RPP Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas 9 SMP/MTs Revisi 2017

http://rpprevisi2018.blogspot.com
RPP Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas 9 SMP/MTs Revisi 2017
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan : SMP N/S
Mata Pelajaran : IPS
Kelas/Semester : IX/Ganjil
Tahun Pelajaran : 2018/2019
Alokasi Waktu : 36 JP (18 Pertemuan)


A. Kompetensi Inti
KOMPETENSI INTI 3 PENGETAHUAN)

Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata

KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD)

3.1 Memahami perubahan keruangan dan interaksi antar ruang negara-negara Asia dan benua lainnya yang diakibatkan faktor alam, manusia dan pengaruhnya terhadap keberlangsungankehidupanmanusia dalam ekonomi, sosial, pendidikan dan politik.

4.1 Menyajikan telaah tentang perubahan keruangan dan interaksi antar ruang negara-negara Asia dan benua lainnya yang diakibatkan factor alam, manusia dan pengaruhnya terhadap keberlangsungan kehidupan manusia dalam ekonomi, sosial, pendidikan dan politik.

Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.1.1 Menjelaskan Kondisi geografis Benua Asia dan Benua lainnya (letak dan luas, iklim, geologi, rupa bumi, tata air, tanah, flora dan fauna) melalui peta rupa bumi
3.1.2 Mengidentifikasi Potensi Sumber Daya Alam (jenis sumber daya, penyebaran di darat dan laut)
3.1.3 Menjelaskan Sumber Daya Manusia yang meliputi jumlah, sebaran, dan komposisi, pertumbuhan, kualitas (pendidikan, kesehatan, kesejahteraan) dan keragaman etnik (aspek-aspek budaya
3.1.4 Menganalisis Interaksi antar ruang (distribusi potensi wilayah Benua Asia dan Benua lainnya)
3.1.5 Menganalisis Dampak interaksi antar ruang (perdagangan, mobilitas penduduk)
4.1.1 Membuat Telaah tentang Perubahan keruangan dan interaksi antar ruang Negara-negara asia dan benua lainnya yang diakibatkan factor alam, manusia dan pengaruhnya terhadap keberlangsungan kehidupan manusia dalam ekonomi, sosial, pendidikan dan politik.
4.1.2 Menyajikan data kependudukan dalam bentuk grafik batang atau Pie.

C. Tujuan Pembelajaran
Pertemuan pertama
Selama dan Setelah mengikuti proses pembelajaran ini peserta didik diharapkan dapat:
• Menjelaskan kondisi Geografis benua asia dan benua lainnya
• Menjelaskan letak dan luas benua asia dan benua lainnya
Pertemuan kedua
Selama dan Setelah mengikuti proses pembelajaran ini peserta didik diharapkan dapat:
• Menjelaskan Iklim benua asia dan benua lainnya
• Menjelaskan kondisi Geografis benua asia dan benua lainnya
Pertemuan ketiga
Selama dan Setelah mengikuti proses pembelajaran ini peserta didik diharapkan dapat:
• Flora dan Fauna benua asia dan benua lainnya
Pertemuan keempat
Selama dan Setelah mengikuti proses pembelajaran ini peserta didik diharapkan dapat:
• Menjelaskan Rupa bumi benua asia dan benua lainnya
Pertemuan kelima
Selama dan Setelah mengikuti proses pembelajaran ini peserta didik diharapkan dapat:
• Menjelaskan Potensi sumber daya alam benua asia (jenis sumber daya, penyebaran di darat dan laut)
Pertemuan keenam
Selama dan Setelah mengikuti proses pembelajaran ini peserta didik diharapkan dapat:
• Menjelaskan Potensi sumber daya alam benua amerika (jenis sumber daya, penyebaran di darat dan laut)
Pertemuan ketujuh
Selama dan Setelah mengikuti proses pembelajaran ini peserta didik diharapkan dapat:
• Menjelaskan Potensi sumber daya alam benua afrika (jenis sumber daya, penyebaran di darat dan laut)
Pertemuan kedelapan
Selama dan Setelah mengikuti proses pembelajaran ini peserta didik diharapkan dapat:
• Menjelaskan Potensi sumber daya alam benua eropa (jenis sumber daya, penyebaran di darat dan laut)
Pertemuan kesembilan
Selama dan Setelah mengikuti proses pembelajaran ini peserta didik diharapkan dapat:
• Potensi sumber daya alam benua australia (jenis sumber daya, penyebaran di darat dan laut)
Pertemuan kesepuluh
Selama dan Setelah mengikuti proses pembelajaran ini peserta didik diharapkan dapat:
• Menjelaskan Sumber Daya Manusia benua Asia
• jumlah, sebaran, dan komposisi;
• pertumbuhan;
• kualitas (pendidikan, kesehatan, kesejahteraan
• keragaman etnik (aspek-aspek budaya
Pertemuan kesebelas
Selama dan Setelah mengikuti proses pembelajaran ini peserta didik diharapkan dapat:
• Menjelaskan Sumber Daya Manusia benua Amerika
• jumlah, sebaran, dan komposisi;
• pertumbuhan;
• kualitas (pendidikan, kesehatan, kesejahteraan
• keragaman etnik (aspek-aspek budaya
Pertemuan keduabelas
Selama dan Setelah mengikuti proses pembelajaran ini peserta didik diharapkan dapat:
• Sumber Daya Manusia benua Afrika
• jumlah, sebaran, dan komposisi;
• pertumbuhan;
• kualitas (pendidikan, kesehatan, kesejahteraan
• keragaman etnik (aspek-aspek budaya
Pertemuan ketigabelas
Selama dan Setelah mengikuti proses pembelajaran ini peserta didik diharapkan dapat:
• Sumber Daya Manusia benua Eropa
• jumlah, sebaran, dan komposisi;
• pertumbuhan;
• kualitas (pendidikan, kesehatan, kesejahteraan
• keragaman etnik (aspek-aspek budaya
Pertemuan kempatbelas
Selama dan Setelah mengikuti proses pembelajaran ini peserta didik diharapkan dapat:
• Sumber Daya Manusia benua Australia
• jumlah, sebaran, dan komposisi;
• pertumbuhan;
• kualitas (pendidikan, kesehatan, kesejahteraan
• keragaman etnik (aspek-aspek budaya
Pertemuan kelima belas
Selama dan Setelah mengikuti proses pembelajaran ini peserta didik diharapkan dapat:
• Interaksi antarruang (distribusi potensi wilayah Benua Asia)
• Interaksi antarruang (distribusi potensi wilayah Benua Amerika)
Pertemuan keenam belas
Selama dan Setelah mengikuti proses pembelajaran ini peserta didik diharapkan dapat:
• Interaksi antarruang (distribusi potensi wilayah Benua Afrika)
• Interaksi antarruang (distribusi potensi wilayah Benua Eropa)
Pertemuan ketujuh belas
Selama dan Setelah mengikuti proses pembelajaran ini peserta didik diharapkan dapat:
• Interaksi antarruang (distribusi potensi wilayah Benua Australia)
Pertemuan kedelapan belas
Selama dan Setelah mengikuti proses pembelajaran ini peserta didik diharapkan dapat:
• Dampak interaksi antarruang (perdagangan, mobilitas penduduk)

D. Materi Pembelajaran
1. Materi pembelajaran regular
a. Fakta

• Benua Asia adalah benua terbesar di dunia, benua ini memiliki luas wilayah hampir sepertiga luas daratan di permukaan bumi, yaitu kurang lebih 44.000.000 km/segi.
b. Konsep
• Potensi sumber daya alam benua asia (jenis sumber daya, penyebaran di darat dan laut)
• Potensi sumber daya alam benua amerika (jenis sumber daya, penyebaran di darat dan laut)
• Potensi sumber daya alam benua afrika (jenis sumber daya, penyebaran di darat dan laut)
• Potensi sumber daya alam benua eropa (jenis sumber daya, penyebaran di darat dan laut)
• Potensi sumber daya alam benua australia (jenis sumber daya, penyebaran di darat dan laut)
c. Prinsip
Sumber Daya Manusia benua Asia
• jumlah, sebaran, dan komposisi;
• pertumbuhan;
• kualitas (pendidikan, kesehatan, kesejahteraan
• keragaman etnik (aspek-aspek budaya
Sumber Daya Manusia benua Amerika
• jumlah, sebaran, dan komposisi;
• pertumbuhan;
• kualitas (pendidikan, kesehatan, kesejahteraan
• keragaman etnik (aspek-aspek budaya
Sumber Daya Manusia benua Afrika
• jumlah, sebaran, dan komposisi;
• pertumbuhan;
• kualitas (pendidikan, kesehatan, kesejahteraan
• keragaman etnik (aspek-aspek budaya
Sumber Daya Manusia benua Eropa
• jumlah, sebaran, dan komposisi;
• pertumbuhan;
• kualitas (pendidikan, kesehatan, kesejahteraan
• keragaman etnik (aspek-aspek budaya
Sumber Daya Manusia benua Australia
• jumlah, sebaran, dan komposisi;
• pertumbuhan;
• kualitas (pendidikan, kesehatan, kesejahteraan
• keragaman etnik (aspek-aspek budaya
d. prosedur
Menyajikan data kependudukan masing-masing benua dalam bentuk grafik batang atau Pie.

Baca Juga

RPP Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas 7 SMP/MTs Revisi 2017
RPP Seni Budaya (Seni Musik) Kelas VII SMP/MTs Revisi 2017
RPP Bahasa Inggris Kelas 9 SMP/MTs Revisi 2018
RPP Bahasa Inggris Kelas VIII SMP/MTs Revisi 2017
RPP Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas VII SMP/MTs Revisi 2017


E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific Learning
2. Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
3. Metode Pembelajaran : Ceramah, Diskusi

F. Media, Alat dan Bahan Pembelajaran
1. Media LCD projector,
2. Laptop,
3. Bahan Tayang
4. Whiteboard
5. spidol

G. Sumber Belajar

1. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Siswa Mata Pelajaran IPS Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
2. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Guru Mata Pelajaran IPS Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
3. Modul/bahan ajar,
4. Internet
5. Sumber lain yang relevan

H. Langkah-langkahPembelajaran
  • Kegiatan Pendahuluan
  • Kegiatan Inti
  • Kegiatan Penutup

I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian

a. Sikap (Spiritual dan Sosial)
1. Observasi (jurnal)
2. Penilaian diri
3. Penilaian antarteman
b. Pengetahuan
1. Ter tertulis
c. Keterampilan
1. Kinerja


2. Instrumen Penilaian
Terlampir

3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a. Remedial

  • Remidial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
  • Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal).
b. Pengayaan
  • Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
  • Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
  • Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas
……………, 16 Juli 2018

Mengetahui
Kepala SMPN/S                                Guru Mata Pelajaran

………………………                    ……………………………….
NIP/NRK.                                       NIP/NRK.

Belum ada Komentar untuk "RPP Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas 9 SMP/MTs Revisi 2017"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel