RPP 1 Halaman Bahasa Indonesia Kelas 10, 11 dan 12 SMA
RPP 1 Halaman Bahasa Indonesia Kelas 10, 11 dan 12 SMA |
Sesuai dengan SURAT EDARAN NOMOR 14 TAHUN 2019 TENTANG PENYEDERHANAAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) berikut ini kami berikan contoh RPP 1 Lembar Bahasa Indonesia Kelas 10, 11 dan 12 SMA yang terdiri dari tiga komponen inti RPP yaitu Tujuan pembelajaran, Kegiatan Pembelajaran dan Penilaian.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : SMA N
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : X / Ganjil
Materi Pokok : Menyusun Laporan Hasil Observasi
Alokasi Waktu : 4x Pertemuan
1. Tujuan Pembelajaran
Melalui proses mencari informasi, menanya, berdiskusi dan presentasi peserta didik di harapkan dapat
• Mengidentifikasi Isi Teks Laporan Hasil Observasi;
• Menyusun Ringkasan Isi Teks Laporan Hasil Observasi;
• Menyimpulkan Fungsi Teks Laporan Hasil Observasi.
• Melengkapi Isi Laporan Teks Hasil Observasi.
• Membenahi kesalahan isi teks laporan hasil observasi.
• Menganalisis Kebahasaan Teks Laporan Hasil Observasi.
• Membenahi kesalahan berbahasa dalam teks laporan hasil observasi.
• melengkapi gagasan pokok dengan gagasan penjelas;
• menyusun teks laporan hasil observasi dengan memperhatikan isi dan kebahasaan
dengan penuh rasa rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan proaktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik
• Penilaian Sikap : Observasi selama kegiatan berlangsung
• Penilaian Pengetahuan : Tes Tertulis dan pilihan Ganda
• Penilaian Keterampilan : Portofolio, Praktik, dan proyek
*Catatan : Komponen lainnya sebagai pelengkap.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : SMA N
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : X / Ganjil
Materi Pokok : Menyusun Laporan Hasil Observasi
Alokasi Waktu : 4x Pertemuan
1. Tujuan Pembelajaran
Melalui proses mencari informasi, menanya, berdiskusi dan presentasi peserta didik di harapkan dapat
• Mengidentifikasi Isi Teks Laporan Hasil Observasi;
• Menyusun Ringkasan Isi Teks Laporan Hasil Observasi;
• Menyimpulkan Fungsi Teks Laporan Hasil Observasi.
• Melengkapi Isi Laporan Teks Hasil Observasi.
• Membenahi kesalahan isi teks laporan hasil observasi.
• Menganalisis Kebahasaan Teks Laporan Hasil Observasi.
• Membenahi kesalahan berbahasa dalam teks laporan hasil observasi.
• melengkapi gagasan pokok dengan gagasan penjelas;
• menyusun teks laporan hasil observasi dengan memperhatikan isi dan kebahasaan
dengan penuh rasa rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan proaktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik
Download juga RPP 1 Lembar Bahasa Indonesia Kelas 7, 8 dan 9 SMP2. Kegiatan Pembelajaran
- Mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang materi yang sudah pernah di dapatkan terkait dengan materi yang akan di pelajari
- Memotivasi peserta didik dengan cara menginformasikan kepada peserta didik pentingnya materi Menyusun Laporan Hasil Observasiyang akan dipelajari dalam kegiatan sehari-hari
- Peserta didik diminta untuk mengamati lembar kerja, gambar / video pemberian contoh-contoh materi/soal untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb yang berhubungan dengan Menyusun Laporan Hasil Observasi
- Peserta didik diberikan beberapa pertanyaan mengenai Menyusun Laporan Hasil Observasiuntuk ditemukan pemecahannya
- peserta didik diminta untuk bekerja secara kelompok untuk menemukan pemecahan masalah terhadap permasalahan yang telah diberikan baik melalui sumber internal maupun sumber eksternal (Menanya, Mengeksplorasi dan Mengasosiasi)
- Peserta didik diminta untuk bekerja dalam kelompok dan menghargai usaha setiap anggota kelompok Mengeksplorasi dan Mengasosiasi)
- Peserta didik bertukar buku/bahan referensi dalam menyelesaikan kegiatan kelompoknya (Mengomunikasikan)
- Menuliskan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang telah dibuat sebelumnya berdasasrkan hasil kerja kelompok (Mengasosiasi dan Mengomunikasikan)
- Peserta didik yang telah ditunjuk oleh kelompoknya sebagai juru bicara menyampaikan hasil kerja kelompoknya (Mengomunikasikan)
- Peserta didik lainnya mendengarkan dan memberikan tanggapan (Mengamati dan Menanya)
- Peserta didik melakukan analisis atas hasil kerja kelompoknya dengan informasi yang ditayangkan oleh guru (Mengasosiasi)
- Peserta didik diberikan pertanyaan sehubungan dengan hal-hal yang masih perlu diklarifikasi ulang (Mengomunikasikan)
• Penilaian Sikap : Observasi selama kegiatan berlangsung
• Penilaian Pengetahuan : Tes Tertulis dan pilihan Ganda
• Penilaian Keterampilan : Portofolio, Praktik, dan proyek
*Catatan : Komponen lainnya sebagai pelengkap.
Download juga RPP 1 Lembar Matematika Kelas 10, 11 dan 12 SMAUntuk mendapatkan RPP 1 Lembar Bahasa Indonesia Kelas 10, 11 dan 12 SMA lengkap silahkan klik DISINI.
terima kasih atas penyajian contoh RPP-nya. Sangat bermanfaat bagiu saya
BalasHapus