RPP 1 Lembar PPKN (Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan) Kelas 7, 8 dan 9 SMP/MTS
RPP 1 Lembar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas 7, 8 dan 9 SMP/MTS |
Berdasarkan SURAT EDARAN NOMOR 14 TAHUN 2019 TENTANG PENYEDERHANAAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dilakukan dengan prinsip efisien, efektif, dan berorientasi pada murid adapun penyederhanaannya meliputi sistematika dan komponen yang terdiri dari tiga komponen inti RPP yaitu Tujuan pembelajaran, Kegiatan Pembelajaran dan Penilaian. Dalam rangka membantu para rekan guru berikut ini saya bagikan contoh RPP 1 Lembar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas 7, 8 dan 9 SMP/MTS versi Bapak Menteri Nadim Makarim atau yang lebih viral lagi di sebut RPP merdeka belajar.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : SMP N
Mata Pelajaran : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kelas / Semester : VII / Ganjil
Materi Pokok : Proses Perumusan dan Penetapan Pancasila Sebagai Dasar Negara
Alokasi Waktu : 5x Pertemuan
1. Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model Discovery learning dan Project Based Learning (PJBL) yang dipadukan dengan pendekatan saintifik, peserta didik diharapkan mampu : Memahami perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara dalam Sidang BPUPKI, Menganalisis pendapat para pendiri negara tentang isi Pancasila, Mengidentifikasi perumusan Dasar Negara dalam Sidang Panitia Sembilan, Menganalisis penetapan Pancasila sebagai Dasar Negara serta mampu Membuat laporan hasil telaah perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara dengan penuh rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan proaktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik
Jika para rekan guru berminat untuk mendapatkan perangkat pembelajaran lengkap PPKN SMP dan RPP 1 Halaman Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas 7, 8 dan 9 SMP/MTS silahkan kunjungi halaman DISINI atau bisa juga menghubungi langsung ke nomor kami WA/TELP : 0813-8033-2017.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : SMP N
Mata Pelajaran : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kelas / Semester : VII / Ganjil
Materi Pokok : Proses Perumusan dan Penetapan Pancasila Sebagai Dasar Negara
Alokasi Waktu : 5x Pertemuan
1. Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model Discovery learning dan Project Based Learning (PJBL) yang dipadukan dengan pendekatan saintifik, peserta didik diharapkan mampu : Memahami perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara dalam Sidang BPUPKI, Menganalisis pendapat para pendiri negara tentang isi Pancasila, Mengidentifikasi perumusan Dasar Negara dalam Sidang Panitia Sembilan, Menganalisis penetapan Pancasila sebagai Dasar Negara serta mampu Membuat laporan hasil telaah perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara dengan penuh rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan proaktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik
Download juga : Download RPP 1 Halaman Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas 7, 8 dan 9 SMP/MTS2. Kegiatan Pembelajaran
- Guru mengucapkan salam, berdoa, cek kehadiran, dan cek kebersihan, dan menyampaikan tujuan pembelajaran, cakupan materi, langkah pembelajaran dan tehnik penilaian
- Mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang materi yang sudah pernah di dapatkan terkait dengan materi yang akan di pelajari
- Memotivasi peserta didik dengan cara menginformasikan kepada peserta didik pentingnya materi Proses Perumusan dan Penetapan Pancasila Sebagai Dasar Negara yang akan dipelajari dalam kegiatan sehari-hari
- Peserta didik diminta untuk mengamati lembar kerja, gambar / video pemberian contoh-contoh materi/soal untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb yang berhubungan dengan Proses Perumusan dan Penetapan Pancasila Sebagai Dasar Negara
- Peserta didik diberikan beberapa pertanyaan mengenai Proses Perumusan dan Penetapan Pancasila Sebagai Dasar Negara untuk ditemukan pemecahannya
- peserta didik diminta untuk bekerja secara kelompok untuk menemukan pemecahan masalah terhadap permasalahan yang telah diberikan baik melalui sumber internal maupun sumber eksternal (Menanya, Mengeksplorasi dan Mengasosiasi)
- Peserta didik diminta untuk bekerja dalam kelompok dan menghargai usaha setiap anggota kelompok Mengeksplorasi dan Mengasosiasi)
- Peserta didik bertukar buku/bahan referensi dalam menyelesaikan kegiatan kelompoknya (Mengomunikasikan)
- Menuliskan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang telah dibuat sebelumnya berdasasrkan hasil kerja kelompok (Mengasosiasi dan Mengomunikasikan)
- Peserta didik yang telah ditunjuk oleh kelompoknya sebagai juru bicara menyampaikan hasil kerja kelompoknya (Mengomunikasikan)
- Peserta didik lainnya mendengarkan dan memberikan tanggapan (Mengamati dan Menanya)
- Peserta didik melakukan analisis atas hasil kerja kelompoknya dengan informasi yang ditayangkan oleh guru (Mengasosiasi)
- Peserta didik diberikan pertanyaan sehubungan dengan hal-hal yang masih perlu diklarifikasi ulang (Mengomunikasikan)
Download juga : Download RPP 1 Halaman Bahasa Indonesia Kelas 7, 8 dan 9 SMP/MTS3. Penilaian
- Penilaian Sikap : Observasi selama kegiatan berlangsung
- Penilaian Pengetahuan : Tes Tertulis dan pilihan Ganda
- Penilaian Keterampilan : Portofolio, Praktik, dan proyek
Jika para rekan guru berminat untuk mendapatkan perangkat pembelajaran lengkap PPKN SMP dan RPP 1 Halaman Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas 7, 8 dan 9 SMP/MTS silahkan kunjungi halaman DISINI atau bisa juga menghubungi langsung ke nomor kami WA/TELP : 0813-8033-2017.
Rpp 1 lembar ppkn belum dapat di download
BalasHapusbisa
Hapus