RPP Matematika Teknologi 10 SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017
RPP Matematika Teknologi 10 SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : SMK INDONESIA
Mata Pelajaran : Matematika
Materi : Konsep Bilangan Berpangkat, Bentuk Akar Dan Logaritma Dalam Menyelesaikan Masalah
Kelas /Semester : X/Ganjil
Alokasi Waktu : 20 Jam Pelajaran (5 Pertemuan)
Tahun Pelajaran : 2018/2019
A. Kompetensi Inti (KI)
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasitentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kajian matematika pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kajian matematika
Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.1 Menerapkan konsep bilangan berpangkat, bentuk akar dan logaritma dalam menyelesaikan masalah
3.1.1 Menemukan konsep eksponen
3.1.2 Menganalisis pangkat bulat negatif
3.1.3 Menjelaskan pangkat nol
3.1.4 Menjelaskan sifat-sifat pangkat bulat positif
3.1.5 Mendeskrifsikan pangkat pecahan
3.1.6 Mendeskrifsikan bentuk akar
3.1.7 Menganalisis hubungan bentuk akar dan bilangan berpangkat
3.1.8 Menjelaskan operasi pada bentuk akar
3.1.9 Menemukan konsep logaritma
3.1.10 Menganalisis sifat-sifat logaritma
4.1 Menyajikan penyelesaian masalah bilangan berpangkat, bentuk akar dan logaritma
4.1.1 Menentukan penyelesaian masalah bilangan berpangkat, bentuk akar dan logaritma
4.1.2 Menyajikan penyelesaian masalah bilangan berpangkat, bentuk akar dan logaritma
C. Tujuan Pembelajaran
1. Pertemuan Pertama
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran peserta didik dapat:
Menemukan konsep eksponen
Menganalisis pangkat bulat negatif
Menjelaskan pangkat nol
2. Pertemuan Kedua
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran peserta didik dapat:
Mendeskripsikan bentuk akar
Menganalisis hubungan bentuk akar dan bilangan berpangkat
3. Pertemuan Ketiga
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran peserta didik dapat:
Menjelaskan operasi pada bentuk akar
4. Pertemuan Keempat
Setelah mengikutiserangkaian kegiatan pembelajaran peserta didik dapat:
Menemukan konsep logaritma
Menganalisis sifat-sifat logaritma
5. Pertemuan Kelima
Setelah mengikutiserangkaian kegiatan pembelajaran peserta didik dapat:
D. Materi Pembelajaran
1. Materi Pembelajaran Reguler
a. Fakta
Jika grafik fungsi eksponen dicerminkan terhadap sumbu y = x, maka diperoleh grafik fungsi logaritma
b. Konsep
Perpangkatan dan penarikan akar adalah dua operasi yang saling berkebalikan.Artinya jika suatu bilangan dipangkatkan dan hasilnya diakarkan dengan pangkatakar yang sama dengan pangkat bilangan sebelumnya, maka hasilnya adalah bilangan semula.
c. Prinsip
Sifat-sifat perpangkatan dapat digunakan untuk menurunkan sifat-sifat penarikan akar.
d. Prosedur
Operasi perpangkatan pasti merupakan eksponen, tetapi operasi eksponen belum tentu perpangkatan.
2. Materi Pembelajaran Remedial
Menemukan konsep logaritma
3. Materi Pembelajaran Pengayaan
Menganalisis sifat-sifat logaritma
E. Metode Pembelajaran
1. Model: Discovery Learning
2. Pendekatan : Saintifik Learning
3. Metode : Ceramah, Diskusi dan Pembelajaran
F. Media/alat,Bahan, dan Sumber Belajar
1. Media/alat:
LCD Projector
Speaker aktif
Note book
CD Pembelajaran interaktif ”
2. Bahan:
Kertas karton
Spidol
3. Sumber Belajar:
Buku Siswa dan Buku guru
Situs Internet
Lingkungan Masyarakat sekitar
Sumber belajar lain yang mendukung
Baca Juga :
- RPP Ekonomi Bisnis Kelas 10 SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017
- RPP Teknik Animasi 2D dan 3D Kelas XI SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2017
- RPP Pelayanan Farmasi Kelas XI SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2017
- RPP Kearsipan Kelas X SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2017
H. Langkah-langkah Pembelajaran
- Kegiatan Pendahuluan
- Kegiatan Inti
- Kegiatan Penutup
I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian
a. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1) Tes Tertulis
a) Pilihan ganda
b) Uraian/esai
2) Tes Lisan
b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
2) Portofolio / unjuk kerja
3) Produk,
2. Instrumen Penilaian
• Terlampir
3. PembelajaranRemedial dan Pengayaan
a. Remedial
- Remidial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
- Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal).
- Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
- Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
- Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas
……………, 16 Juli 2018
Mengetahui
Kepala SMK INDONESIA Guru Mata Pelajaran
…………………………………… …………………………………….
NIP/NRK. NIP/NRK.
Belum ada Komentar untuk "RPP Matematika Teknologi 10 SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017"
Posting Komentar