RPP 1 Lembar IPA Terapan Kelas X SMK Kurikulum 2013 Revisi 2020
RPP 1 Lembar IPA Terapan Kelas X SMK Kurikulum 2013 Revisi 2020 |
RPP 1 Lembar IPA Terapan Kelas X SMK Kurikulum 2013 Revisi 2020 sesuai Arahan kebijakan baru dalam menyusun RPP adalah Guru secara bebas dapat memilih, membuat, menggunakan dan mengembangkan format RPP, 3 komponen inti (komponen lainnya bersifat pelengkap dan dapat dipilih secara mandiri): Tujuan pembelajaran, Kegiatan pembelajaran dan Asesmen 1 halaman cukup, Penulisan RPP dilakukan dengan efisien dan efektif sehingga guru memiliki lebih banyak waktu untuk mempersiapkan dan mengevaluasi proses pembelajaran itu sendiri sebagai bahan referensi berikut ini saya bagikan RPP 1 Lembar Mata Pelajaran IPA Terapan Kelas X SMK Kurikulum 2013 Revisi 2020 sesuai dengan SURAT EDARAN NOMOR 14 TAHUN 2019 TENTANG PENYEDERHANAAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Model Pembelajaran : Discovery Learning
Nama Sekolah : SMK NEGERI
Mata Pelajaran : IPA TERAPAN
Komp. Keahlian : PERHOTELAN
Kelas/Semester : X / GANJIL
MATERI POKOK : BESARAN FISIKA DAN PENGUKURANYA
Tahun Pelajaran : 2019-2020
Pertemuan ke : 1 @ 3 JP A. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Melalui diskusi dan menggali informasi siswa dapat menjelaskan Menjelaskan Pengertian Besaran dan Satuan, Menganalisis Besaran dan Satuan
2. Melalui latihan siswa dapat Mengukur besaran-besaran fisika yang digunakan di bidang pariwisata.
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
1. PENDAHULUAN ( 15 Menit )
a. Mengucapkan salam dan mengajak berdoa bersama-sama
b. Mengecek kehadiran siswa
c. Mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari
d. Menjelaskan tujuan pembelajaran dan kompetensi yang akan dicapai
e. Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus
2. KEGIATAN INTI (105 Menit )
a. Pemberian rangsangan (Stimulation)
1) Siswa membaca teks / browsing internet untuk mengidentifikasi Besaran dan Satuan
2) Setelah membaca buku/browsing internet, siswa mencoba menggali informasi mengenai Besaran dan Satuan (cermat dan teliti )
b. Pernyataan / Identifikasi Masalah ( Problem Statement)
1) Guru meminta siswa untuk berdiskusi mengidentifikasi hal-hal pokok terkait Besaran dan Satuan
2) Siswa mengidentifikasi tentang Besaran dan Satuan
3) Guru menyampaikan hal-hal pokok terkait materi pembelajaran, dan memberikan pertanyaan-pertanyaan untuk didiskusikan siswa secara berkelompok. (setiap kelompok dengan pertanyaan yang berbeda)
4) Siswa secara berkelompok mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan guru dan menyusunnya dalam bentuk paparan. (mandiri, kerjasama)
c. Pengumpulan data (Data collection)
1) Guru meminta siswa untuk mengumpulkan data terkait Besaran dan Satuan
2) Siswa melakukan kegiatan pengamatan dan mendiskusikan hasil dari kegiatan pengumpulan data ( mandiri, tanggung jawab, disiplin, kerja sama)
d. Pembuktian (Verification)
1) Guru meminta siswa untuk membandingkan data dari satu dengan sumber yang lain
2) Secara berkelompok siswa membandingkan data dari sumber yang satu dengan sumber yang lain
3) Guru meminta siswa untuk menilai hasil diskusi kelompok
4) Siswa melakukan penilaian terhadap hasil diskusi kelompok lain ( kerjasama, komunikatif,tanggung jawab)
e. Menarik kesimpulan ( Generalization)
1) Guru meminta siswa untuk meyajikan kesimpulan dari hasil pembuktian yang telah dilakukan
2) Siswa membuat bahan presentasi/peta konsep untuk memaparkan hasil (tanggungjawab, kreatif)
3) Siswa lain memberikan tanggapan kepada kelompok yang maju presentasi
4) Siswa memperbaiki hasil presentasi dan membuat kesimpulan bersama (kemandirin)
5) Hasil diskusi setiap kelompok dikumpulkam untuk didistribusikan kepada kelompok yang lain dalam satu kelas (keterbukaan)
3. PENUTUP ( 15 Menit )
1) Kegiatan guru bersama peserta didik yaitu:
a) Membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
b) Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan; dan
c) Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran; dan
2) Kegiatan guru yaitu:
a) Melakukan penilaian;
b) Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik; dan
c) Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
C. PENILAIAN PEMBELAJARAN
1. Penilaian Sikap : Observasi
2. Penilaian Pengetahuan: Tertulis
3. Penilaian Ketrampilan : Kinerja
*Catatan : Komponen lainnya sebagai pelengkap.
Untuk mendapatkan RPP 1 Lembar IPA Terapan Dasar Kelas X SMK silahkan download filenya yang sudah kami kemas dalam bentuk pdf pada akhir artikel ini.
Jika para rekan guru berminat untuk mendapatkan perangkat pembelajaran lengkap IPA Terapan dan RPP 1 Lembarnya silahkan klik DISINI atau bisa juga menghubungi langsung ke nomor kami WA/TELP : 0813-5050-4500
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Model Pembelajaran : Discovery Learning
Nama Sekolah : SMK NEGERI
Mata Pelajaran : IPA TERAPAN
Komp. Keahlian : PERHOTELAN
Kelas/Semester : X / GANJIL
MATERI POKOK : BESARAN FISIKA DAN PENGUKURANYA
Tahun Pelajaran : 2019-2020
Pertemuan ke : 1 @ 3 JP A. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Melalui diskusi dan menggali informasi siswa dapat menjelaskan Menjelaskan Pengertian Besaran dan Satuan, Menganalisis Besaran dan Satuan
2. Melalui latihan siswa dapat Mengukur besaran-besaran fisika yang digunakan di bidang pariwisata.
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
1. PENDAHULUAN ( 15 Menit )
a. Mengucapkan salam dan mengajak berdoa bersama-sama
b. Mengecek kehadiran siswa
c. Mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari
d. Menjelaskan tujuan pembelajaran dan kompetensi yang akan dicapai
e. Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus
2. KEGIATAN INTI (105 Menit )
a. Pemberian rangsangan (Stimulation)
1) Siswa membaca teks / browsing internet untuk mengidentifikasi Besaran dan Satuan
2) Setelah membaca buku/browsing internet, siswa mencoba menggali informasi mengenai Besaran dan Satuan (cermat dan teliti )
b. Pernyataan / Identifikasi Masalah ( Problem Statement)
1) Guru meminta siswa untuk berdiskusi mengidentifikasi hal-hal pokok terkait Besaran dan Satuan
2) Siswa mengidentifikasi tentang Besaran dan Satuan
3) Guru menyampaikan hal-hal pokok terkait materi pembelajaran, dan memberikan pertanyaan-pertanyaan untuk didiskusikan siswa secara berkelompok. (setiap kelompok dengan pertanyaan yang berbeda)
4) Siswa secara berkelompok mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan guru dan menyusunnya dalam bentuk paparan. (mandiri, kerjasama)
c. Pengumpulan data (Data collection)
1) Guru meminta siswa untuk mengumpulkan data terkait Besaran dan Satuan
2) Siswa melakukan kegiatan pengamatan dan mendiskusikan hasil dari kegiatan pengumpulan data ( mandiri, tanggung jawab, disiplin, kerja sama)
d. Pembuktian (Verification)
1) Guru meminta siswa untuk membandingkan data dari satu dengan sumber yang lain
2) Secara berkelompok siswa membandingkan data dari sumber yang satu dengan sumber yang lain
3) Guru meminta siswa untuk menilai hasil diskusi kelompok
4) Siswa melakukan penilaian terhadap hasil diskusi kelompok lain ( kerjasama, komunikatif,tanggung jawab)
e. Menarik kesimpulan ( Generalization)
1) Guru meminta siswa untuk meyajikan kesimpulan dari hasil pembuktian yang telah dilakukan
2) Siswa membuat bahan presentasi/peta konsep untuk memaparkan hasil (tanggungjawab, kreatif)
3) Siswa lain memberikan tanggapan kepada kelompok yang maju presentasi
4) Siswa memperbaiki hasil presentasi dan membuat kesimpulan bersama (kemandirin)
5) Hasil diskusi setiap kelompok dikumpulkam untuk didistribusikan kepada kelompok yang lain dalam satu kelas (keterbukaan)
3. PENUTUP ( 15 Menit )
1) Kegiatan guru bersama peserta didik yaitu:
a) Membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
b) Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan; dan
c) Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran; dan
2) Kegiatan guru yaitu:
a) Melakukan penilaian;
b) Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik; dan
c) Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
C. PENILAIAN PEMBELAJARAN
1. Penilaian Sikap : Observasi
2. Penilaian Pengetahuan: Tertulis
3. Penilaian Ketrampilan : Kinerja
*Catatan : Komponen lainnya sebagai pelengkap.
Untuk mendapatkan RPP 1 Lembar IPA Terapan Dasar Kelas X SMK silahkan download filenya yang sudah kami kemas dalam bentuk pdf pada akhir artikel ini.
Jika para rekan guru berminat untuk mendapatkan perangkat pembelajaran lengkap IPA Terapan dan RPP 1 Lembarnya silahkan klik DISINI atau bisa juga menghubungi langsung ke nomor kami WA/TELP : 0813-5050-4500
Belum ada Komentar untuk "RPP 1 Lembar IPA Terapan Kelas X SMK Kurikulum 2013 Revisi 2020 "
Posting Komentar