RPP Bahasa Sunda Kelas 1 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017


http://rpprevisi2018.blogspot.com/
RPP Bahasa Sunda Kelas 1 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan : SD N
Mata Pelajaran : Bahasa Sunda
Kelas /Semester : I / Ganjil
Tahun Pelajaran : 2018/2019
Tema : Ngurus Diri Sorangan
Alokasi Waktu : 8 JP ( 4 Pertemuan)


A. Kompetensi Inti
Kompetensi Sikap Spiritual dan Kompetensi Sikap Sosial (rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin dan kerjasama) dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) pada pembelajaran Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan melalui keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
KI3: Memahami,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD)

3.1 Mengenal vokal dan konsonan pada teks sederhana tentang merawat diri sendiri (melalui menyebutkan anggota badan, memperkenalkan diri, cara merawat diri)
4.1 Melafalkan dan menyalin vokal dan konsonan, (cara menulis di udara di buku, menjiplak dan menyambung huruf) tentang merawat diri sendiri

Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.1.1 Mengenal vokal pada teks sederhana tentang merawat diri sendiri
3.2.1 Mengenal konsosnan pada teks sederhana tentang merawat diri sendiri
4.1.1 Melafalkan dan menyalin vokal dan konsonan, (cara menulis di udara di buku, menjiplak dan menyambung huruf) tentang merawat diri sendiri

C. Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan pembelajaran menggunakan model Discovery Learning dengan pendekatan saintifik, peserta didik diharapkan dapat Mengenal vokal dan konsonan pada teks sederhana tentang merawat diri sendiri (melalui menyebutkan anggota badan, memperkenalkan diri, cara merawat diri) serta dapat Melafalkan dan menyalin vokal dan konsonan, (cara menulis di udara di buku, menjiplak dan menyambung huruf) tentang merawat diri sendiri, Dengan rasa rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan proaktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik.

D. Materi Pembelajaran
  • Ngurus Diri Sorangan
  • Ngaregepkeun Carita
  • Ngaregepkeun Pedaran Ngariksa Badan
  • Ngaregepkeun Tembang
  • Ngalisankeun Jawaban
  • Diajar Maca
  • Nuliskeun Aksara
  • Nuduhkeun Gambar
  • Latihan Nulis

E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific Learning
2. Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
3. Metode : Ceramah, Diskusi kelompok, Tanya Jawab, Penugasan

F. Media, Alat dan Bahan Pembelajaran
1. Slide presentasi (ppt)
2. Worksheet atau lembar kerja (siswa)
3. Penggaris, spidol, papan tulis
4. Laptop & infocus
5. Perpustakaan sekolah

G. Sumber Belajar:
1. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Buku Guru Mata Pelajaran Bahasa Sunda kelas I Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
2. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Buku Siswa Mata Pelajaran Bahasa Sunda kelas I Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
3. Internet
4. Buku teks pelajaran yang relevan

Baca Juga


H. Langkah-langkah Pembelajaran
  • Kegiatan Pendahuluan
  • Kegiatan Inti
  • Kegiatan Penutup

I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian

a. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1) Tes Tertulis
a) Pilihan ganda
b) Uraian/esai
2) Tes Lisan
b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
Mempelajari buku teks dan sumber lain tentang materi pokok
Menyimak tayangan/demo tentang materi pokok
Menyelesaikan tugas yang berkaitan dengan pengamatan dan eksplorasi
2) Portofolio / unjuk kerja
Laporan tertulis individu/ kelompok
3) Produk,
2. Instrumen Penilaian
Terlampir


3. PembelajaranRemedial dan Pengayaan
a. Remedial

  • Remedial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
  • Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal).
b. Pengayaan
  • Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
  • Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
  • Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas.

……………, 16 Juli 2018

Mengetahui
Kepala SDN                                        Guru Mata Pelajaran


…………………………                  ………………………….
NIP/NRK.                                         NIP/NRK.

1 Komentar untuk "RPP Bahasa Sunda Kelas 1 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017"

  1. Maaf saya ingin bertanya jika ingin mengunduh Mapel Bahasa sunda SD dmn ya? yang ini tdk bisa di unduh

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel