RPP Inspiratif Kimia 1 Lembar Kelas X, XI dan XII SMA Kurikulum 2013 Revisi 2020
RPP Kimia 1 Lembar Inspiratif Kelas X, XI dan XII SMA Kurikulum 2013 Revisi 2020 |
RPP Kimia 1 Lembar Inspiratif Kelas X, XI dan XII SMA Kurikulum 2013 Revisi 2020 Berdasarkan SURAT EDARAN NOMOR 14 TAHUN 2019 TENTANG PENYEDERHANAAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP). Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dilakukan dengan prinsip efisien, efektif, dan berorientasi pada murid adapun penyederhanaannya meliputi sistematika dan komponen yang terdiri dari tiga komponen inti RPP yaitu Tujuan pembelajaran, Kegiatan Pembelajaran dan Penilaian.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah : SMA N
Mata Pelajaran : Kimia
Kelas / Semester : X / Ganjil
Alokasi Waktu : 3 x 45 menit
Materi Pokok : Metode ilmiah, hakikat ilmu Kimia, keselamatan dan keamanan kimia di laboratorium, serta peran Kimia dalam kehidupan
Pertemuan Ke : 1
1. Tujuan Pembelajaran
Melalui model pembelajaran dengan menggunakan Problem Based Learning, peserta didik diharapkan mampu : memahami dan melakukan percobaan berdasarkan metode ilmiah, hakikat ilmu Kimia, keselamatan dan keamanan di laboratorium, serta peran kimia dalam kehidupan dengan penuh rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan proaktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik
a. Kegiatan Pendahuluan
Sintaks
Orientasi Peserta didik pada masalah
1. Peserta didik, dengan bimbingan guru, membuat kesimpulan.
2. Guru melakukan refleksi hasil proses belajar yang telah dilaksanakan..
3. Guru memberikan apresiasi kepada seluruh peserta didik yang telah bekerjasama dengan baik dalam kelompok.
4. Guru memberikan evaluasi untuk mengukur ketuntasan PBM.
5. Guru menginformasikan kegiatan yang akan dilaksanakan pada pertemuan berikutnya.
3. Penilaian
Terlampir
a. Sikap : Jurnal dan lembar observasi
b. Keterampilan : Lisan
c. Pengetahuan : Tes Tulis
*Catatan : Komponen lainnya sebagai pelengkap.
Jika para rekan guru berminat untuk mendapatkan perangkat pembelajaran lengkap Kimia SMA dan RPP 1 Lembar Kimia SMA Kelas X, XI dan XII SMA silahkan kunjungi halaman DISINI atau bisa juga menghubungi langsung ke nomor kami WA/TELP : 081350504500
Nama Sekolah : SMA N
Mata Pelajaran : Kimia
Kelas / Semester : X / Ganjil
Alokasi Waktu : 3 x 45 menit
Materi Pokok : Metode ilmiah, hakikat ilmu Kimia, keselamatan dan keamanan kimia di laboratorium, serta peran Kimia dalam kehidupan
Pertemuan Ke : 1
1. Tujuan Pembelajaran
Melalui model pembelajaran dengan menggunakan Problem Based Learning, peserta didik diharapkan mampu : memahami dan melakukan percobaan berdasarkan metode ilmiah, hakikat ilmu Kimia, keselamatan dan keamanan di laboratorium, serta peran kimia dalam kehidupan dengan penuh rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan proaktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik
Download juga: RPP 1 Lembar Pendidikan Agama Islam SMA/SMK Kelas 10, 11 dan 122. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran:
a. Kegiatan Pendahuluan
- Guru menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran
- Guru memberi motivasi belajar peserta didik secara kontekstual sesuai manfaat dan aplikasi materi ajar dalam kehidupan sehari-hari
- Guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari
- Guru menjelaskan tujuan pembelajaran
- Guru menyampaikan karakter dan penilaian yang akan dilaksanakan
Sintaks
Orientasi Peserta didik pada masalah
- Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada materi yang akan di pelajari dengan cara Mengamati lembar kerja, Foto/Video, pemberian contoh-contoh materi/soal untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb yang berhubungan dengan Metode ilmiah dan Hakikat ilmu Kimia
- Guru memfasilitasi peserta didik untuk memahami masalah yang disajikan yaitu mengidentifikasi apa yang mereka ketahui, apa yang mereka perlu ketahui, dan apa yang perlu dilakukan untuk menyelesaikan masalah terkait materi Metode ilmiah dan Hakikat ilmu Kimia
- Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan Diskusi dan saling tukar informasi terkait Metode ilmiah dan Hakikat ilmu Kimia
- Menyampaikan dan Mempresentasikan hasil diskusi kelompok tentang Metode ilmiah dan Hakikat ilmu Kimia
- Peserta didik menganalisa dan menyimpulkan masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran yang telah dilakukan tentang Metode ilmiah dan Hakikat ilmu Kimia
Download juga: RPP 1 Lembar Sejarah SMA Kelas 10, 11 dan 12c. Kegiatan penutup
1. Peserta didik, dengan bimbingan guru, membuat kesimpulan.
2. Guru melakukan refleksi hasil proses belajar yang telah dilaksanakan..
3. Guru memberikan apresiasi kepada seluruh peserta didik yang telah bekerjasama dengan baik dalam kelompok.
4. Guru memberikan evaluasi untuk mengukur ketuntasan PBM.
5. Guru menginformasikan kegiatan yang akan dilaksanakan pada pertemuan berikutnya.
3. Penilaian
Terlampir
a. Sikap : Jurnal dan lembar observasi
b. Keterampilan : Lisan
c. Pengetahuan : Tes Tulis
*Catatan : Komponen lainnya sebagai pelengkap.
Download juga: RPP 1 Lembar Ekonomi SMA Kelas 10, 11 dan 12Untuk mendapatkan contoh RPP 1 Lembar Kimia SMA Kelas X, XI dan XII SMA silahkan download filenya yang sudah kami kemas dalam bentuk pdf pada akhir artikel ini.
Jika para rekan guru berminat untuk mendapatkan perangkat pembelajaran lengkap Kimia SMA dan RPP 1 Lembar Kimia SMA Kelas X, XI dan XII SMA silahkan kunjungi halaman DISINI atau bisa juga menghubungi langsung ke nomor kami WA/TELP : 081350504500
As reported by Stanford Medical, It is in fact the ONLY reason this country's women get to live 10 years longer and weigh on average 19 KG lighter than us.
BalasHapus(By the way, it is not related to genetics or some secret exercise and EVERYTHING to do with "HOW" they eat.)
P.S, What I said is "HOW", not "WHAT"...
Tap on this link to see if this little quiz can help you unlock your real weight loss potential
You should see how my associate Wesley Virgin's report launches with this SHOCKING and controversial VIDEO.
BalasHapusAs a matter of fact, Wesley was in the army-and shortly after leaving-he found hidden, "mind control" secrets that the CIA and others used to get anything they want.
THESE are the EXACT same SECRETS tons of famous people (especially those who "come out of nothing") and top business people used to become wealthy and famous.
You've heard that you utilize only 10% of your brain.
That's because most of your BRAINPOWER is UNCONSCIOUS.
Perhaps that thought has even taken place INSIDE OF YOUR own brain... as it did in my good friend Wesley Virgin's brain 7 years back, while riding an unlicensed, trash bucket of a car with a suspended license and with $3 on his bank card.
"I'm very fed up with going through life paycheck to paycheck! Why can't I turn myself successful?"
You've been a part of those those types of conversations, isn't it right?
Your very own success story is waiting to start. All you need is to believe in YOURSELF.
Take Action Now!