RPP PJOK Kelas 6 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017
RPP PJOK Kelas 6 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017 |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : SDN
Mata Pelajaran : PJOK
Kelas /Semester : VI/Ganjil
Tema : Variasi Dan Kombinasi Pola Gerak Dasar Permainan Basket
Tahun Pelajaran : 2018/2019
Alokasi Waktu : 8 JP ( 2 Pertemuan)
A. Kompetensi Inti
KI -3 Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI -4 Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
Baca juga RPP PJOK Kelas 5 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD)
3.1 Menerapkan prosedur variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif dengan kontrol yang baik dalam permainan bola besar sederhana dan atau tradisional. *
4.1 Mempraktikkan variasi dan kombinasi gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif dengan kontrol yang baik dalam permainan bola besar sederhana dan atau tradisional. *
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.1.1 Menjelaskanvariasi dan kombinasi pola gerak dasar Melempar/mengumpan bola dalam permainan basket
3.1.2 Menjelaskan variasi dan kombinasi pola gerak dasar menangkap bola dalam permainan basket
4.1.1 Memperagakan variasi dan kombinasi pola gerak dasar Melempar/mengumpan bola dalam permainan basket
4.1.2 Memperagakan variasi dan kombinasi pola gerak dasar menangkap bola dalam permainan basket
Baca Juga RPP PJOK Kelas 4 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017
C. Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model part and whole di padukan dengan pendekatan scientific peserta didik diharapkan dapat Menjelaskan variasi dan kombinasi pola gerak dasar Melempar/ mengumpan bola dalam permainan basket,Menjelaskan variasi dan kombinasi pola gerak dasar menangkap bola dalam permainan basket,Memperagakan variasi dan kombinasi pola gerak dasar Melempar/ mengumpan bola dalam permainan basket,Memperagakan variasi dan kombinasi pola gerak dasar menangkap bola dalam permainan basket, , Dengan rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan proaktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik
Satuan Pendidikan : SDN
Mata Pelajaran : PJOK
Kelas /Semester : VI/Ganjil
Tema : Variasi Dan Kombinasi Pola Gerak Dasar Permainan Basket
Tahun Pelajaran : 2018/2019
Alokasi Waktu : 8 JP ( 2 Pertemuan)
A. Kompetensi Inti
KI -3 Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI -4 Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
Baca juga RPP PJOK Kelas 5 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD)
3.1 Menerapkan prosedur variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif dengan kontrol yang baik dalam permainan bola besar sederhana dan atau tradisional. *
4.1 Mempraktikkan variasi dan kombinasi gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif dengan kontrol yang baik dalam permainan bola besar sederhana dan atau tradisional. *
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.1.1 Menjelaskanvariasi dan kombinasi pola gerak dasar Melempar/mengumpan bola dalam permainan basket
3.1.2 Menjelaskan variasi dan kombinasi pola gerak dasar menangkap bola dalam permainan basket
4.1.1 Memperagakan variasi dan kombinasi pola gerak dasar Melempar/mengumpan bola dalam permainan basket
4.1.2 Memperagakan variasi dan kombinasi pola gerak dasar menangkap bola dalam permainan basket
Baca Juga RPP PJOK Kelas 4 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017
C. Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model part and whole di padukan dengan pendekatan scientific peserta didik diharapkan dapat Menjelaskan variasi dan kombinasi pola gerak dasar Melempar/ mengumpan bola dalam permainan basket,Menjelaskan variasi dan kombinasi pola gerak dasar menangkap bola dalam permainan basket,Memperagakan variasi dan kombinasi pola gerak dasar Melempar/ mengumpan bola dalam permainan basket,Memperagakan variasi dan kombinasi pola gerak dasar menangkap bola dalam permainan basket, , Dengan rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan proaktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik
D. Materi Pembelajaran
1. Fakta:
Bola basket masuk ke Indonesia setelah Perang Dunia II
2. Konsep
Pada tahun 1936, bola basket untuk pertama kalinya dicantumkan dalam Olimpiade di Jerman dan dikuti oleh 21 negara
3. Prinsip
Teknik dasar permainan bola basket di antaranya, melempar atau mengoper bola, menangkap bola, menggiring bola, dan memasukkan bola.
4. Prosedur
Memperagakan variasi dan kombinasi pola gerak dasar Melempar/mengumpan boladalam permainan basket
Memperagakan variasi dan kombinasi pola gerak dasar menangkap bola dalam permainan basket
Baca Juga RPP PJOK Kelas 3 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017
E. Metode Pembelajaran
1. Inclusive (cakupan).
2. Demonstrasi.
3. Part and whole (bagian dan keseluruhan).
4. Resiprocal (timbal-balik).
5. Pendekatan Pembelajaran Kontekstual.
6. Pendekatan Scientific.
F. Media,Alat dan Bahan Pembelajaran
1. Media LCD projector
2. Laptop
3. Bahan Tayang (slide power point)
4. Ruang terbuka yang datar dan aman/lapangan
5. Stopwatch
6. Gambar : Permainan Basket
7. Model : peragaan oleh guru atau peserta didik yang sudah memiliki kemampuan Senam Menggunakan Alat
G. Sumber Belajar
1. Buku Pegangan Guru Pendidikan JasmaniOlahragadanKesehatan Kelas 6 Kurikulum 2013
2. Buku Pegangan Siswa Pendidikan JasmaniOlahragadanKesehatan Kelas 6 Kurikulum 2013
3. Modul/bahan ajar,
4. Internet,
5. Sumber lain yang relevan
Baca Juga RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) PJOK KELAS 2 SD/MI REVISI 2017
H. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
Kegiatan Inti
Kegiatan Penutup
I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian
a. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1) Tes Tertulis
a) Pilihan ganda
b) Uraian/esai
2) Tes Lisan
b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
Mempelajari buku teks dan sumber lain tentang materi pokok
Menyimak tayangan/demo tentang materi pokok
Menyelesaikan tugas yang berkaitan dengan pengamatan dan eksplorasi
2) Portofolio / unjuk kerja
Laporan tertulis individu/ kelompok
3) Produk,
1. Fakta:
Bola basket masuk ke Indonesia setelah Perang Dunia II
2. Konsep
Pada tahun 1936, bola basket untuk pertama kalinya dicantumkan dalam Olimpiade di Jerman dan dikuti oleh 21 negara
3. Prinsip
Teknik dasar permainan bola basket di antaranya, melempar atau mengoper bola, menangkap bola, menggiring bola, dan memasukkan bola.
4. Prosedur
Memperagakan variasi dan kombinasi pola gerak dasar Melempar/mengumpan boladalam permainan basket
Memperagakan variasi dan kombinasi pola gerak dasar menangkap bola dalam permainan basket
Baca Juga RPP PJOK Kelas 3 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017
E. Metode Pembelajaran
1. Inclusive (cakupan).
2. Demonstrasi.
3. Part and whole (bagian dan keseluruhan).
4. Resiprocal (timbal-balik).
5. Pendekatan Pembelajaran Kontekstual.
6. Pendekatan Scientific.
F. Media,Alat dan Bahan Pembelajaran
1. Media LCD projector
2. Laptop
3. Bahan Tayang (slide power point)
4. Ruang terbuka yang datar dan aman/lapangan
5. Stopwatch
6. Gambar : Permainan Basket
7. Model : peragaan oleh guru atau peserta didik yang sudah memiliki kemampuan Senam Menggunakan Alat
G. Sumber Belajar
1. Buku Pegangan Guru Pendidikan JasmaniOlahragadanKesehatan Kelas 6 Kurikulum 2013
2. Buku Pegangan Siswa Pendidikan JasmaniOlahragadanKesehatan Kelas 6 Kurikulum 2013
3. Modul/bahan ajar,
4. Internet,
5. Sumber lain yang relevan
Baca Juga RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) PJOK KELAS 2 SD/MI REVISI 2017
H. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
Kegiatan Inti
Kegiatan Penutup
I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian
a. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1) Tes Tertulis
a) Pilihan ganda
b) Uraian/esai
2) Tes Lisan
b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
Mempelajari buku teks dan sumber lain tentang materi pokok
Menyimak tayangan/demo tentang materi pokok
Menyelesaikan tugas yang berkaitan dengan pengamatan dan eksplorasi
2) Portofolio / unjuk kerja
Laporan tertulis individu/ kelompok
3) Produk,
2. Instrumen Penilaian
Terlampir
Baca Juga Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) PJOK Kelas 1 SD Revisi 2017
3. PembelajaranRemedial dan Pengayaan
a. Remedial
Mengetahui
Kepala SDN Guru Mata Pelajaran
………………………… …………………………….
NIP/NRK. NIP/NRK.
Terlampir
Baca Juga Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) PJOK Kelas 1 SD Revisi 2017
3. PembelajaranRemedial dan Pengayaan
a. Remedial
- Remedial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
- Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal), misalnya sebagai berikut.
- Bagi peserta didik yang belum memahami pelajaran ini, guru memberikan tugas, dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang lebih sederhana,
- Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
- Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
- Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas misalnya
- Sebagai pengayaan, guru dapat memberi tugas kepada peserta didik.
……………, 16 Juli 2018
Mengetahui
Kepala SDN Guru Mata Pelajaran
………………………… …………………………….
NIP/NRK. NIP/NRK.
Belum ada Komentar untuk "RPP PJOK Kelas 6 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017"
Posting Komentar