RPP 1 Lembar Bahasa Inggris SMA Kelas X, XI dan XII Kurikulum 2013 Revisi 2020

https://rpprevisi2018.blogspot.com/
RPP 1 Lembar Bahasa Inggris Kelas X, XI dan XII SMA Kurikulum 2013 Revisi 2020
RPP 1 Lembar Bahasa Inggris Kelas X, XI dan XII SMA Kurikulum 2013 Revisi 2020 sesuai Arahan kebijakan baru dalam menyusun RPP adalah Guru secara bebas dapat memilih, membuat, menggunakan dan mengembangkan format RPP, 3 komponen inti (komponen lainnya bersifat pelengkap dan dapat dipilih secara mandiri): Tujuan pembelajaran, Kegiatan pembelajaran dan Asesmen 1 halaman cukup, Penulisan RPP dilakukan dengan efisien dan efektif sehingga guru memiliki lebih banyak waktu untuk mempersiapkan dan mengevaluasi proses pembelajaran itu sendiri sebagai bahan referensi berikut ini saya bagikan RPP 1 Lembar Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas X, XI dan XII SMA Kurikulum 2013 Revisi 2020 sesuai dengan SURAT EDARAN NOMOR 14 TAHUN 2019 TENTANG PENYEDERHANAAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Sekolah : SMA N
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas / Semester : XII / Ganjil
Alokasi Waktu : 4 x 45 menit
Materi Pokok : Tawaran Jasa
Pertemuan Ke : 1

1. Tujuan Pembelajaran
Melalui model pembelajaran dengan menggunakan Problem Based Learning, peserta didik diharapkan mampu memahami proses pertumbuhan dan perkembangantumbuhan dan mengaplikasikannya dalam pengamatanpertumbuhan dan perkembangan, Menganalisis hubungan antara faktor internal dan eksternal dengan proses pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup serta mampu Merencanakan dan melaksanakan percobaan tentang faktor eksternal yang memengaruhi faktor internal dalam proses pertumbuhan dan perkembangan tanaman, dan melaporkan secara tertulis dengan menggunakan tatacara penulisan ilmiah yang benar dengan penuh rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan proaktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik

2. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran:
a. Kegiatan Pendahuluan

  •  Guru menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran
  • Guru emberi motivasi belajar peserta didik secara kontekstual sesuai manfaat dan aplikasi materi ajar dalam kehidupan sehari-hari
  • Guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari
  • Guru menjelaskan tujuan pembelajaran
  • Guru menyampaikan karakter dan penilaian yang akan dilaksanakan
b. Kegiatan inti (sintaks model pembelajaran)
Sintaks
Orientasi Peserta didik pada masalah

  • Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada materi yang akan di pelajari dengan cara Mengamati lembar kerja, Foto/Video, pemberian contoh-contoh materi/soal untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb yang berhubungan dengan Fungsi sosial dan struktur teks memulai ungkapan menawarkan jasa
Mengorganisasi peserta didik
  • Guru memfasilitasi peserta didik untuk memahami masalah yang disajikan yaitu mengidentifikasi apa yang mereka ketahui, apa yang mereka perlu ketahui, dan apa yang perlu dilakukan untuk menyelesaikan masalah terkait materi Fungsi sosial dan struktur teks memulai ungkapan menawarkan jasa
Membimbing penyelidikan individu/ kelompok
  • Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan Diskusi dan saling tukar informasi terkait Fungsi sosial dan struktur teks memulai ungkapan menawarkan jasa
Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
  • Menyampaikan dan Mempresentasikan hasil diskusi kelompok tentang Fungsi sosial dan struktur teks memulai ungkapan menawarkan jasa
Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah
  • Peserta didik menganalisa dan menyimpulkan masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran yang telah dilakukan tentang Fungsi sosial dan struktur teks memulai ungkapan menawarkan jasa
c. Kegiatan penutup
1. Peserta didik, dengan bimbingan guru, membuat kesimpulan.
2. Guru melakukan refleksi hasil proses belajar yang telah dilaksanakan..
3. Guru memberikan apresiasi kepada seluruh peserta didik yang telah bekerjasama dengan baik dalam kelompok.
4. Guru memberikan evaluasi untuk mengukur ketuntasan PBM.
5. Guru menginformasikan kegiatan yang akan dilaksanakan pada pertemuan berikutnya.

3. Penilaian
Penilaian Sikap : Observasi selama kegiatan berlangsung
Penilaian Pengetahuan : Tes Tertulis dan pilihan Ganda
Penilaian Keterampilan : Portofolio, Praktik, dan proyek
*Catatan : Komponen lainnya sebagai pelengkap.
Untuk mendapatkan RPP 1 Lembar Bahasa Inggris SMA Kelas X, XI dan XII silahkan download filenya yang sudah kami kemas dalam bentuk pdf pada akhir artikel ini.
Jika para rekan guru berminat untuk mendapatkan perangkat pembelajaran lengkap Bahasa Inggris dan RPP 1 Lembarnya silahkan klik DISINI atau bisa juga menghubungi langsung ke nomor kami WA/TELP : 0813-5050-4500

5 Komentar untuk "RPP 1 Lembar Bahasa Inggris SMA Kelas X, XI dan XII Kurikulum 2013 Revisi 2020"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel