RPP Bahasa Inggris Peminatan Kelas 11 SMA Kurikulum 2013 Revisi 2017
RPP Bahasa Inggris Peminatan Kelas 11 SMA Kurikulum 2013 Revisi 2017 |
RPP K13 Revisi 2018 - RPP Bahasa Inggris Peminatan Kelas 11 SMA Kurikulum 2013 Revisi 2017 untuk Tahun Pelajaran 2018/2019 Terintegrasi dengan Literasi, Pendidikan Penguatan Karakter (PPK), 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) dan Higher Order of Thinking Skill (HOTS).
Satuan Pendidikan : SMA N/S
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris (Peminatan)
Kelas /Semester : XI / Ganjil
Tahun Pelajaran : 2018/2019
Materi Pokok : Teks Interaksi Interpersonal Lisan Dan Tulis
Alokasi Waktu : 8 JP ( 2 Pertemuan)
A. Kompetensi Inti
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar (KD)
3.1 Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi interpersonal lisan dan tulis yang melibatkan tindakan menyarankan untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu dengan penjelasan, serta meresponsnya, sesuai dengan konteks penggunaannya
4.1 Menyusun teks interaksi interpersonal lisan dan tulis yang melibatkan tindakan menyarankan untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu dengan penjelasan, dan meresponsnya dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.1.1 Mengidentifikasi struktur teks dan unsur kebahasaan pada teks lisan dan tulis untuk mengungkapkan menyarankan melakukan sesuatu atau tidak melakukan sesuatu serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya
3.1.2 Menyimpulkan fungsi sosial ungkapan-ungkapan menyarankan melakukan sesuatu atau tidak melakukan sesuatu
3.1.3 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan menyarankan melakukan sesuatu atau tidak melakukan sesuatu dan responsnya, sesuai dengan konteks penggunaannya:
4.1.1 Mempraktikkan ungkapan menyarankan melakukan sesuatu atau tidak melakukan sesuatu (fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan).
4.1.2 Mencontohkan penggunaan ungkapan menyarankan melakukan sesuatu atau tidak melakukan sesuatu
4.1.3 Membuat percakapan singkat tertulis dengan menggunakan ungkapan menyarankan melakukan sesuatu atau tidak melakukan sesuatu
4.1.4 Menyusun teks lisan dan tulis untuk mengucapkan dan merespons ungkapan menyarankan melakukan sesuatu atau tidak melakukan sesuatu, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, yang benar dan sesuai konteks.
Melalui kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model Discovery Learning dan pendekatan saintifik, peserta didik diharapkan mampu Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi interpersonal lisan dan tulis yang melibatkan tindakan menyarankan untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu dengan penjelasan, serta meresponsnya, sesuai dengan konteks penggunaannya serta mampu Menyusun teks interaksi interpersonal lisan dan tulis yang melibatkan tindakan menyarankan untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu dengan penjelasan, dan meresponsnya dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks dengan rasa rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan proaktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik
D. Materi Pembelajaran
1. Fakta:
• Di Tunjukkan Contoh teks menyarankan untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu dengan penjelasan, serta meresponsnya,
- You’d better finish your work, because...
- You should protect our forest as it ....
- If I were you, I would ....
2. Konsep
• Fungsi social dan struktur teks menyarankan untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu dengan penjelasan, serta meresponsnya,
3. Prinsip
• Ungkapan yang sesuai untuk menyarankan.( I believe ..., I think ..., I suppose ..., In my opinion ...)
• Penggunaan nominal singular dan plural secara tepat, dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb secara tepat dalam frasa nominal
• Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan
4. Prosedur
• Membuat kalimat ungkapan yang sesuai untuk menyarankan untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu dengan penjelasan, serta meresponsnya,
• Membuat teks tertulis tentang menyarankan untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu dengan penjelasan, serta meresponsnya,
1. Pendekatan : Scientific Learning
2. Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
3. Metode : ATM (Amati, Tiru, Modifikasi), Ceramah, Diskusi,Tanya Jawab,
Penugasan
F. Media, Alat dan Bahan Pembelajaran
1. Media LCD projector
2. Laptop / Komputer
3. Bahan Tayang ( Slide Power Point)
4. Whiteboard
5. Spidol
6. Penggaris
G. Sumber Belajar:
1. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Buku Guru Mata Bahasa Inggris (Peminatan)Kelas XI. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
2. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Buku siswa Mata Pelajaran Bahasa Inggris (Peminatan) Kelas XI.Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
3. Internet
4. Buku teks pelajaran yang relevan
Kegiatan Pendahuluan
Kegiatan Inti
Kegiatan Penutup
I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian
a. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1) Tes Tertulis
a) Pilihan ganda
b) Uraian/esai
2) Tes Lisan
b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
2) Portofolio / unjuk kerja
3) Produk,
2. Instrumen Penilaian
• Terlampir
3. PembelajaranRemedial dan Pengayaan
a. Remedial
• Remedial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
• Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal)
b. Pengayaan
• Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
• Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
• Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMA N/S
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris (Peminatan)
Kelas /Semester : XI / Ganjil
Tahun Pelajaran : 2018/2019
Materi Pokok : Teks Interaksi Interpersonal Lisan Dan Tulis
Alokasi Waktu : 8 JP ( 2 Pertemuan)
A. Kompetensi Inti
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan
Download juga RPP Bahasa Inggris Peminatan Kelas 10 SMA K13 Revisi 2017B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD)
3.1 Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi interpersonal lisan dan tulis yang melibatkan tindakan menyarankan untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu dengan penjelasan, serta meresponsnya, sesuai dengan konteks penggunaannya
4.1 Menyusun teks interaksi interpersonal lisan dan tulis yang melibatkan tindakan menyarankan untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu dengan penjelasan, dan meresponsnya dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.1.1 Mengidentifikasi struktur teks dan unsur kebahasaan pada teks lisan dan tulis untuk mengungkapkan menyarankan melakukan sesuatu atau tidak melakukan sesuatu serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya
3.1.2 Menyimpulkan fungsi sosial ungkapan-ungkapan menyarankan melakukan sesuatu atau tidak melakukan sesuatu
3.1.3 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan menyarankan melakukan sesuatu atau tidak melakukan sesuatu dan responsnya, sesuai dengan konteks penggunaannya:
4.1.1 Mempraktikkan ungkapan menyarankan melakukan sesuatu atau tidak melakukan sesuatu (fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan).
4.1.2 Mencontohkan penggunaan ungkapan menyarankan melakukan sesuatu atau tidak melakukan sesuatu
4.1.3 Membuat percakapan singkat tertulis dengan menggunakan ungkapan menyarankan melakukan sesuatu atau tidak melakukan sesuatu
4.1.4 Menyusun teks lisan dan tulis untuk mengucapkan dan merespons ungkapan menyarankan melakukan sesuatu atau tidak melakukan sesuatu, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, yang benar dan sesuai konteks.
Download juga RPP Bahasa Indonesia Peminatan Kelas 10 SMA K13 Revisi 2017C. Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model Discovery Learning dan pendekatan saintifik, peserta didik diharapkan mampu Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi interpersonal lisan dan tulis yang melibatkan tindakan menyarankan untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu dengan penjelasan, serta meresponsnya, sesuai dengan konteks penggunaannya serta mampu Menyusun teks interaksi interpersonal lisan dan tulis yang melibatkan tindakan menyarankan untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu dengan penjelasan, dan meresponsnya dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks dengan rasa rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan proaktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik
D. Materi Pembelajaran
1. Fakta:
• Di Tunjukkan Contoh teks menyarankan untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu dengan penjelasan, serta meresponsnya,
- You’d better finish your work, because...
- You should protect our forest as it ....
- If I were you, I would ....
2. Konsep
• Fungsi social dan struktur teks menyarankan untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu dengan penjelasan, serta meresponsnya,
3. Prinsip
• Ungkapan yang sesuai untuk menyarankan.( I believe ..., I think ..., I suppose ..., In my opinion ...)
• Penggunaan nominal singular dan plural secara tepat, dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb secara tepat dalam frasa nominal
• Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan
4. Prosedur
• Membuat kalimat ungkapan yang sesuai untuk menyarankan untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu dengan penjelasan, serta meresponsnya,
• Membuat teks tertulis tentang menyarankan untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu dengan penjelasan, serta meresponsnya,
Download juga RPP Bahasa Indonesia Peminatan Kelas 11 SMA K13 Revisi 2017E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific Learning
2. Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
3. Metode : ATM (Amati, Tiru, Modifikasi), Ceramah, Diskusi,Tanya Jawab,
Penugasan
F. Media, Alat dan Bahan Pembelajaran
1. Media LCD projector
2. Laptop / Komputer
3. Bahan Tayang ( Slide Power Point)
4. Whiteboard
5. Spidol
6. Penggaris
G. Sumber Belajar:
1. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Buku Guru Mata Bahasa Inggris (Peminatan)Kelas XI. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
2. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Buku siswa Mata Pelajaran Bahasa Inggris (Peminatan) Kelas XI.Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
3. Internet
4. Buku teks pelajaran yang relevan
Download juga RPP Sejarah Indonesia Kelas 10 SMA K13 Revisi 2017H. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
Kegiatan Inti
Kegiatan Penutup
I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian
a. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1) Tes Tertulis
a) Pilihan ganda
b) Uraian/esai
2) Tes Lisan
b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
2) Portofolio / unjuk kerja
3) Produk,
2. Instrumen Penilaian
• Terlampir
3. PembelajaranRemedial dan Pengayaan
a. Remedial
• Remedial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
• Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal)
b. Pengayaan
• Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
• Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
• Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas.
Download juga RPP Sosiologi Kelas 10 SMA K13 Revisi 2017Untuk lebih jelasnya lagi mengenai RPP Bahasa Inggris Peminatan Kelas 11 SMA Kurikulum 2013 Revisi 2017 untuk Tahun Pelajaran 2018/2019 yang sudah Terintegrasi dengan Literasi, Pendidikan Penguatan Karakter (PPK), 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) dan Higher Order of Thinking Skill (HOTS) silahkan download filenya di bawah ini, Bisa juga dengan berkunjung ke halaman disini