RPP Bahasa Indonesia Peminatan Kelas 11 SMA Kurikulum 2013 Revisi 2017

http://rpprevisi2018.blogspot.com
RPP Bahasa Indonesia Peminatan Kelas 11 SMA Kurikulum 2013 Revisi 2017

RPP K13 Revisi 2018 - RPP Bahasa Indonesia Peminatan Kelas 11 SMA Kurikulum 2013 Revisi 2017 untuk tahun pelajaran 2018/2019 Terintegrasi dengan Literasi, Pendidikan Penguatan Karakter (PPK), 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) dan Higher Order of Thinking Skill (HOTS) 

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran 
(RPP)

Satuan Pendidikan : SMA N/S
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia (peminatan)
Kelas : XI (Sebelas)
Tahun Pelajaran : 2018/2019
Materi Pokok : Debat
Alokasi Waktu : 16 JP (8 Pertemuan)

A. Kompetensi Inti
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)

Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah

KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan
Download juga RPP Bahasa Indonesia Peminatan Kelas 10 SMA Kurikulum 2013 Revisi 2017
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD)

3.1 Mengidentifikasi pendapat narasumber dalam suatu debat yang bertema ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan atau humaniora
4.1 Berdebat dengan tema ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan atau humaniora

Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.1.1 Menjelaskan pengertian debat
3.1.2 Mengidentifiaksi jenis-jenis debat
3.1.3 Memahami unsur-unsur debat
3.1.4 Memahami argumentasi dalam debat
3.1.5 Memahami sanggahan dalam debat
3.1.6 Menganalisis pendapat narasumber dalam debat
4.1.1 Melakukan debat dengan tema tertentu (ilmu pengetahuan, teknologi, seni,budaya, dan atau humaniora)

C. Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan pembelajaran menggunakan model Discovery Learning yang dipadukan dengan pendekatan saintifik yang menuntun peserta didik untuk mengamati (membaca) permasalahan, menuliskan penyelesaian dan mempresentasikan hasilnya di depan kelas, peserta didik di harapkan dapat, Memahami pengertian, jenis dan unsur debat, Memahami taktik-taktik dalam debat, Mendeskripsikikan patokan dalam berdebat, Serta mampu Melakukan debat secara baik dan benar dengan penuh rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, santun, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan pro-aktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik.
Download juga RPP Sejarah Indonesia Kelas 10 SMA Kurikulum 2013 Revisi 2017
D. Materi Pembelajaran
1. Fakta
• Debat seringkali dicampuradukkan banyak orang dengan diskusi, walaupun ada perbedaan besar lain metode, lain maksud, lain pula hasilnya. Persamaan antara kedua bentuk pembicaraan itu hanyalah bahwa keduanya merupakan tukar menukar pikiran secara teratur.
2. Konsep
• Menjelaskan debat (pengertian, jenis, unsur, argumentasi dan sanggahan)
• Debat merupakan suatu argumen untuk menentukan baik tidaknya suatu usul tertentu yang didukung oleh suatu pihak yang disebut pendukung atau afirmatif, dab ditolak, disangkal oleh pihak lain yang disebut penyangkal atau negatif
• Debat adalah pembahasan dan pertukaran pendapat mengenai suatu hal dengan saling memberi alasan untuk mempertahankan pendapat masing-masing
3. Prinsip
• Mengidentifikasi pendapat narasumber dalam suatu debat dengan tema tertentu (ilmu pengetahuan, teknologi, seni,budaya, dan atau humaniora)
4. Prosedur
• Melakukan debat dengan tema tertentu (ilmu pengetahuan, teknologi, seni,budaya, dan atau humaniora) sesuai kaidah dan prosedur yang benar.

E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific Learning
2. Model Pembelajaran : Discovery Learning(Pembelajaran Penemuan) dan Problem
Based Learning (Pembelajaran Berbasis Masalah)/Proyek
3. Metode : Ceramah, Diskusi,Tanya Jawab, Penugasan
Download juga RPP Geografi Indonesia Kelas 10 SMA Kurikulum 2013 Revisi 2017
F. Media Pembelajaran
1. Media LCD projector
2. Laptop
3. Bahan Tayang ( Slide Power Point)
4. Whiteboard
5. Spidol
6. Penggaris

G. Sumber Belajar:
1. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Buku Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia (pemintan) kelas XIJakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
2. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Buku siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia (peminatan) kelas XI Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
3. Internet
4. Buku teks pelajaran yang relevan

H. Langkah-langkah Pembelajaran
  • Kegiatan Pendahuluan
  • Kegiatan Inti
  • Kegiatan Penutup
Download juga RPP Sosiologi Kelas 10 SMA Kurikuum 2013 Revisi 2017

I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian

a. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1) Tes Tertulis
a) Pilihan ganda
b) Uraian/esai
2) Tes Lisan
b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
- Mempelajari buku teks dan sumber lain tentang materi pokok
- Menyimak tayangan/demo tentang materi pokok
- Menyelesaikan tugas yang berkaitan dengan pengamatan dan eksplorasi
2) Portofolio / unjuk kerja
- Laporan tertulis individu/ kelompok
3) Produk,
2. Instrumen Penilaian
- Terlampir

3. PembelajaranRemedial dan Pengayaan
a. Remedial

  • Remedial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
  • Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal),
b. Pengayaan
  • Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
  • Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
  • Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas
Download juga RPP Kimia Kelas 10 SMA/MA Kurikulum 2013 Revisi 2017
Untuk mendapatkan RPP Bahasa Indonesia Peminatan Kelas XI SMA Kurikulum 2013 Revisi 2017 untuk tahun pelajaran 2018/2019 Terintegrasi dengan Literasi, Pendidikan Penguatan Karakter (PPK), 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) dan Higher Order of Thinking Skill (HOTS) silahkan download filenya di bawah ini

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel