RPP Geografi Kelas 10 SMA/MA Kurikulum 2013 Revisi 2017
RPP Geografi Kelas 10 SMA/MA Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tahun Pelajarn 2018/2019 terintegrasi dengan Literasi, Pendidikan Penguatan Karakter (PPK), 4C dan HOTS
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : SMA N/S
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/Semester : X/Ganjil
Tahun Pelajaran : 2018/2019
Alokasi Waktu : 12 JP (4 Pertemuan)
A. Kompetensi Inti
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
Memahami, menerapkan, serta menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya mengenai ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan
Download juga RPP Bahasa Jerman Kelas 10 SMA/MA Kurikulum 2013 Revisi 2017
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD)
3.1 Memahami pengetahuan dasar geografi dan terapannya dalam kehidupan sehari-hari
4.1 Menyajikan contoh penerapan pengetahuan dasar geografi pada kehidupan sehari-hari dalam bentuk tulisan
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.1.1 Menjelaskan ruang lingkup pengetahuan geografi.
3.1.2 Menganalisis objek studi dan aspek geografi.
3.1.3 Menjelaskan konsep esensial geografi dan contoh terapannya.
3.1.4 Menjelaskan prinsip geografi dan contoh terapannya.
3.1.5 Menganalisis pendekatan geografi dan contoh terapannya.
3.1.6 Mengidentifikasi aspek-aspek geografi dan gejala-gejalanya dalam kehidupan
3.1.7 Menunjukkan objek dan aspek geografi pada peta yang memperlihatkan penerapan konsep dan prinsip geografi
3.1.8 Menganalisis hubungan antara suatu objek dengan objek lainnya di permukaan bumi
4.1.1 Membuat contoh penerapan pengetahuan dasar geografi pada kehidupan sehari-hari dalam bentuk tulisan
C. Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan pembelajaran menggunakan model Discovery Learning yang dipadukan dengan metode mind mapping, teknik ATM, dan pendekatan saintifik yang menuntun peserta didik untuk mengamati (membaca) permasalahan, menuliskan penyelesaian dan mempresentasikan hasilnya di depan kelas, Selama dan setelah mengikuti proses pembelajaran ini peserta didik diharapkan dapat menjelaskan pengetahuan dasar geografi dan mampu menerapkan pengetahuan dasar geografi pada kehidupan sehari-hari dalam bentuk tulisan dengan rasa rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, santun, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan pro-aktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik.
Download juga RPP Farmakologi Kelas XI SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2017
D. Materi Pembelajaran Reguler
1. PENGETAHUAN DASAR GEOGRAFI
• Ruang lingkup pengetahuan geografi.
• Objek studi dan aspek geografi.
• Konsep esensial geografi dan contoh terapannya.
• Prinsip geografi dan contoh terapannya.
• Pendekatan geografi dan contoh terapannya.
• Keterampilan geografi
E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific Learning
2. Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
3. Metode pembelajaran : Diskusi, penugasan
F. Media Pembelajaran
1. Media LCD projector,
2. Laptop,
3. Bahan Tayang
G. Sumber Belajar
1. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Buku Siswa Mata Pelajaran Geografi. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
2. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Buku Guru Mata Pelajaran Geografi. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
3. Modul/bahan ajar,
4. Internet,
5. Sumber lain yang relevan
Download juga RPP Bahasa Sunda Kelas 9 SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017
H. Langkah-langkah Pembelajaran
- Kegiatan Pendahuluan
- Kegiatan Inti
- Kegiatan Penutup
I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian
a. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1) Tes Tertulis
a) Pilihan ganda
b) Uraian/esai
2) Tes Lisan
b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
- Mempelajari buku teks dan sumber lain tentang materi pokok
- Menyimak tayangan/demo tentang materi pokok
- Menyelesaikan tugas yang berkaitan dengan pengamatan dan eksplorasi
2) Portofolio / unjuk kerja
- Laporan tertulis individu/ kelompok
3) Produk,
2. Instrumen Penilaian
1. Pertemuan Pertama (Terlampir)
2. Pertemuan Kedua (Terlampir)
3. Pertemuan Ketiga (Terlampir)
4. Pertemuan Keempat (Terlampir)
Download juga RPP PPKn (Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan) Kelas 9 SMP/MTs Revisi 2017
3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a. Remedial
• Remedial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
• Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal), misalnya sebagai berikut.
- Membuat contoh penerapan pengetahuan dasar geografi pada kehidupan sehari-hari dalam bentuk tulisan.
b. Pengayaan
• Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
• Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
• Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas misalnya
- Menganalisis hubungan antara suatu objek dengan objek lainnya di permukaan bumi
……………, 16 Juli 2018
Mengetahui
Kepala SMA N/S Guru Mata Pelajaran
…………………………… …………………………….
NIP/NRK. NIP/NRK.
Untuk mendapatkan RPP Geografi Kelas 10 SMA/MA Kurikulum 2013 Revisi 2017 silahkan download file nyadalam bentuk pdf di bawah ini