RPP PJOK Kelas 5 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017

https://rpprevisi2018.blogspot.com/
RPP PJOK Kelas 5 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017
 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan : SDN
Mata Pelajaran : PJOK
Kelas /Semester : V/Ganjil
Tema : Kombinasi pola gerak Permainan Bola Voli
Tahun Pelajaran : 2018/2019
Alokasi Waktu : 8 JP (2 Pertemuan)


A. Kompetensi Inti
Kompetensi Sikap Spiritual dan Kompetensi Sikap Sosial (rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin dan kerjasama) dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) pada pembelajaran Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan melalui keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
KI3: Memahami,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

Baca juga RPP PJOK Kelas 4 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017

B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD)

3.1 Menerapkan prosedur kombinasi pola gerak lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai permainan bola besar sederhana dan atau tradisional.
4.1 Mempraktikkan kombinasi gerak lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai permainan bola besar sederhana dan atau tradisional.

Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.1.1 Menjelaskan prosedur kombinasi pola gerak lokomotor, non-lokomotor Passing bawah
3.1.2 Menjelaskan prosedur kombinasi pola gerak lokomotor, non-lokomotor Passing bawah
4.1.1 Melakukan gerak kombinasi gerak Passing bawah sesuai dengan prosedur
4.1.2 Melakukan gerak kombinasi gerak Passing atas sesuai dengan prosedur

C. Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model part and whole dengan pendekatan scientific, peserta didik di harapkan dapat Menjelaskan kombinasi pola gerak dasar Passing bawah dan passing atas serta mampu Mempraktikkan variasi gerak dasar modifikasi permainan bola voli Dengan rasa rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan proaktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik

D. Materi Pembelajaran
Bola voli
Passing
Passing atas
Passing bawah

E. Metode Pembelajaran
1. Inclusive (cakupan).
2. Demonstrasi.
3. Part and whole (bagian dan keseluruhan).
4. Resiprocal (timbal-balik).
5. Pendekatan Pembelajaran Kontekstual.
6. Pendekatan Scientific.

F. Media Pembelajaran
1. Media LCD projector,
2. Laptop,
3. Bahan Tayang
4. Ruang terbuka yang datar dan aman lapangan bolavoli.
5. Bola Voli
6. Stopwatch
7. Gambar : gerakkan permainan bola voli
8. Model : peragaan oleh guru atau peserta didik yang sudah memiliki kemampuan permaianan Bola Voli

G. Sumber Belajar
1. Buku Pegangan Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Kelas 5 Kurikulum 2013
2. Buku Pegangan Siswa Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Kelas 5 Kurikulum 2013
3. Modul/bahan ajar,
4. Internet,
5. Sumber lain yang relevan

Baca juga RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) PJOK KELAS 2 SD/MI REVISI 2017 


H. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
Kegiatan Inti
Kegiatan Penutup

I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian

a. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1) Tes Tertulis
a) Pilihan ganda
b) Uraian/esai
2) Tes Lisan
b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
Mempelajari buku teks dan sumber lain tentang materi pokok
Menyimak tayangan/demo tentang materi pokok
Menyelesaikan tugas yang berkaitan dengan pengamatan dan eksplorasi
2) Portofolio / unjuk kerja
Laporan tertulis individu/ kelompok
3) Produk,
2. Instrumen Penilaian
Terlampir


Baca juga Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) PJOK Kelas 1 SD Revisi 2017

3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a. Remedial

  • Remedial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
  • Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal),
b. Pengayaan
  • Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
  • Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
  • Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas
……………, 16 Juli 2018

Mengetahui
Kepala SDN                                   Guru Mata Pelajaran

……………………                        ………………………….
NIP/NRK.                                      NIP/NRK.

Belum ada Komentar untuk "RPP PJOK Kelas 5 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel