RPP Bahasa Indonesia Peminatan Kelas 10 SMA Kurikulum 2013 Revisi 2017

https://rpprevisi2018.blogspot.com
RPP Bahasa Indonesia Peminatan Kelas 10 SMA Kurikulum 2013 Revisi 2017

RPP K13 Revisi 2018 - RPP Bahasa Indonesia Peminatan Kelas 10 SMA Kurikulum 2013 Revisi 2017 untuk tahun pelajaran 2018/2019 Terintegrasi dengan Literasi, Pendidikan Penguatan Karakter (PPK), 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) dan Higher Order of Thinking Skill (HOTS)

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran 
(RPP)

Satuan Pendidikan : SMA N/S
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia (peminatan)
Kelas : X (Sepuluh)
Tahun Pelajaran : 2018/2019
Materi Pokok : Tabel dan Grafik (pokok-pokok informasi dan simpulan isi)
Alokasi Waktu : 12 JP (4 Pertemuan)


A. Kompetensi Inti
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)

Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah

KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan
Download juga RPP Sejarah Indonesia Kelas 10 SMA Kurikulum 2013 Revisi 2017
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
KOMPETENSI DASAR (KD)

3.1 Menafsirkan informasi dari suatu tabel dan atau grafik dengan membaca intensif
4.1 Mengubah informasi dari bentuk tabel dan atau grafik kedalam bentuk uraian.

INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI (IPK)
3.1.1 Menjelaskan pengertian grafik dan tabel
3.1.2 Menganalisis jenis-jenis grafik
3.1.3 Mengidentifikasi pokok-pokok informasi table dan atau grafik
4.1.1 Menentukan kesimpulan isi tabel atau grafik
4.1.2 Membuat uraian isi tabel dalam bentuk teks naratif

C. Tujuan Pembelajaran
Selama dan setelah mengikuti proses pembelajaran ini peserta didik diharapkan dapat :
1. Menjelaskan pengertian grafik dan tabel
2. Mengetahui jenis-jenis grafik
3. Memahami pokok-pokok informasi table dan atau grafik
4. Menentukan kesimpulan isi tabel atau grafik
5. Membuat uraian isi tabel dalam bentuk teks naratif
Download juga RPP Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti Kelas 12 SMA Kurikulum 2013 Revisi 2017
D. Materi Pembelajaran
1. Fakta
- Tabel
- Grafik
2. Konsep
- Grafik adalah gambaran pasang surutnya suatu keadaan atau data yang ada dengan garis atau gambar. Grafik dibedakan menjadi tiga macam, yaitu grafik batang, grafik garis, dan grafik lingkaran.
- Grafik Batang adalah lukisan naik turunnya data berupa batang atau balok dan dipakai untuk menekan kan adanya perbedaan tingkatan atau nilai berupa aspek.
- Grafik Garis adalah lukisan naik turunnya data berupa garis yang di hubungkan dari titik-titik data secara berurutan. Grafik ini di gunakan untuk menggambarkan perkembangan atau perubahan dari waktu ke waktu.
- Grafik Lingkaran adalah gambaran naik turunnya data berupa lingkaran untuk menggambarkan persentase dari nilai total atau seluruhnya.
- Tabel adalah daftar yang berisi sejumlah informasi berupa kata-kata dan bilangan, yang tersusun berturut ke bawah dalam kolom dan baris tertentu. Untuk menjelaskan isi tabel kita perlu membekali diri dengan pengetahuan yang berkaitan dengan informasi yang disusun dalam baris dan kolom.
3. Prinsip
- Langkah – langkah membaca grafik :
• Amati judul grafik,
• Amati lajur kanan, kiri, dan bawah,
• Temukan benda yang mencolok pada data tersebut, dan
• Tarik kesimpulan dari data yang disampaikan.
- Hal – hal yang perlu diperhatikan dalam menafsir tabel :
• Mencermati bagian-bagian tabel
• Membaca informasi di sekitar tabel
• Mengajukan pertanyaan tentang isi tabel
• Menafsirkan angka-angka atau data
• Mengaitkan antardata dengan tabel
• Mengambil kesimpulan
4. Prosedur
- Menentukan kesimpulan isi tabel atau grafik
- Membuat uraian isi tabel dalam bentuk teks naratif
Download juga RPP Kimia Kelas 12 SMA/MA Kurikulum 2013 Revisi 2017
E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific Learning
2. Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
3. Metode : Ceramah, Diskusi,Tanya Jawab, Penugasan

F. Media Pembelajaran
1. Slide presentasi (ppt)
2. Worksheet atau lembar kerja (siswa)
3. Penggaris, spidol, papan tulis
4. Laptop & infocus
5. Perpustakaan sekolah

G. SumberBelajar:
1. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Mata Pelajaran Bahasa Indonesia (pemintan) kelas X Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
2. Internet
3. Buku teks pelajaran yang relevan

H. Langkah-langkah Pembelajaran
  • Kegiatan Pendahuluan
  • Kegiatan Inti
  • Kegiatan Penutup
Download juga RPP Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti Kelas 10 SMA Kurikuum 2013 Revisi 2017
I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian

a. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1) Tes Tertulis
a) Pilihan ganda
b) Uraian/esai
2) Tes Lisan
b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
- Mempelajari buku teks dan sumber lain tentang materi pokok
- Menyimak tayangan/demo tentang materi pokok
- Menyelesaikan tugas yang berkaitan dengan pengamatan dan eksplorasi
2) Portofolio / unjuk kerja
- Laporan tertulis individu/ kelompok
3) Produk,
2. Instrumen Penilaian
- Terlampir

3. PembelajaranRemedial dan Pengayaan
a. Remedial

  • Remedial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
  • Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal),
b. Pengayaan
  • Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
  • Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
  • Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas
Download juga RPP Sosiologi Kelas 12 SMA/MA Kurikulum 2013 Revisi 2017
Untuk mendapatkan RPP Bahasa Indonesia Peminatan Kelas 10 SMA Kurikulum 2013 Revisi 2017 untuk tahun pelajaran 2018/2019 Terintegrasi dengan Literasi, Pendidikan Penguatan Karakter (PPK), 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) dan Higher Order of Thinking Skill (HOTS) silahkan download filenya di bawah ini

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel