RPP Seni Budaya (Seni Rupa) Kelas 7 SMP/MTs Revisi 2017

https://rpprevisi2018.blogspot.com
RPP Seni Budaya (Seni Rupa) Kelas 7 SMP/MTs Revisi 2017
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan : SMPN/S
Mata Pelajaran : Seni Budaya (Seni Rupa)
Kelas/Semester : VII/Ganjil
Tahun Pelajaran : 2018/2019
Materi pokok : - Unsur, prinsip, teknik dan prosedur menggambar flora, fauna, dan alam benda
- Pembuatan gambar flora, fauna, dan alam benda
Alokasi Waktu : 12 JP (4 Pertemuan)

A. Kompetens Inti
KI-3 memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI-4 mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.1 Memahami unsur, prinsip, teknik dan prosedur menggambar flora, fauna dan alam benda dengan berbagai bahan
3.1.1 Menjelaskan unsur, prinsip, teknik dan prosedur menggambar flora dan fauna
3.1.2 Menganalisis informasi tentang materi menggambar flora, fauna dan alam benda
3.1.3 Mendiskusikan tentang materi menggambar flora, fauna dan alam benda
3.1.4 Menyimpulkan informasi hasil diskusi tentang materi flora, fauna dan alam benda


4.1 Menggambar flora, fauna, dan alam benda
4.1.1 Menggambar flora, fauna, dan alam benda dengan berbagai bahan
4.1.2 Menyajikan dan mempresentasikan hasil menggambar flora, fauna dan alam benda

C. Tujuan Pembelajaran:
Selama dan setelah mengikuti pembelajaran peserta didik diharapkan mampu
1 Mengidentikasi kekayaan dan keunikan flora, fauna, dan alam benda Indonesia,
2 Mendeskripsikan keunikan flora, fauna, dan alam benda Indonesia,
3 Mengekspresikan diri melalui gambar flora, fauna, dan alam benda,
4 Mengomunikasikan hasil gambar flora, fauna, dan alam benda secara lisan
Dengan penuh rasa rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan proaktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik

Baca Juga

RPP Seni Budaya (Seni Musik) Kelas VII SMP/MTs Revisi 2017
RPP Bahasa Inggris Kelas VIII SMP/MTs Revisi 2017

D. Materi Pembelajaran
• Fakta : Konsep : Gambar-gambar flora, fauna dan alam benda
Definisi Seni Rupa Dua Dimensi
Definisi flora, fauna
Definisi alam benda
• Prinsip : Prinsip seni (kesatuan, keseimbangan, irama, penekanan, keselarasan, proporsi, komposisi)
• Prosedur : Langkah-langkah membuat gambar flora, fauna dan alam benda

E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific Learning
2. Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
3. Metode Pembelajaran : Ceramah, Demonstrasi, diskusi kelompok, Penugasan

F. Media Pembelajaran
1 Media LCD projector,
2 Laptop,
3 Bahan Tayang
4 Spidol, whiteboard
5 video tentang hewan-hewan laut
- contoh-contoh karya flora, fauna dan alam benda

G. Sumber Belajar
1 Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Guru Mata Pelajaran Seni Budaya. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
2 Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Siswa Mata Pelajaran Seni Budaya. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
3 Internet
4 Sumber lain yang relevan

Baca Juga

RPP Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas VII SMP/MTs Revisi 2017
RPP Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas 7 SMP/MTs Revisi 2017

H. Langkah-langkahPembelajaran
  • Kegiatan Pendahuluan
  • Kegiatan Inti
  • Kegiatan Penutup

I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian
a. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1) Tes Tertulis
- Uraian/esai
2) Tes Lisan
? Tes lisan pemaparan materi dari pemahaman siswa.
b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
Mempelajari buku teks dan sumber lain tentang materi pokok
Menyimak tayangan/demo tentang materi pokok
2) Portofolio / unjuk kerja
3) Produk,
2. Instrumen Penilaian
a. Pertemuan Pertama (Terlampir)
b. Pertemuan Kedua (Terlampir)
c. Pertemuan Ketiga (Terlampir)
d. Pertemuan Keempat (Terlampir)
3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a. Remedial
  • Remidial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
  • Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal), misalnya sebagai berikut.
  • Menggambar dengan menggunakan teknik menggambar yang benar.

b. Pengayaan
  • Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
  • Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
  • Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas misalnya
  • Perbedaan menggambar flora, fauna dan alam benda

……………, 16 Juli 2018

Mengetahui
Kepala SMPN/S                                Guru Mata Pelajaran

………………………………          …………………………….
NIP/NRK.                                         NIP/NRK.

Baca Juga

RPP Matematika Kelas 7 SMP / MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017
RPP Bahasa Indonesia Kelas 7 SMP / MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017

Belum ada Komentar untuk "RPP Seni Budaya (Seni Rupa) Kelas 7 SMP/MTs Revisi 2017"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel