RPP Bahasa Jerman Kelas 10 SMA/MA Kurikulum 2013 Revisi 2017
RPP Bahasa Jerman Kelas 10 SMA/MA Kurikulum 2013 Revisi 2017 |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : SMA N/S
Mata Pelajaran : Bahasa Jerman
Kelas /Semester : X/Ganjil
Tahun Pelajaran : 2018/2019
Materi Pokok : Tindak tutur untuk menyapa, berpamitan, mengucapkan terimakasih, meminta maaf, meminta/ mengungkapkan pendapat, mengungkapkan permintaan/ permohonan (eine Bitte formulieren) dalam bentuk teks interaksi interpersonal lisan dan tulis pendek dan sederhana,
Alokasi Waktu : 18 JP ( 6 Pertemuan)
A. Kompetensi Inti
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD)
3.1 Mendemonstrasi¬kan tindak tutur untuk menyapa, berpamitan, mengucapkan terimakasih, meminta maaf, meminta/ mengungkapkan pendapat, mengungkapkan permintaan/ permohonan (eine Bitte formulieren) dalam bentuk teks interaksi interpersonal lisan dan tulis pendek dan sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar sesuai konteks.
4.1 Menggunakan tindak tutur untuk menyapa, berpamitan, mengucapkan terima kasih, meminta maaf, meminta/ mengungkapkan pendapat, mengungkapkan permintaan/ permohonan (eine Bitte formulieren) dalam bentuk teks interaksi interpersonal lisan dan tulis pendek dan sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar sesuai konteks.
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.1.1 Menulis kembali teks rumpang dengan kata, frasa atau kalimat dari teks yang diperdengarkan tentang tindak tutur untuk menyapa, berpamitan, mengucapkan terimakasih, meminta maaf, meminta/ mengungkapkan pendapat, mengungkapkan permintaan/ permohonan (eine Bitte formulieren) dalam bentuk teks interaksi interpersonal lisan dan tulis pendek dan sederhana
3.1.2 Menyempurnakan teks rumpang dengan kata, frasa atau kalimat yang tepat
3.1.3 Menyusun huruf acak menjadi kata yang benar, dan kata acak menjadi kalimat yang benar secara lisan dan tulis
3.1.4 Menjodohkan kalimat tanya dengan jawabannya
3.1.5 Menganalisis teks sesuai konteks.
3.1.6 Menandai kata, frasa dan kalimat yang didengar
3.1.7 Melengkapi kata, frasa, atau kalimat dengan huruf atau kata yang didengar
3.1.8 Menanyakan, ujaran yang tidak dimengerti, informasi umum, selektif, dan rinci
3.1.9 Menanyakan ujaran-ujaran untuk melakukan dialog
3.1.10 Menentukan ujaran mengucapkan salam, memperkenalkan diri sendiri dan orang lain
3.1.11 Menentukan ujaran-ujaran untuk melakukan dialog
3.1.12 Mengidentifikasi persamaan dan perbedaan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada tindakan menyapa, berpamitan, mengucapkan terimakasih, meminta maaf, meminta/ mengungkapkan pendapat, mengungkapkan permintaan/ permohonan (eine Bitte formulieren) dalam bentuk teks interaksi interpersonal serta meresponnya dalam konteks yang berbeda (dalam hal topik, moda, dan hubungan fungsional antar penutur)
4.1.1 Meniru, berlatih secara mandiri maupun dengan bimbingan guru terkait dengan interaksi dalam menyapa, berpamitan, mengucapkan terimakasih, meminta maaf, meminta/ mengungkapkan pendapat, mengungkapkan permintaan/ permohonan (eine Bitte formulieren) dalam bentuk teks interaksi interpersonal serta meresponnya dengan orang-orang di sekelilingnya.
4.1.2 Melakukan tindakan menyapa, berpamitan, mengucapkan terimakasih, meminta maaf, meminta/ mengungkapkan pendapat, mengungkapkan permintaan/ permohonan (eine Bitte formulieren) dalam bentuk teks interaksi interpersonal serta meresponnya dengan tujuan untuk menjaga hubungan interpersonal
4.1.3 Mengucapkan salam pada saat bertemu
4.1.4 Mengucapkan pada saat berpisah
4.1.5 Menanyakan kabar dan menjawabnya
4.1.6 Memperkenalkan diri dengan menyebutkan nama, tempat tinggal, umur dan asal
4.1.7 Melengkapi percakapan yang diberikan sesuai kontek
C. Tujuan Pembelajaran:
Selama dan setelah mengikuti proses pembelajaran ini peserta didik diharapkan dapat:
• Mendemonstrasikan tindak tutur untuk menyapa, berpamitan, mengucapkan terimakasih, meminta maaf, meminta/ mengungkapkan pendapat, mengungkapkan permintaan/ permohonan (eine Bitte formulieren) dalam bentuk teks interaksi interpersonal lisan dan tulis pendek dan sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar sesuai konteks.
• Menggunakan tindak tutur untuk menyapa, berpamitan, mengucapkan terima kasih, meminta maaf, meminta/ mengungkapkan pendapat, mengungkapkan permintaan/ permohonan (eine Bitte formulieren) dalam bentuk teks interaksi interpersonal lisan dan tulis pendek dan sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar sesuai konteks.
D. Materi Pembelajaran
• Fakta
- Sapaan dalam perjumpaan
Guten Morgen. Guten Tag. Guten Abend.
Wie geht’s? Wie geht es Ihnen?
Danke, gut.
• Konsep
- Menulis kembali teks rumpang dengan kata, frasa atau kalimat dari teks yang diperdengarkan tentang tindak tutur untuk menyapa, berpamitan, mengucapkan terimakasih, meminta maaf, meminta/ mengungkapkan pendapat, mengungkapkan permintaan/ permohonan (eine Bitte formulieren) dalam bentuk teks interaksi interpersonal lisan dan tulis pendek dan sederhana
- Menyempurnakan teks rumpang dengan kata, frasa atau kalimat yang tepat
- Menyusun huruf acak menjadi kata yang benar, dan kata acak menjadi kalimat yang benar secara lisan dan tulis
- Menjodohkan kalimat tanya dengan jawabannya
- Menganalisis teks sesuai konteks.
- Menandai kata, frasa dan kalimat yang didengar
- Melengkapi kata, frasa, atau kalimat dengan huruf atau kata yang didengar
- Menanyakan, ujaran yang tidak dimengerti, informasi umum, selektif, dan rinci
- Menanyakan ujaran-ujaran untuk melakukan dialog
- Menentukan ujaran mengucapkan salam, memperkenalkan diri sendiri dan orang lain
- Menentukan ujaran-ujaran untuk melakukan dialog
- Mengidentifikasi persamaan dan perbedaan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada tindakan menyapa, berpamitan, mengucapkan terimakasih, meminta maaf, meminta/ mengungkapkan pendapat, mengungkapkan permintaan/ permohonan (eine Bitte formulieren) dalam bentuk teks interaksi interpersonal serta meresponnya dalam konteks yang berbeda (dalam hal topik, moda, dan hubungan fungsional antar penutur)
• Prinsip
- Mendemonstrasi¬kan tindak tutur untuk menyapa, berpamitan, mengucapkan terimakasih, meminta maaf, meminta/ mengungkapkan pendapat, mengungkapkan permintaan/ permohonan (eine Bitte formulieren) dalam bentuk teks interaksi interpersonal lisan dan tulis pendek dan sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar sesuai konteks.
• Prosedur
- Meniru, berlatih secara mandiri maupun dengan bimbingan guru terkait dengan interaksi dalam menyapa, berpamitan, mengucapkan terimakasih, meminta maaf, meminta/ mengungkapkan pendapat, mengungkapkan permintaan/ permohonan (eine Bitte formulieren) dalam bentuk teks interaksi interpersonal serta meresponnya dengan orang-orang di sekelilingnya.
- Melakukan tindakan menyapa, berpamitan, mengucapkan terimakasih, meminta maaf, meminta/ mengungkapkan pendapat, mengungkapkan permintaan/ permohonan (eine Bitte formulieren) dalam bentuk teks interaksi interpersonal serta meresponnya dengan tujuan untuk menjaga hubungan interpersonal
- Mengucapkan salam pada saat bertemu
- Mengucapkan pada saat berpisah
- Menanyakan kabar dan menjawabnya
- Memperkenalkan diri dengan menyebutkan nama, tempat tinggal, umur dan asal
- Melengkapi percakapan yang diberikan sesuai kontek
E. Metode Pembelajaran
• Pendekatan : Scientific Learning
• Model Pembelajaran : Discovery Learning
• Metode : Diskusi Kelompok, Tanya Jawab dan Penugasan
F. Media, Alat dan Bahan Pembelajaran
• Komputer/Laptop
• Worksheet atau lembar kerja (siswa)
• Perpustakaan sekolah
• Slide presentasi (ppt)
• Whiteboard
• Spidol
G. Sumber Belajar:
• Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku siswa Mata Pelajaran bahasa Jerman. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
• Internet
• Buku teks pelajaran yang relevan
H. Langkah-langkah Pembelajaran
I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian
a. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1) Tes Tertulis
a) Pilihan ganda
b) Uraian/esai
2) Tes Lisan
b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
- Mempelajari buku teks dan sumber lain tentang materi pokok
- Menyimak tayangan/demo tentang materi pokok
- Menyelesaikan tugas yang berkaitan dengan pengamatan dan eksplorasi
2) Portofolio / unjuk kerja
- Laporan tertulis individu/ kelompok
3) Produk,
2. Instrumen Penilaian
- Terlampir
3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a. Remedial
• Remedial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
• Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal), misalnya sebagai berikut.
- Meniru, berlatih secara mandiri maupun dengan bimbingan guru terkait dengan interaksi dalam menyapa, berpamitan, mengucapkan terimakasih, meminta maaf, meminta/ mengungkapkan pendapat, mengungkapkan permintaan/ permohonan (eine Bitte formulieren) dalam bentuk teks interaksi interpersonal serta meresponnya dengan orang-orang di sekelilingnya.
b. Pengayaan
• Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
• Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
• Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas misalnya
- Mengidentifikasi persamaan dan perbedaan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada tindakan menyapa, berpamitan, mengucapkan terimakasih, meminta maaf, meminta/ mengungkapkan pendapat, mengungkapkan permintaan/ permohonan (eine Bitte formulieren) dalam bentuk teks interaksi interpersonal serta meresponnya dalam konteks yang berbeda (dalam hal topik, moda, dan hubungan fungsional antar penutur)
Mengetahui
Kepala SMA N/S Guru Mata Pelajaran
………………………… ……………………………
NIP/NRK. NIP/NRK.
Untuk bisa memiliki RPP Bahasa Jerman Kelas 10 SMA/MA Kurikulum 2013 Revisi 2017 silahkan download file nya dalam bentuk pdf di bawah ini
Satuan Pendidikan : SMA N/S
Mata Pelajaran : Bahasa Jerman
Kelas /Semester : X/Ganjil
Tahun Pelajaran : 2018/2019
Materi Pokok : Tindak tutur untuk menyapa, berpamitan, mengucapkan terimakasih, meminta maaf, meminta/ mengungkapkan pendapat, mengungkapkan permintaan/ permohonan (eine Bitte formulieren) dalam bentuk teks interaksi interpersonal lisan dan tulis pendek dan sederhana,
Alokasi Waktu : 18 JP ( 6 Pertemuan)
A. Kompetensi Inti
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan
Download juga RPP Bahasa Sunda Kelas 9 SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD)
3.1 Mendemonstrasi¬kan tindak tutur untuk menyapa, berpamitan, mengucapkan terimakasih, meminta maaf, meminta/ mengungkapkan pendapat, mengungkapkan permintaan/ permohonan (eine Bitte formulieren) dalam bentuk teks interaksi interpersonal lisan dan tulis pendek dan sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar sesuai konteks.
4.1 Menggunakan tindak tutur untuk menyapa, berpamitan, mengucapkan terima kasih, meminta maaf, meminta/ mengungkapkan pendapat, mengungkapkan permintaan/ permohonan (eine Bitte formulieren) dalam bentuk teks interaksi interpersonal lisan dan tulis pendek dan sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar sesuai konteks.
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.1.1 Menulis kembali teks rumpang dengan kata, frasa atau kalimat dari teks yang diperdengarkan tentang tindak tutur untuk menyapa, berpamitan, mengucapkan terimakasih, meminta maaf, meminta/ mengungkapkan pendapat, mengungkapkan permintaan/ permohonan (eine Bitte formulieren) dalam bentuk teks interaksi interpersonal lisan dan tulis pendek dan sederhana
3.1.2 Menyempurnakan teks rumpang dengan kata, frasa atau kalimat yang tepat
3.1.3 Menyusun huruf acak menjadi kata yang benar, dan kata acak menjadi kalimat yang benar secara lisan dan tulis
3.1.4 Menjodohkan kalimat tanya dengan jawabannya
3.1.5 Menganalisis teks sesuai konteks.
3.1.6 Menandai kata, frasa dan kalimat yang didengar
3.1.7 Melengkapi kata, frasa, atau kalimat dengan huruf atau kata yang didengar
3.1.8 Menanyakan, ujaran yang tidak dimengerti, informasi umum, selektif, dan rinci
3.1.9 Menanyakan ujaran-ujaran untuk melakukan dialog
3.1.10 Menentukan ujaran mengucapkan salam, memperkenalkan diri sendiri dan orang lain
3.1.11 Menentukan ujaran-ujaran untuk melakukan dialog
3.1.12 Mengidentifikasi persamaan dan perbedaan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada tindakan menyapa, berpamitan, mengucapkan terimakasih, meminta maaf, meminta/ mengungkapkan pendapat, mengungkapkan permintaan/ permohonan (eine Bitte formulieren) dalam bentuk teks interaksi interpersonal serta meresponnya dalam konteks yang berbeda (dalam hal topik, moda, dan hubungan fungsional antar penutur)
4.1.1 Meniru, berlatih secara mandiri maupun dengan bimbingan guru terkait dengan interaksi dalam menyapa, berpamitan, mengucapkan terimakasih, meminta maaf, meminta/ mengungkapkan pendapat, mengungkapkan permintaan/ permohonan (eine Bitte formulieren) dalam bentuk teks interaksi interpersonal serta meresponnya dengan orang-orang di sekelilingnya.
4.1.2 Melakukan tindakan menyapa, berpamitan, mengucapkan terimakasih, meminta maaf, meminta/ mengungkapkan pendapat, mengungkapkan permintaan/ permohonan (eine Bitte formulieren) dalam bentuk teks interaksi interpersonal serta meresponnya dengan tujuan untuk menjaga hubungan interpersonal
4.1.3 Mengucapkan salam pada saat bertemu
4.1.4 Mengucapkan pada saat berpisah
4.1.5 Menanyakan kabar dan menjawabnya
4.1.6 Memperkenalkan diri dengan menyebutkan nama, tempat tinggal, umur dan asal
4.1.7 Melengkapi percakapan yang diberikan sesuai kontek
Download juga RPP Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti Kelas 9 SMP Revisi 2017
C. Tujuan Pembelajaran:
Selama dan setelah mengikuti proses pembelajaran ini peserta didik diharapkan dapat:
• Mendemonstrasikan tindak tutur untuk menyapa, berpamitan, mengucapkan terimakasih, meminta maaf, meminta/ mengungkapkan pendapat, mengungkapkan permintaan/ permohonan (eine Bitte formulieren) dalam bentuk teks interaksi interpersonal lisan dan tulis pendek dan sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar sesuai konteks.
• Menggunakan tindak tutur untuk menyapa, berpamitan, mengucapkan terima kasih, meminta maaf, meminta/ mengungkapkan pendapat, mengungkapkan permintaan/ permohonan (eine Bitte formulieren) dalam bentuk teks interaksi interpersonal lisan dan tulis pendek dan sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar sesuai konteks.
D. Materi Pembelajaran
• Fakta
- Sapaan dalam perjumpaan
Guten Morgen. Guten Tag. Guten Abend.
Wie geht’s? Wie geht es Ihnen?
Danke, gut.
• Konsep
- Menulis kembali teks rumpang dengan kata, frasa atau kalimat dari teks yang diperdengarkan tentang tindak tutur untuk menyapa, berpamitan, mengucapkan terimakasih, meminta maaf, meminta/ mengungkapkan pendapat, mengungkapkan permintaan/ permohonan (eine Bitte formulieren) dalam bentuk teks interaksi interpersonal lisan dan tulis pendek dan sederhana
- Menyempurnakan teks rumpang dengan kata, frasa atau kalimat yang tepat
- Menyusun huruf acak menjadi kata yang benar, dan kata acak menjadi kalimat yang benar secara lisan dan tulis
- Menjodohkan kalimat tanya dengan jawabannya
- Menganalisis teks sesuai konteks.
- Menandai kata, frasa dan kalimat yang didengar
- Melengkapi kata, frasa, atau kalimat dengan huruf atau kata yang didengar
- Menanyakan, ujaran yang tidak dimengerti, informasi umum, selektif, dan rinci
- Menanyakan ujaran-ujaran untuk melakukan dialog
- Menentukan ujaran mengucapkan salam, memperkenalkan diri sendiri dan orang lain
- Menentukan ujaran-ujaran untuk melakukan dialog
- Mengidentifikasi persamaan dan perbedaan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada tindakan menyapa, berpamitan, mengucapkan terimakasih, meminta maaf, meminta/ mengungkapkan pendapat, mengungkapkan permintaan/ permohonan (eine Bitte formulieren) dalam bentuk teks interaksi interpersonal serta meresponnya dalam konteks yang berbeda (dalam hal topik, moda, dan hubungan fungsional antar penutur)
• Prinsip
- Mendemonstrasi¬kan tindak tutur untuk menyapa, berpamitan, mengucapkan terimakasih, meminta maaf, meminta/ mengungkapkan pendapat, mengungkapkan permintaan/ permohonan (eine Bitte formulieren) dalam bentuk teks interaksi interpersonal lisan dan tulis pendek dan sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar sesuai konteks.
• Prosedur
- Meniru, berlatih secara mandiri maupun dengan bimbingan guru terkait dengan interaksi dalam menyapa, berpamitan, mengucapkan terimakasih, meminta maaf, meminta/ mengungkapkan pendapat, mengungkapkan permintaan/ permohonan (eine Bitte formulieren) dalam bentuk teks interaksi interpersonal serta meresponnya dengan orang-orang di sekelilingnya.
- Melakukan tindakan menyapa, berpamitan, mengucapkan terimakasih, meminta maaf, meminta/ mengungkapkan pendapat, mengungkapkan permintaan/ permohonan (eine Bitte formulieren) dalam bentuk teks interaksi interpersonal serta meresponnya dengan tujuan untuk menjaga hubungan interpersonal
- Mengucapkan salam pada saat bertemu
- Mengucapkan pada saat berpisah
- Menanyakan kabar dan menjawabnya
- Memperkenalkan diri dengan menyebutkan nama, tempat tinggal, umur dan asal
- Melengkapi percakapan yang diberikan sesuai kontek
Download juga RPP Seni Budaya Kelas 8 SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017
E. Metode Pembelajaran
• Pendekatan : Scientific Learning
• Model Pembelajaran : Discovery Learning
• Metode : Diskusi Kelompok, Tanya Jawab dan Penugasan
F. Media, Alat dan Bahan Pembelajaran
• Komputer/Laptop
• Worksheet atau lembar kerja (siswa)
• Perpustakaan sekolah
• Slide presentasi (ppt)
• Whiteboard
• Spidol
G. Sumber Belajar:
• Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku siswa Mata Pelajaran bahasa Jerman. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
• Internet
• Buku teks pelajaran yang relevan
H. Langkah-langkah Pembelajaran
- Kegiatan Pendahuluan
- Kegiatan Inti
- Kegiatan Penutup
Download juga RPP Prakarya dan Kewirausahaan Kelas 9 SMP/MTs Revisi 2018
I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian
a. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1) Tes Tertulis
a) Pilihan ganda
b) Uraian/esai
2) Tes Lisan
b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
- Mempelajari buku teks dan sumber lain tentang materi pokok
- Menyimak tayangan/demo tentang materi pokok
- Menyelesaikan tugas yang berkaitan dengan pengamatan dan eksplorasi
2) Portofolio / unjuk kerja
- Laporan tertulis individu/ kelompok
3) Produk,
2. Instrumen Penilaian
- Terlampir
3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a. Remedial
• Remedial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
• Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal), misalnya sebagai berikut.
- Meniru, berlatih secara mandiri maupun dengan bimbingan guru terkait dengan interaksi dalam menyapa, berpamitan, mengucapkan terimakasih, meminta maaf, meminta/ mengungkapkan pendapat, mengungkapkan permintaan/ permohonan (eine Bitte formulieren) dalam bentuk teks interaksi interpersonal serta meresponnya dengan orang-orang di sekelilingnya.
b. Pengayaan
• Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
• Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
• Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas misalnya
- Mengidentifikasi persamaan dan perbedaan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada tindakan menyapa, berpamitan, mengucapkan terimakasih, meminta maaf, meminta/ mengungkapkan pendapat, mengungkapkan permintaan/ permohonan (eine Bitte formulieren) dalam bentuk teks interaksi interpersonal serta meresponnya dalam konteks yang berbeda (dalam hal topik, moda, dan hubungan fungsional antar penutur)
……………, 16 Juli 2018
Mengetahui
Kepala SMA N/S Guru Mata Pelajaran
………………………… ……………………………
NIP/NRK. NIP/NRK.
Untuk bisa memiliki RPP Bahasa Jerman Kelas 10 SMA/MA Kurikulum 2013 Revisi 2017 silahkan download file nya dalam bentuk pdf di bawah ini