RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) PJOK KELAS 2 SD/MI REVISI 2017

https://rpprevisi2018.blogspot.com/
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) PJOK KELAS 2 SD/MI REVISI 2017

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan : SDN
Mata Pelajaran : PJOK
Kelas /Semester : II/Ganjil
Tema : Prosedur gerak kombinasi pola gerak dasar lokomotor
Tahun Pelajaran : 2018/2019
Alokasi Waktu : 12 JP ( 3 Pertemuan)


A. Kompetensi Inti
KI -1 Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI -2 Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI -3 Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI -4 Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD)

3.1 Memahami prosedur gerak variasi pola gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
4.1 Mempraktik kan gerak variasi pola gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.

Baca Juga:


Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.1.1 Menjelaskan prosedur gerak dasar lokomotor berjalan dan berlari melewati rintangan
3.1.2 Menjelaskan prosedur gerak dasar lokomotor gerak dasar berjalan dan berlari merubah arah
3.1.3 Menjelaskan prosedur gerak dasar lokomotor gerak dasar lari berkelok-kelok.
4.1.1 Memperagakan gerak dasar lokomotor gerak variasi berjalan, berlari, dan melompat dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional

C. Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan menyimak informasi dan peragaan, peserta didik diharapkan dapat Menjelaskan prosedur gerak kombinasi pola gerak dasa lokomotorr jalan, lari dan lompat,Menjelaskan prosedur gerak kombinasi pola gerak dasar lokomotor jalan, lari dan melompat setinggi-tingginya,Menjelaskan prosedur gerak kombinasi pola gerak dasar lokomotor jalan, lari, lompat dan meraih benda,Menjelaskan prosedur gerak kombinasi pola gerak dasar lokomotor jalan, lari dan melompati teman,Menjelaskan prosedur gerak kombinasi pola gerak dasar lokomotor berlari dengan mengangkat paha,Menjelaskan prosedur gerak kombinasi pola gerak dasar lokomotor berlari tumit menyentuh pantat,Menjelaskan prosedur gerak kombinasi pola gerak dasar lokomotor berlari tungkai disepakkan ke depan,Memperagakan kombinasi pola gerak dasar lokomotor dalam bentuk permainan sederhana dan atau tradisional, Dengan rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan proaktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik

D. Materi Pembelajaran
1. Fakta:
Gerakan lokomotor merupakan suatu gerakan yang ditandai dengan adanya perpindahan tempat, seperti jalan, lari, melompat, dan mengguling.
2. Konsep
Gerakan lokomotor merupakan dasar bagi perkembangan koordinasi gerakan yang melibatkan otot-otot besar (gross-muscles), pertumbuhan otot, daya tahan dan stamina. Gerakan ini biasanya membuat anak merasa senang melakukannya.
3. Prinsip
Gerakan lokomotor ini bisa dimodifikasi menjadi permainan anak sehingga tanpa disadari, siswa sedang melakukan gerak lokomotor, seperti berjalan, lari, dan mengguling. Tujuan dari dilakukannya gerakan dasar jalan dan berlari adalah meningkatkan kemampuan gerakan dasar yang banyak dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Guru dapat menerangkan dan memberi contoh yang benar mengenai teknik gerak dasar atletik jalan dan lari.
4. Prosedur
Memperagakan kombinasi pola gerak dasar lokomotor dalam bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.

E. Metode Pembelajaran
1. Inclusive (cakupan).
2. Demonstrasi.
3. Part and whole (bagian dan keseluruhan).
4. Resiprocal (timbal-balik).
5. Pendekatan Pembelajaran Kontekstual.
6. Pendekatan Scientific

F. Media,Alat dan Bahan Pembelajaran
1. LKS
2. White board
3. Spidol
4. Media LCD projector,
5. Laptop,
6. Bahan Tayang ( Slide power point)
7. Lapangan

G. Sumber Belajar
1. Buku Pegangan Guru Pendidikan JasmaniOlahragadanKesehatan Kelas 3 Kurikulum 2013
2. Buku Pegangan Siswa Pendidikan JasmaniOlahragadanKesehatan Kelas 3 Kurikulum 2013
3. Modul/bahan ajar,
4. Internet,
5. Sumber lain yang relevan

H. Langkah-langkah Pembelajaran
  • Kegiatan Pendahuluan
  • Kegiatan Inti
  • Kegiatan Penutup

I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian
a. Penilaian Kompetensi Pengetahuan

1) Tes Tertulis
a) Pilihan ganda
b) Uraian/esai
2) Tes Lisan
b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
  • Mempelajari buku teks dan sumber lain tentang materi pokok
  • Menyimak tayangan/demo tentang materi pokok
  • Menyelesaikan tugas yang berkaitan dengan pengamatan dan eksplorasi
2) Portofolio / unjuk kerja
  • Laporan tertulis individu/ kelompok
3) Produk,
2. Instrumen Penilaian
  • Terlampir

3. PembelajaranRemedial dan Pengayaan
a. Remedial

  • Remedial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
  • Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal), misalnya sebagai berikut.
  • Bagi peserta didik yang belum memahami pelajaran ini, guru memberikan tugas, dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang lebih sederhana,
b. Pengayaan
  • Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
  • Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
  • Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas misalnya

……………, 16 Juli 2018

Mengetahui
Kepala SDN                                    Guru Mata Pelajaran


……………………                         ………………………….
NIP/NRK.                                        NIP/NRK.

Belum ada Komentar untuk "RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) PJOK KELAS 2 SD/MI REVISI 2017"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel