RPP Bahasa Inggris Kelas 7 SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017
RPP Bahasa Inggris Kelas 7 SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : SMPN/S
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : VII/Ganjil
Materi Pokok : Good Morning, How are you ?
Tahun Pelajaran : 2018/2019
Alokasi Waktu : 12 JP (6 Pertemuan)
A. Kompetensi
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang / teori
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
KOMPETENSI DASAR (KD)
3.1 Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi interpersonal lisan dan tulis yang melibatkan tindakan menyapa, berpamitan, mengucapkan terimakasih, dan meminta maaf, serta menanggapinya, sesuai dengan konteks penggunaannya
4.1 Menyusun teks interaksi interpersonal lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan menyapa, berpamitan, mengucapkan terimakasih, dan meminta maaf, dan menanggapinya dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI (IPK)
3.1.1 Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi interpersonal lisan dan tulis dengan teman dan guru.
3.1.2 Membedakan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi interpersonal lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait dengan teks interaksi interpersonal.
4.1.1 Menyajikan informasi terkait fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan yang diperoleh dari teks interaksi interpersonal.
4.1.2 Menyajikan informasi terkait fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan yang diperoleh dari teks interaksi interpersonal.
4.1.3 Mendeskripsikan secara lisan, pendek dan sederhana dengan memberi dan meminta informasi terkait dengan interaksi interpersonal
4.1.4 Menulis deskripsi pendek dan sederhana dengan meminta dan memberi informasi terkait dengan teks interaksi interpersonal
C. Tujuan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
Selama dan setelah mengikuti pembelajaran ini peserta didik dapat:
Melakukan komunikasi lisan dan tulis dengan menyapa dan menanggapinya, untuk menjaga hubungan interpersonal dengan guru dan teman.
Melakukan komunikasi lisan dan tulis dengan berpamitan dan menanggapinya, untuk menjaga hubungan interpersonal dengan guru dan teman.
Pertemuan Kedua
Selama dan setelah mengikuti pembelajaran ini peserta didik dapat:
Melakukan komunikasi lisan dan tulis dengan berterimakasih dan menanggapinya, untuk menjaga hubungan interpersonal dengan guru dan teman.
Melakukan komunikasi lisan dan tulis dengan meminta maaf dan menanggapinya, untuk menjaga hubungan interpersonal dengan guru dan teman.
Pertemuan Ketiga
Selama dan setelah mengikuti pembelajaran ini peserta didik dapat:
Menjelaskan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi interpersonal lisan dan tulis dengan teman dan guru.
Pertemuan Keempat
Selama dan setelah mengikuti pembelajaran ini peserta didik dapat:
Membedakan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi interpersonal lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait dengan teks interaksi interpersonal
Pertemuan Kelima
Selama dan setelah mengikuti pembelajaran ini peserta didik dapat:
Menganlisis secara lisan, pendek dan sederhana dengan memberi dan meminta informasi terkait dengan interaksi interpersonal
Pertemuan Keenam
Selama dan setelah mengikuti pembelajaran ini peserta didik dapat:
Membuat deskripsi pendek dan sederhana dengan meminta dan memberi informasi terkait dengan teks interaksi interpersonal
Dengan penuh rasa rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan proaktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik
Baca Juga
RPP Seni Budaya (Seni Musik) Kelas VII SMP/MTs Revisi 2017RPP Bahasa Inggris Kelas 9 SMP/MTs Revisi 2018
RPP Bahasa Inggris Kelas VIII SMP/MTs Revisi 2017
RPP Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas VII SMP/MTs Revisi 2017
D. Materi Pembelajaran
1. Materi pembelajaran regular
• Fungsi sosial
Menyapa, berpamitan, berterimakasih, meminta maaf, dan menanggapinya, untuk menjaga hubungan interpersonal dengan guru dan teman.
• Struktur teks
- Memulai
- Menanggapi (diharapkan/di luar dugaan)
• Unsur kebahasaan
- Ungkapan-ungkapan yang lazim digunakan
- Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan
• Topik
Interaksi antara peserta didik di dalam di luar kelas yang melibatkan tindakan menyapa, berpamitan, berterimakasih, meminta maaf yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat di KI.
2. Materi pembelajaran remedial
• Teks deskriptif lisan dan tulis untuk memberi dan meminta informasi terkait dengan teks interaksi interpersonal hubungan dengan sesame teman dan guru.
3. Materi pembelajaran pengayaan
• Fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan, teks descriptif lisan dan tulis
E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific Learning
2. Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
3. Metode pembelajaran : Ceramah, Diskusi, Tanya Jawab dan penugasan
F. Media, Alat dan Bahan Pembelajaran
1. Media LCD projector,
2. Laptop,
3. Bahan Tayang
4. Whiteboard
5. Spidol
6. Penggaris
G. Sumber Belajar
a. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Siswa Mata Pelajaran Bahasa Inggris. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
b. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Guru Mata Pelajaran Bahasa Inggris. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
c. Kamus Bahasa Inggris
d. Modul/bahan ajar,
e. Internet,
f. Sumber lain yang relevan
H. Langkah-langkahPembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
Kegiatan Inti
Kegiatan Penutup
I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian
a. Sikap (Spiritual dan Sosial)
1. Observasi (jurnal)
2. Penilaian diri
3. Penilaian antarteman
b. Pengetahuan
1. Ter tertulis
c. Keterampilan
1. Kinerja
2. Instrumen Penilaian
Terlampir
1. Materi pembelajaran regular
• Fungsi sosial
Menyapa, berpamitan, berterimakasih, meminta maaf, dan menanggapinya, untuk menjaga hubungan interpersonal dengan guru dan teman.
• Struktur teks
- Memulai
- Menanggapi (diharapkan/di luar dugaan)
• Unsur kebahasaan
- Ungkapan-ungkapan yang lazim digunakan
- Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan
• Topik
Interaksi antara peserta didik di dalam di luar kelas yang melibatkan tindakan menyapa, berpamitan, berterimakasih, meminta maaf yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat di KI.
2. Materi pembelajaran remedial
• Teks deskriptif lisan dan tulis untuk memberi dan meminta informasi terkait dengan teks interaksi interpersonal hubungan dengan sesame teman dan guru.
3. Materi pembelajaran pengayaan
• Fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan, teks descriptif lisan dan tulis
E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific Learning
2. Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
3. Metode pembelajaran : Ceramah, Diskusi, Tanya Jawab dan penugasan
F. Media, Alat dan Bahan Pembelajaran
1. Media LCD projector,
2. Laptop,
3. Bahan Tayang
4. Whiteboard
5. Spidol
6. Penggaris
G. Sumber Belajar
a. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Siswa Mata Pelajaran Bahasa Inggris. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
b. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Guru Mata Pelajaran Bahasa Inggris. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
c. Kamus Bahasa Inggris
d. Modul/bahan ajar,
e. Internet,
f. Sumber lain yang relevan
H. Langkah-langkahPembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
Kegiatan Inti
Kegiatan Penutup
I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian
a. Sikap (Spiritual dan Sosial)
1. Observasi (jurnal)
2. Penilaian diri
3. Penilaian antarteman
b. Pengetahuan
1. Ter tertulis
c. Keterampilan
1. Kinerja
2. Instrumen Penilaian
Terlampir
3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a. Remedial
b. Pengayaan
Mengetahui
Kepala SMPN/S Guru Mata Pelajaran
……………………… …………………………….
NIP/NRK. NIP/NRK.
a. Remedial
- Remidial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
- Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal), misalnya sebagai berikut.
- Membuat kalimat atau percakapan berisi tentang how to greet, how to leave, how to say goodbye, how to say sorry and thank.
b. Pengayaan
- Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
- Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
- Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas misalnya
- Perbedaan cara menyapa, berpamitan, meminta maaf dan berterima kasih
……………, 16 Juli 2018
Mengetahui
Kepala SMPN/S Guru Mata Pelajaran
……………………… …………………………….
NIP/NRK. NIP/NRK.
Belum ada Komentar untuk "RPP Bahasa Inggris Kelas 7 SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017"
Posting Komentar