RPP 1 Lembar Sejarah Indonesia Kelas X, XI dan XII SMA Revisi 2020

https://rpprevisi2018.blogspot.com/
RPP 1 Lembar Sejarah Indonesia Kelas X, XI dan XII SMA Revisi 2020
RPP 1 Lembar Sejarah Indonesia Kelas X, XI dan XII SMA Revisi 2020 Berdasarkan SURAT EDARAN NOMOR 14 TAHUN 2019 TENTANG PENYEDERHANAAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dilakukan dengan prinsip efisien, efektif, dan berorientasi pada murid adapun penyederhanaannya meliputi sistematika dan komponen yang terdiri dari tiga komponen inti RPP yaitu Tujuan pembelajaran, Kegiatan Pembelajaran dan Penilaian.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Sekolah : SMA N
Mata Pelajaran : Sejarah Indonesia
Kelas / Semester : XII / Ganjil
Materi Pokok : Perjuangan Bangsa Indonesia Dalam Mempertahankan Integrasi Bangsa dan Negara RI
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
Pertemuan ke : 1

Download juga: RPP 1 Lembar Bahasa Indonesia Kelas X, XI dan XII SMA Revisi 2020
1. Tujuan Pembelajaran
Melalui model pembelajaran dengan menggunakan Problem Based Learning, peserta didik mampu: Memahami berbagai pergolakan daerah yang terjadi di Indonesia antara tahun 1948 hingga 1965.Mengaitkan peristiwa pergolakan daerah yang terjadi di Indonesia antara tahun 1948 hingga 1965 dengan potensi ancaman disintegrasi pada masa sekarang.Memahami konflik-konflik atas dasar ideologi yang pernah terjadi di Indonesia antara tahun 1948-1965, Mengidentifikasi konflik-konflik atas dasar kepentingan yang pernah terjadi di Indonesia antara tahun 1948-1965, Memahami kebijakan yang dilakukan pemerintah dalam upaya menyelesaikan konflik atas dasar ideologi yang terjadi antara tahun 1948-1965 dengan penuh rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan proaktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik
Download juga: RPP 1 Lembar Matematika Kelas X, XI dan XII SMA Revisi 2020
2. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran:
a. Kegiatan Pendahuluan

• Guru menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran
• Guru memberi motivasi belajar peserta didik secara kontekstual sesuai manfaat dan aplikasi materi ajar dalam kehidupan sehari-hari
• Guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari
• Guru menjelaskan tujuan pembelajaran
• Guru menyampaikan karakter dan penilaian yang akan dilaksanakan

b. Kegiatan inti (sintaks model pembelajaran)
Orientasi Peserta didik pada masalah
  • Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada materi yang akan di pelajari dengan cara Mengamati lembar kerja, Foto/Video, pemberian contoh-contoh materi/soal untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb yang berhubungan dengan Berbagai Pergolakan di Dalam Negeri (1948-1965)
Mengorganisasi peserta didik
  • Guru memfasilitasi peserta didik untuk memahami masalah yang disajikan yaitu mengidentifikasi apa yang mereka ketahui, apa yang mereka perlu ketahui, dan apa yang perlu dilakukan untuk menyelesaikan masalah terkait materi Berbagai Pergolakan di Dalam Negeri (1948-1965)
Download juga: RPP 1 Lembar PA Agama Islam Kelas X, XI dan XII SMA/SMK Revisi 2020
Membimbing penyelidikan individu/ kelompok
  • Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan Diskusi dan saling tukar informasi terkait Berbagai Pergolakan di Dalam Negeri (1948-1965)
Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
  • Menyampaikan dan Mempresentasikan hasil diskusi kelompok tentang Berbagai Pergolakan di Dalam Negeri (1948-1965)
Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah
  • Peserta didik menganalisa dan menyimpulkan masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran yang telah dilakukan tentang Berbagai Pergolakan di Dalam Negeri (1948-1965)

c. Kegiatan penutup
1. Peserta didik, dengan bimbingan guru, membuat kesimpulan.
2. Guru melakukan refleksi hasil proses belajar yang telah dilaksanakan..
3. Guru memberikan apresiasi kepada seluruh peserta didik yang telah bekerjasama dengan baik dalam kelompok.
4. Guru memberikan evaluasi untuk mengukur ketuntasan PBM.
5. Guru menginformasikan kegiatan yang akan dilaksanakan pada pertemuan berikutnya.
Download juga: RPP 1 Lembar Seni budaya Kelas X SMK Revisi 2020
3. Penilaian
Terlampir
a. Sikap : Jurnal dan lembar observasi
b. Keterampilan : Lisan
c. Pengetahuan : Tes Tulis
*Catatan : Komponen lainnya sebagai pelengkap.
Dalam rangka membantu para rekan guru dalam membuat dan menyusun RPP 1 Lembar Sejarah Indonesia SMA Revisi 2020 berikut ini saya bagikan RPP 1 Lembar Sejarah Indonesia Kelas X, XI dan XII SMA Revisi 2020.
Jika para rekan guru berminat untuk mendapatkan perangkat pembelajaran lengkap Sejarah Indonesia SMA Revisi 2020 dan RPP 1 Lembar Sejarah Indonesia Kelas X, XI dan XII SMA Revisi 2020 silahkan kunjungi halaman DISINI atau bisa juga menghubungi langsung ke nomor kami WA/TELP : 0813-8033-2017

1 Komentar untuk "RPP 1 Lembar Sejarah Indonesia Kelas X, XI dan XII SMA Revisi 2020"

  1. According to Stanford Medical, It's in fact the one and ONLY reason women in this country live 10 years longer and weigh an average of 19 kilos less than us.

    (And actually, it is not related to genetics or some secret-exercise and EVERYTHING related to "how" they are eating.)

    P.S, What I said is "HOW", not "WHAT"...

    TAP on this link to discover if this brief questionnaire can help you unlock your real weight loss possibility

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel