RPP Bahasa Indonesia Kelas 9 SMP/MTs Revisi 2017
RPP Bahasa Indonesia Kelas 9 SMP/MTs Revisi 2017 |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : SMPN/S
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Tema : Teks Laporan Percobaan
Kelas/Semester : IX/Ganjil
Tahun Pelajaran : 2018/2019
Alokasi Waktu : 12 JP (6 Pertemuan)
A. Kompetensi Inti
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasaingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalamranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) danranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang / teori
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
KOMPETENSI DASAR (KD)
3.1 Mengidentifikasi informasi dari laporan percobaan yang dibaca dan didengar (percobaan sederhana untuk mendeteksi zat berbahaya pada makanan, adanya vitamin pada makanan, dll).
3.2 Menelaah struktur dan kebahasaan dari teks laporan percobaan yang didengar atau dibaca (percobaan sederhana untuk mendeteksi zat berbahaya pada makanan, adanya vitamin pada makanan, dll)
4.1. Menyimpulkan tujuan, bahan/ alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan yang didengar dan/atau dibaca
4.2. Menyajikan tujuan, bahan/ alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan secara tulis dan lisan dengan memperhatikan kelengkapan data, struktur, aspek kebahasaan, dan aspek lisan
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI (IPK)
3.1.1 Menjelaskan Pengertian Teks Laporan
3.1.2 Menganalisis Model teks laporan (pengamatan, percobaan/ eksperimen)
3.1.1 Menganalisis Struktur teks Laporan
3.1.2 Menjelaskan Ciri-ciri kebahasaan teks laporan: Kalimat aktif, kata tugas, kosakata teknis bidang ilmu; penulisan unsur serapan.
3.1.3 Menganalisis struktur dan kebahasaan dari teks laporan percobaan yang didengar atau dibaca (percobaan sederhana untuk mendeteksi zat berbahaya pada makanan, adanya vitamin pada makanan, dll)
4.1.1 Membuat kesimpulan tujuan , bahan/alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan yang didengar dan/atau dibaca
4.2.1. Membuat laporan bahan/ alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan secara tulis dan lisan dengan memperhatikan kelengkapan data, struktur, aspek kebahasaan, dan aspek lisan
Baca Juga
RPP Bahasa Indonesia Kelas 7 SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017RPP Bahasa Inggris Kelas 7 SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017
RPP Matematika Kelas 7 SMP / MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017
RPP Seni Budaya (Seni Musik) Kelas VII SMP/MTs Revisi 2017
C. Tujuan Pembelajaran:
Pertemuan pertama
Selama dan setelah mengikuti proses pembelajaran ini peserta didik diharapkan mampu:
Menjelaskan Pengertian teks laporan Percobaan
Memahami Fungsi teks laporan percobaan
Pertemuan kedua
Selama dan Setelah mengikuti proses pembelajaran ini peserta didik diharapkan dapat:
Menjelaskan Model teks laporan (pengamatan, percobaan/ eksperimen)
Penyusunan Teks Laporan Hasil Observasi secara Berkelompok
Pertemuan ketiga
Selama dan Setelah mengikuti proses pembelajaran ini peserta didik diharapkan dapat:
Menyusun Teks Laporan Hasil Observasi secara Mandiri
Pertemuan keempat
Selama dan Setelah mengikuti proses pembelajaran ini peserta didik diharapkan dapat:
Menganalisis Struktur teks Laporan
Pertemuan kelima
Selama dan Setelah mengikuti proses pembelajaran ini peserta didik diharapkan dapat:
Menjelaskan Ciri-ciri kebahasaan teks laporan: Kalimat aktif, kata tugas, kosakata teknis bidang ilmu; penulisan unsur serapan
Pertemuan keenam
Selama dan Setelah mengikuti proses pembelajaran ini peserta didik diharapkan:
Membuat kesimpulan tujuan , bahan/alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan yang didengar dan/atau dibaca
Dengan penuh rasa rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan proaktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik
D. Materi Pembelajaran
1. Materi pembelajaran regular
a. Fakta
Contoh Teks laporan Observasi
b. Konsep
• Pengertian teks laporan Percobaan
c. Prinsip
• Struktur teks laporan percobaan
d. Prosedur
• Menyusun Teks Laporan Hasil Observasi secara Mandiri dan secara berkelompok
2. Materi pembelajaran remedial
• Model teks laporan (pengamatan, percobaan/ eksperimen)
• Simpulan tujuan, bahan/alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan yang didengar dan/ atau dibaca
3. Materi pembelajaran pengayaan
• Peserta didik diminta membuat teks laporan hasil pengamatan secara objektif,informatif dan komunikatif.
E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific Learning
2. Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
3. Metode pembelajaran : Ceramah, Diskusi, Tanya Jawab dan penugasan
F. Media, Alat dan Bahan Pembelajaran
1. Media LCD projector,
2. Laptop,
3. Bahan Tayang
4. Whiteboard
5. Spidol
6. Penggaris
G. Sumber Belajar
1. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2018. Buku Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
2. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2018. Buku Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
3. Kamus besar bahasa Indonesia
4. Internet
5. Sumber lain yang relevan
Baca juga
RPP Bahasa Indonesia Kelas 8 SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017RPP Matematika Kelas 8 SMP/MTs Revisi 2017
RPP Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas 8 SMP/MTs Revisi 2017
RPP Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas 8 SMP/MTs Revisi 2017
E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific Learning
2. Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
3. Metode pembelajaran : Ceramah, Diskusi, Tanya Jawab dan penugasan
F. Media, Alat dan Bahan Pembelajaran
1. Media LCD projector,
2. Laptop,
3. Bahan Tayang
4. Whiteboard
5. Spidol
6. Penggaris
G. Sumber Belajar
1. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
2. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
3. Modul/bahan ajar,
4. Internet,
5. Sumber lain yang relevan
H. Langkah-langkahPembelajaran
- Kegiatan Pendahuluan
- Kegiatan Inti
- Kegiatan Penutup
Baca juga
RPP Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas 9 SMP/MTs Revisi 2017RPP Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas 9 SMP/MTs Revisi 2017
RPP Bahasa Inggris Kelas 9 SMP/MTs Revisi 2017
I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian
a. Sikap (Spiritualdan Sosial)
1) Observasi (jurnal)
2) Penilaian diri
3) Penilaian antarteman
b. Pengetahuan
1. Ter tertulis
c. Keterampilan
1) Kinerja
2. Instrumen Penilaian
Terlampir
3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a. Remedial
- Remidial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
- Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal).
- Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
- Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
- Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas.
………, 16 Juli 2018
Mengetahui
Kepala SMPN/S Guru Mata Pelajaran
…………………………… ………………………
NIP/NRK. NIP/NRK.
Belum ada Komentar untuk "RPP Bahasa Indonesia Kelas 9 SMP/MTs Revisi 2017"
Posting Komentar