RPP Seni Budaya (Seni Musik) Kelas VII SMP/MTs Revisi 2017

https://rpprevisi2018.blogspot.com/
RPP Seni Budaya (Seni Musik) Kelas VII SMP/MTs Revisi 2017

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan : SMPN/S
Mata Pelajaran : Seni Budaya (Seni Musik)
Kelas/Semester : VII/Ganjil
Tahun Pelajaran : 2018/2019
Alokasi Waktu : 12 JP (4 Pertemuan)


A. Kompetensi Inti

KI-3 memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI-4 mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.1.  Memahami konsep dasar bernyanyi satu suara secara berkelompok dalam bentuk unisono 
  • 3.1.1 Menjelaskan konsep dasar bernyanyi dalam satu suara atau lebih secara berkelompok
  • 3.1.2 Mendeskripsikan ciri-ciri bernyanyi dalam satu suara atau lebih secara berkelompok
  • 3.1.3 Mendeskripsikan tekhnik bernyanyi dengan satu suara atau lebih secara berkelompok
  • 3.1.4 Mengamati ciri-ciri bernyanyi satu suara atau lebih secara berkelompok
  • 3.1.5 Mempresentasikan hasil pengamatan tentang ciri-ciri satu suara atau lebih secara berkelompok dan menyimpulkan konsep bernyanyi dalam satu suara atau lebih secara berkelompok
  • 3.1.6 Berlatih tekhnik bernyanyi satu suara secara berkelompok

4.1 Menyanyikan lagu dengan satu suara secara berkelompok dalam bentuk unisono 
  • 4.1.1 Menyanyikan lagu dengan satu suara secara berkelompok dalam bentuk unisono
  • 4.1.2 Menilai penampilan kelompok dalam menyanyikan lagu satu suara

C. Tujuan Pembelajaran
Selama dan setelah mengikuti pembelajaran peserta didik diharapkan mampu
1 Mengidentikasi keragaman lagu dan music daerah sebagai warisan budaya indonesia ,
2 Mendeskripsikan keragaman lagu dan music daerah,
3 Menyanyikan lagu daerah dengan berlatih tekhnik vocal, sesuai dengan gaya serta isi lagu, dan
4 Mengomunikasikan penampilan menyanyi lagu daerah secara lisan
Dengan penuh rasa rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan proaktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik

Baca Juga:

RPP Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas VII SMP/MTs Revisi 2017
RPP Bahasa Inggris Kelas VIII SMP/MTs Revisi 2017
RPP Bahasa Inggris Kelas 9 SMP/MTs Revisi 2018


D. Materi Pembelajaran
Fakta:
• Lagu yang berkembang saat ini.
• Cara mempopulerkan lagu.
Konsep:
• Teknik bernyanyi.
• Ekspresi bernyanyi.
Prinsip:
• Menentukan teknik bernyanyi sesuai kemampuan siswa secara individu atau kelompok
• Menentukan ekspresi bernyanyi sesuai kemampuen siswa secara individu atau kelompok.
Prosedural:
• Bernyanyi dengan teknik yang benar.

E. Metode Pembelajaran
1 Pendekatan : Scientific Learning
2 Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
3 Metode pembelajaran : Ceramah, Tanya jawab, diskusi, Penugasan

F. Media, Alat dan Bahan Pembelajaran
1 Media LCD projector,
2 Laptop,
3 Bahan Tayang
4 Whiteboard
5 Spidol
6 penggaris
7 Gambar dan video bernyanyi unisono

G. Sumber Belajar
1. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Guru Mata Pelajaran Seni Budaya. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
2. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Siswa Mata Pelajaran Seni Budaya. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
3. Internet
4. Sumber lain yang relevan

H. Langkah-langkahPembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
Kegiatan Inti
Kegiatan Penutup


I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian

a. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1) Tes Tertulis
- Uraian/esai
2) Tes Lisan
Tes lisan pemaparan materi dari pemahaman siswa.
b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
Mempelajari buku teks dan sumber lain tentang materi pokok
Menyimak tayangan/demo tentang materi pokok
2) Portofolio / unjuk kerja
3) Produk,
2. Instrumen Penilaian
a. Pertemuan Pertama (Terlampir)
b. Pertemuan Kedua (Terlampir)
c. Pertemuan Ketiga (Terlampir)
d. Pertemuan Keempat (Terlampir)
3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a. Remedial

  • Remidial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
  • Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal), misalnya sebagai berikut.
  • Teknik vocal yang benar.

b. Pengayaan
  • Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
  • Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
  • Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas misalnya
  • Peserta didik diminta untuk mencari lagu dari daerah lain, dan menyanyikannya di depan kelas


……………, 16 Juli 2018

Mengetahui
Kepala SMPN/S                                Guru Mata Pelajaran


………………………                      ….......……………….
NIP/NRK. NIP/NRK

Belum ada Komentar untuk "RPP Seni Budaya (Seni Musik) Kelas VII SMP/MTs Revisi 2017"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel