RPP Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti Kelas XII SMA Kurikulum 2013 Revisi 2017
RPP Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti Kelas XII SMA Kurikulum 2013 Revisi 2017 |
RPP Kurikulum 2013 Revisi 2017 - RPP Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti Kelas XII SMA Kurikulum 2013 Revisi 2017 untuk Tahun Pelajaran 2018/2019 Terintegrasi dengan Literasi, Pendidikan Penguatan Karakter (PPK), 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) dan Higher Order of Thinking Skill (HOTS)
Sekolah : SMA
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti
Kelas/Semester : XII/Ganjil
Materi Pokok : Panggilan Hidup Berkeluarga
Tahun Pelajaran : 2018/2019
Alokasi Waktu : 6 JP (2 pertemuan)
A. Kompetensi Inti
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 : Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4 : Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
Kompetensi Dasar (KD)
1.1 Menghayati panggilan hidupnya sebagai umatAllah (Gereja) dengan menentukan langkah yang tepatdalam menjawabpanggilan hidup tersebut;
2.1 Berperilaku tannggung jawab pada panggilan hidupnya sebagai umat Allah (Gereja) dengan menentukan langkah yang tepat dalam menjawab panggilan hidup tersebut
3.1 Memahami panggilan hidupnya sebagai umat Allah (Gereja) dengan menentukan langkah yang tepatdalam menjawabpanggilan hidup tersebut
4.1 Melaksanakan panggilan hidupnya sebagaiumat Allah (Gereja) dengan menentukan langkah yang tepatdalam menjawabpanggilan hidup tersebut
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
1.1.1 langkah yang tepat dalam menjawab panggilan hidup Menghayati panggilan hidupnya sebagai umat allah (Gereja) dengan menentukan langkah yang tepat dalam menjawab panggilan hidup
1.1.2 Menghayati panggilan hidup sebagai umat allah (gereja) secara prakti dengan menentukan tersebut
2.1.1 Melakukan tanggung jawab pada panggilan hidupnya dalam kehidupan
2.1.1 Berprilaku sesuai panggilan hidup dalam kehidupan
3.1.1 Menjelaskan hidup manusia yang bermakna
3.1.2 Menghayatihidup sebagai anugrah tuhan
3.1.3 Menjelaskan panggilan hidup berkeluarga
3.1.4 Menganalisis pemahaman umum tentang makna keluarga
3.1.5 Menjelaskan ajaran kitab suci dan ajaran gereja tentang keluarga
3.1.6 Menjelaskan tantangan dan peluang untuk membangun keluarga yang dicita-citkan
3.1.7 Menyebutkan tantangan-tantangan yang dihadapi keluarga-keluarga saat ini.
3.1.8 Menunjukan ajaran gereja tentang keluarga yang dicita-citakan
3.1.9 Menyebutkan makna keluarga yang dicita-citakan
3.1.10 Menjelaskan hidup keluarga yang dicita-citakan
4.1.1 Membuat ringkasan mengenai panggilan hidup berkeluarga
Melalui kegiatan pembelajaran menggunakan model Discovery Learning dengan pendekatan saintifik, peserta didik diharapkan dapat menjelaskan hidup manusia yang bermakna, menghayati hidup sebagai anugerah tuhan, menjelaskan panggilan hidup berkeluarga, menganasis pemahaman umum tentang makna keluarga, menjelaskan ajaran kitab suci dan ajaran gereja tentang keluarga, menjelaskan tantangan dan peluang untuk membangun keluarga yang di cita-citakan, menjelaskan hidup keluarga yang dicita-citakan serta mampu menyebutkan tantangan-tantangan yang dihadapi keluargadengan rasa rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan proaktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik.
D. Materi Pembelajaran
• Hidup manusia yang bermakna
• Hidup sebagai anugerah tuhan
• Panggilan hidup berkeluarga
• Pemahaman umum tentang keluarga
• Ajaran kitab suci dan ajaran gereja tentang keluarga
• Tantangan dan peluang membangun keluarga yang dicita-citakan
• Ajaran gereja tentang keluarga yang di cita-citakan
• Makna keluarga yang dicita-citakan
• Hidup keluarga yang di cita-citakan
E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific Learning
2. Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
3. Metode Pembelajaran : ATM (Amati, Tiru dan Modifikasi) Ceramah, Diskusi,
Tanya Jawab, Penugasan
1. LKS
2. White board
3. Spidol
4. Media LCD projector
5. Laptop
6. Bahan Tayang (Slide power point)
G. Sumber Belajar
1. Buku Pegangan yang Guru Pendidikan Agama katolik dan Budi Pekerti Guru Kelas 12 SMA
2. Buku Pegangan Siswa Pendidikan Agama katolik dan Budi Pekerti Guru Kelas 11 SMA
3. Internet
4. Sumber lain yang relevan
H. Kegiatan Pembelajaran
1. Teknik Penilaian
a. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1) Tes Tertulis
a) Pilihan ganda
b) Uraian/esai
2) Tes Lisan
b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
2) Portofolio / unjuk kerja
3) Produk,
2. Instrumen Penilaian
• Terlampir
3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a. Remedial
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
(RPP)
Sekolah : SMA
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti
Kelas/Semester : XII/Ganjil
Materi Pokok : Panggilan Hidup Berkeluarga
Tahun Pelajaran : 2018/2019
Alokasi Waktu : 6 JP (2 pertemuan)
A. Kompetensi Inti
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 : Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4 : Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
Download juga RPP PPKN Kelas 10 SMA K13 Revisi 2017B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK
Kompetensi Dasar (KD)
1.1 Menghayati panggilan hidupnya sebagai umatAllah (Gereja) dengan menentukan langkah yang tepatdalam menjawabpanggilan hidup tersebut;
2.1 Berperilaku tannggung jawab pada panggilan hidupnya sebagai umat Allah (Gereja) dengan menentukan langkah yang tepat dalam menjawab panggilan hidup tersebut
3.1 Memahami panggilan hidupnya sebagai umat Allah (Gereja) dengan menentukan langkah yang tepatdalam menjawabpanggilan hidup tersebut
4.1 Melaksanakan panggilan hidupnya sebagaiumat Allah (Gereja) dengan menentukan langkah yang tepatdalam menjawabpanggilan hidup tersebut
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
1.1.1 langkah yang tepat dalam menjawab panggilan hidup Menghayati panggilan hidupnya sebagai umat allah (Gereja) dengan menentukan langkah yang tepat dalam menjawab panggilan hidup
1.1.2 Menghayati panggilan hidup sebagai umat allah (gereja) secara prakti dengan menentukan tersebut
2.1.1 Melakukan tanggung jawab pada panggilan hidupnya dalam kehidupan
2.1.1 Berprilaku sesuai panggilan hidup dalam kehidupan
3.1.1 Menjelaskan hidup manusia yang bermakna
3.1.2 Menghayatihidup sebagai anugrah tuhan
3.1.3 Menjelaskan panggilan hidup berkeluarga
3.1.4 Menganalisis pemahaman umum tentang makna keluarga
3.1.5 Menjelaskan ajaran kitab suci dan ajaran gereja tentang keluarga
3.1.6 Menjelaskan tantangan dan peluang untuk membangun keluarga yang dicita-citkan
3.1.7 Menyebutkan tantangan-tantangan yang dihadapi keluarga-keluarga saat ini.
3.1.8 Menunjukan ajaran gereja tentang keluarga yang dicita-citakan
3.1.9 Menyebutkan makna keluarga yang dicita-citakan
3.1.10 Menjelaskan hidup keluarga yang dicita-citakan
4.1.1 Membuat ringkasan mengenai panggilan hidup berkeluarga
Download juga RPP Matematika Peminatan Kelas 10 SMA K13 Revisi 2017C. Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan pembelajaran menggunakan model Discovery Learning dengan pendekatan saintifik, peserta didik diharapkan dapat menjelaskan hidup manusia yang bermakna, menghayati hidup sebagai anugerah tuhan, menjelaskan panggilan hidup berkeluarga, menganasis pemahaman umum tentang makna keluarga, menjelaskan ajaran kitab suci dan ajaran gereja tentang keluarga, menjelaskan tantangan dan peluang untuk membangun keluarga yang di cita-citakan, menjelaskan hidup keluarga yang dicita-citakan serta mampu menyebutkan tantangan-tantangan yang dihadapi keluargadengan rasa rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan proaktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik.
D. Materi Pembelajaran
• Hidup manusia yang bermakna
• Hidup sebagai anugerah tuhan
• Panggilan hidup berkeluarga
• Pemahaman umum tentang keluarga
• Ajaran kitab suci dan ajaran gereja tentang keluarga
• Tantangan dan peluang membangun keluarga yang dicita-citakan
• Ajaran gereja tentang keluarga yang di cita-citakan
• Makna keluarga yang dicita-citakan
• Hidup keluarga yang di cita-citakan
E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific Learning
2. Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
3. Metode Pembelajaran : ATM (Amati, Tiru dan Modifikasi) Ceramah, Diskusi,
Tanya Jawab, Penugasan
Download juga RPP Prakarya dan Kewirausahaan Kelas 10 SMA K13 Revisi 2017F. Media, Alat dan Bahan Pembelajaran
1. LKS
2. White board
3. Spidol
4. Media LCD projector
5. Laptop
6. Bahan Tayang (Slide power point)
G. Sumber Belajar
1. Buku Pegangan yang Guru Pendidikan Agama katolik dan Budi Pekerti Guru Kelas 12 SMA
2. Buku Pegangan Siswa Pendidikan Agama katolik dan Budi Pekerti Guru Kelas 11 SMA
3. Internet
4. Sumber lain yang relevan
H. Kegiatan Pembelajaran
- Kegiatan Pendahuluan
- Kegiatan Inti
- Kegiatan Penutup
Download juga RPP Seni Budaya Kelas 10 SMA K13 Revisi 2017I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian
a. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1) Tes Tertulis
a) Pilihan ganda
b) Uraian/esai
2) Tes Lisan
b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
2) Portofolio / unjuk kerja
3) Produk,
2. Instrumen Penilaian
• Terlampir
3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a. Remedial
- Remedial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
- Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal)
- Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
- Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
- Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas.
Download juga RPP PJOK Kelas 11 SMA K13 Revisi 2017Untuk mendapatkan RPP Pendidikan Agama Katolik dan Budi PekertiKelas 10 SMA Kurikulum 2013 Revisi 2017 untuk Tahun Pelajaran 2018/2019 yang sudah Terintegrasi dengan Literasi, Pendidikan Penguatan Karakter (PPK), 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) dan Higher Order of Thinking Skill (HOTS) silahkan download filenya di bawah ini, Atau bisa juga dengan berkunjung ke halaman disini