RPP Konstruksi Jalan Dan Jembatan Kelas 11 SMK Revisi 2017

https://rpprevisi2018.blogspot.com/
RPP Konstruksi Jalan Dan Jembatan Kelas 11 SMK Revisi 2017

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan : SMK N/S
Mata Pelajaran : Konstruksi Jalan Dan Jembatan
Bidang Keahlian : Teknologi Dan Rekayasa
Materi Pokok : Klasifikasi Jalan
Kelas / Semester : XI/Ganjil
Tahun Pelajaran : 2018/2019
Alokasi Waktu : 15 JP ( 3 Pertemuan)


A. Kompetensi Inti
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)

Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasitentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup Desain Permodelan Dan Informasi Bangunan pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional

KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang Desain Permodelan Dan Informasi Bangunan
Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung

B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD)
3.1 Memahami klasifikasi jalan
4.1 Menyajikan klasifikasi jalan


Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.1.1. Menjelaskan definisi jalan
3.1.2. Menjelaskan klasifikasi-klasifikasi jalan
3.1.3. Menjelaskan jenis-jenis Jalan sesuai klasifikasi
4.1.1 Mempresentasikan definisi Jalan
4.1.2 Mempresentasikan klasifikasi-klasifikasi jalan
4.1.3 Mempresentasikan jenis-jenis jalan sesuai klasifikasi

Baca juga :
  • RPP Teknik Animasi 2D dan 3D Kelas XI SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2017
  • RPP Pelayanan Farmasi Kelas XI SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2017
  • RPP Kearsipan Kelas X SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2017
  • RPP Ekonomi Bisnis Kelas 10 SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017
  • RPP Matematika Teknologi 10 SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017

C. Tujuan Pembelajaran
Melalui proses mencari informasi, menanya, berdiskusi dan presentasi peserta didik di harapkan dapat Menjelaskan Definisi Jalan, Memahami Klasifikasi jalan, memahami Jenis-jenis jalan serta mampu Mempresentasikan definisi Klasifikasi dan jenis-jenis Jalan dengan penuh rasa rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan proaktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik

D. Materi Pembelajaran
• Definisi Jalan
• Klasifikasi jalan
• Jenis-jenis jalan.

E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific Learning
2. Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
3. Metode : Ceramah, Diskusi,Tanya Jawab, Penugasan

F. Media, Alat, Bahan dan Sumber Pembelajaran
1. Media LCD projector
2. Laptop
3. Bahan Tayang ( Slide Power Point)
4. Whiteboard
5. Spidol
6. Penggaris

G. Sumber Belajar
1. Bahan Ajar Kontruksi jalan dan Jembatan Kurikulum2013
2. Internet
3. Sumber lain yang relevan

H. Langkah-langkah Pembelajaran
  • Kegiatan Pendahuluan
  • Kegiatan Inti
  • Kegiatan Penutup

I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian

a. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1) Tes Tertulis
a) Pilihan ganda
b) Uraian/esai
2) Tes Lisan
b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
2) Portofolio / unjuk kerja
3) Produk,
2. Instrumen Penilaian
• Terlampir

3. PembelajaranRemedial dan Pengayaan
a. Remedial

  • Remidial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
  • Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal).
b. Pengayaan
  • Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
  • Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
  • Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas


……………, 16 Juli 2018

Mengetahui
Kepala SMK N/S                              Guru Mata Pelajaran


……………………………              ………………………….
NIP/NRK.                                         NIP/NRK.


Belum ada Komentar untuk "RPP Konstruksi Jalan Dan Jembatan Kelas 11 SMK Revisi 2017"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel