digital
C. Dampak Positif dan Negatif Teknologi di Era Teknologi
D. Tantangan di Era Digital

Bab III Allah Pemelihara Hidupku
A. Pengantar
B. Pemeliharaan Allah
C. Bagaimana cara Allah memelihara kita?
D. Menolong Sesama sebagai Inspirasi Kehidupan

Bab IV Talentaku
A. Pengantar
B. Kenali Macam-macam Talenta
C. Jenis Talenta Lainnya
D. Cara Menemukan Talenta
E. Sikap penting dalam mengembangkan talenta (Matius 25:14-30)

Bab V Yesus Teladanku
A. Pengantar
B. Pengertian Teladan
C. Apa yang harus diteladani dari Yesus Kristus?

Bab VI Keteladanan Hidup: Belajar dari Tokoh
A. Pengantar
B. Arti Keteladanan
C. Mengenal Tokoh-tokoh Gereja
D. Mengenal Tokoh-tokoh Masyarakat

Bab VII Peran Roh Kudus dalam Hidup Orang Beriman
A. Penjelasan Singkat tentang Roh Kudus
B. Peran Roh Kudus dalam kehidupan orang beriman
C. Makna Iman dan Pengharapan
D. Wujud Hidup Beriman dan Berpengharapan

Bab VIII Bersiap Menghadapi Tantangan Pergaulan Masa Kini
A. Pengantar
B. Tantangan Hidup Masa Kini
C. Panggilan-Nya untuk tidak menjadi serupa dengan dunia
D. Media Sosial bisa dimanfaatkan untuk kemuliaan Tuhan
E. Menjadi Garam dan Terang di Media Sosial
F. Mari Membaca Alkitab

Bab IX Hidup dalam Nilai-Nilai Kristiani
A. Pengantar
B. Pengertian Nilai
C. Nilai-nilai Kristiani
D. Buah Roh Sebagai Wujud Nilai-nilai Kristiani
E. Prinsip Hidup Berbuah

Bab X Aku dan Pelayananku
A. Arti Pelayanan
B. Kondisi Perkembangan Pelayanan Gereja masa kini
C. Bentuk-bentuk Pelayanan Gereja masa kini
D. Peran Remaja Kristen dalam Pelayanan
E. Remaja dan Masa Depan Gereja

Bab XI Kerukunan Antar Umat Beragama
A. Pengantar
B. Makna Kerukunan antar umat beragama
C. Kerukunan umat beragama dalam Perspektif Kristen
D. Berbagai Sikap dalam hubungan antar umat beragama

Bab XII Karya Pemeliharaan Allah dalam Ciptaan-Nya
A. Pengertian Pemeliharaan
B. Pemeliharaan Allah dalam Ciptaan-Nya
C. Aspek-aspek Pemeliharaan Allah
D. Respon terhadap Pemeliharaan Allah

Bab XIII Kedaulatan Allah Bagi Alam dan Lingkungan
A. Pengertian Kedaulatan Allah
B. Allah Penguasa Alam Semesta
C. Memaknai Kedaulatan Allah bagi Alam dan Lingkungan

Untuk mendapatkan Modul Ajar Pendidikan Agama Karisten Kelas 8 Fase D sesuai dengan materi di atas Bapak/Ibu Guru bisa memesannya DISINI atau menghubungi nomor telp/wa: 081350504500

Untuk melihat contoh modul ajar Pendidikan Agama Karisten Kelas 8 Fase D silahkan download filenya di bawah ini.

Belum ada Komentar untuk "Modul Ajar Agama Kristen Kelas 8 Fase D Revisi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel