RPP Komunikasi Bisnis Kelas 10 SMK/MAK Revisi 2017
RPP Komunikasi Bisnis Kelas 10 SMK/MAK Revisi 2017 |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : SMK N/S
Mata Pelajaran : Komunikasi Bisnis
Bidang Keahlian : Bisnis dan Manajemen
Program Keahlian : Bisnis dan Pemasaran
Kompetensi Keahlian : Bisnis Daring dan Pemasaran (C2)
Materi Pokok : Dasar – Dasar Komunikasi Bisnis
Kelas : X (Sepuluh)
Tahun Pelajaran : 2018/2019
Alokasi Waktu : 25 JP (5 Pertemuan)
A. Kompetensi Inti
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Bisnis Daring dan Pemasaran pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, danprosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Bisnis Daring dan Pemasaran Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di Bawah pengawasan langsung Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah,serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD)
3.1. Menerapkan komunikasi bisnis
4.1 Melakukan komunikasi bisnis
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.1 1. Menjelaskan pengertian komunikasi dengan benar
3.1 2. Menjelaskan pengertian komunikasi bisnis dengan benar
3.1 3. Menjelaskan unsur-unsur komunikasi dengan benar
3.1 4. Menjelaskan jenis-jenis komunikasi bisnis dengan benar
3.1 5. Menerapkan etika komunikasi bisnis dengan baik
4.1.1 Melakukan komunikasi binsis dengan baik
Baca Juga :
RPP Estimasi Biaya Konstruksi Kelas 11 SMK/MAK Revisi 2017RPP Konstruksi Jalan Dan Jembatan Kelas 11 SMK Revisi 2017
RPP Matematika Teknologi 10 SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017
RPP Kearsipan Kelas X SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2017
RPP Pelayanan Farmasi Kelas XI SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2017
C. Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model Discovery Learning dan pendekatan saintifik, peserta didik diharapkan dapat menerapkan dan menunjukan Etika komunikasi bisnis serta mampu Melakukan komunikasi binsis dengan baik dengan rasa rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan proaktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik
D. Materi Pembelajaran
KOMUNIKASI BISNIS
Pengertian Kumunikasi dan Komunikasi Bisnis
PengertianEtika di dalam Komunikasi Bisnis
Etika Bisnis di dalam Komunikasi
Bentuk Komunikasi Bisnis
Faktor-faktor yang Mempengaruhi Etika Organisasi
Cakupan Etika Komunikasi
Fungsi Etika Komunikasi Bisnis
Tujuan Etika Komunikasi Bisnis
Manfaat Mempelajari Etika Komunikasi Bisnis
E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific Learning
2. Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
3. Metode : ATM (Amati, Tiru, Modifikasi), Diskusi,Tanya Jawab,
Penugasan
F. Media, Alat dan Bahan Pembelajaran
1. Media LCD projector
2. Laptop
3. Bahan Tayang ( Slide Power Point)
4. Whiteboard
5. Spidol
6. Penggaris
G. Sumber Belajar
1. Internet
2. Buku teks pelajaran Komunikasi bisnis yang relevan
3. Sumber lain yang relevan
H. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
Kegiatan Inti
Kegiatan Penutup
I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian
a. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1) Tes Tertulis
a) Pilihan ganda
b) Uraian/esai
2) Tes Lisan
b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
• Mempelajari buku teks dan sumber lain tentang materi pokok
• Menyimak tayangan/demo tentang materi pokok
• Menyelesaikan tugas yang berkaitan dengan pengamatan dan eksplorasi
2) Portofolio / unjuk kerja
• Laporan tertulis individu/ kelompok
3) Produk,
2. Instrumen Penilaian
• Terlampir
3. PembelajaranRemedial dan Pengayaan
a. Remedial
- Remidial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
- Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal).
- Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
- Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
- Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas
……………, 16 Juli 2018
Mengetahui
Kepala SMK N/S Guru Mata Pelajaran
…………………………… ………………………….
NIP/NRK. NIP/NRK.
Belum ada Komentar untuk "RPP Komunikasi Bisnis Kelas 10 SMK/MAK Revisi 2017"
Posting Komentar