RPP 1 Lembar SMA Mapel Sosiologi K13 Revisi 2020

http://rpprevisi2018.blogspot.com/
RPP 1 Lembar SMA Mapel Sosiologi K13 Revisi 2020
RPP 1 Lembar Sosiologi Kelas X, XI dan XII SMA Kurikulum 2013 Revisi 2020 sesuai Arahan kebijakan baru dalam menyusun RPP adalah Guru secara bebas dapat memilih, membuat, menggunakan dan mengembangkan format RPP, 3 komponen inti (komponen lainnya bersifat pelengkap dan dapat dipilih secara mandiri): Tujuan pembelajaran, Kegiatan pembelajaran dan Asesmen 1 halaman cukup, Penulisan RPP dilakukan dengan efisien dan efektif sehingga guru memiliki lebih banyak waktu untuk mempersiapkan dan mengevaluasi proses pembelajaran itu sendiri sebagai bahan referensi berikut ini saya bagikan RPP 1 Lembar Mata Pelajaran Sosiologi Kelas X, XI dan XII SMA Kurikulum 2013 Revisi 2020 sesuai dengan SURAT EDARAN NOMOR 14 TAHUN 2019 TENTANG PENYEDERHANAAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Sekolah : SMA N
Mata Pelajaran : Sosiologi
Kelas / Semester : XII / Ganjil
Alokasi Waktu : 4 x 45 menit
Materi Pokok : Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat
Pertemuan Ke : 1

Download juga : RPP Satu Lembar Bahasa Inggris SMA Kelas X, XI dan XII Revisi 2020
1. Tujuan Pembelajaran
Melalui model pembelajaran dengan menggunakan Discovery Learning, peserta didik diharapkan mampu Menjelaskan Pengertian Perubahan Sosial, Menjelaskan Teori Perubahan Sosial, Mengidentifikasi Bentuk - Bentuk Perubahan Sosial, Mendiskripsikan Faktor- Faktor Penyebab Perubahan Sosial, Mendiskripsikan Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Jalannya Perubahan Sosial serta mampu Menyebutkan perubahan sosial dan dampaknya terhadap kehidupan masyarakat dengan penuh rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan proaktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik

2. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran:
a. Kegiatan Pendahuluan

  • Guru menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran
  • Guru memberi motivasi belajar peserta didik secara kontekstual sesuai manfaat dan aplikasi materi ajar dalam kehidupan sehari-hari
  • Guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari
  • Guru menjelaskan tujuan pembelajaran
  • Guru menyampaikan karakter dan penilaian yang akan dilaksanakan
Download juga : RPP Satu Lembar Pendidikan Agama Islam Kelas X, XI dan XII SMA
b. Kegiatan inti (sintaks model pembelajaran)
Sintaks
Orientasi Peserta didik pada masalah

  • Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada materi yang akan di pelajari dengan cara Mengamati lembar kerja, Foto/Video, pemberian contoh-contoh materi/soal untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb yang berhubungan dengan Pengertian perubahan sosial, Teori perubahan sosial evolusioner dan Teori perubahan sosial siklus
Mengorganisasi peserta didik
  • Guru memfasilitasi peserta didik untuk memahami masalah yang disajikan yaitu mengidentifikasi apa yang mereka ketahui, apa yang mereka perlu ketahui, dan apa yang perlu dilakukan untuk menyelesaikan masalah terkait materi Pengertian perubahan sosial, Teori perubahan sosial evolusioner dan Teori perubahan sosial siklus
Membimbing penyelidikan individu/ kelompok
  • Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan Diskusi dan saling tukar informasi terkait Pengertian perubahan sosial, Teori perubahan sosial evolusioner dan Teori perubahan sosial siklus
Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
  • Menyampaikan dan Mempresentasikan hasil diskusi kelompok tentang Pengertian perubahan sosial, Teori perubahan sosial evolusioner dan Teori perubahan sosial siklus
Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah
  • Peserta didik menganalisa dan menyimpulkan masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran yang telah dilakukan tentang Pengertian perubahan sosial, Teori perubahan sosial evolusioner dan Teori perubahan sosial siklus
Download juga : RPP Satu Lembar PJOK Kelas 1,2,3,4,5,6 SD Revisi 2020
c. Kegiatan penutup
1. Peserta didik, dengan bimbingan guru, membuat kesimpulan.
2. Guru melakukan refleksi hasil proses belajar yang telah dilaksanakan..
3. Guru memberikan apresiasi kepada seluruh peserta didik yang telah bekerjasama dengan baik dalam kelompok.
4. Guru memberikan evaluasi untuk mengukur ketuntasan PBM.
5. Guru menginformasikan kegiatan yang akan dilaksanakan pada pertemuan berikutnya.

3. Penilaian
Terlampir
a. Sikap : Jurnal dan lembar observasi
b. Keterampilan : Lisan
c. Pengetahuan : Tes Tulis
*Catatan : Komponen lainnya sebagai pelengkap.
Download juga : RPP Satu Lembar Pendidikan Agama Kristen Kelas 1,2,3,4,5,6 SD Revisi 2020
Download juga : RPP 1 Lembar Alat Mesin Pertanian
Untuk mendapatkan RPP 1 Lembar Sosiologi SMA Kelas X, XI dan XII silahkan download filenya yang sudah kami kemas dalam bentuk pdf pada akhir artikel ini.
Jika para rekan guru berminat untuk mendapatkan perangkat pembelajaran lengkap Mapel Sosiologi dan RPP 1 Lembarnya silahkan klik DISINI atau bisa juga menghubungi langsung ke nomor kami WA/TELP : 0813-5050-4500

Belum ada Komentar untuk "RPP 1 Lembar SMA Mapel Sosiologi K13 Revisi 2020"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel