RPP Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas 8 SMP/MTs Revisi 2017
RPP Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas 8 SMP/MTs Revisi 2017 |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : SMPN/S
Mata Pelajaran : IPA
Kelas/Semester : VIII/Ganjil
Tahun Pelajaran : 2018/2019
Materi Pokok : Gerak Benda Dan Makhluk Hidup Di Lingkungan Sekitar
Alokasi Waktu : 23 JP (9 Pertemuan)
A. Kompetensi Inti
KI-3 Pengetahuan
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI-4 Keterampilan
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD)
3.1 Memahami gerak pada
makhluk hidup, sistem gerak pada manusia, dan
upaya menjaga kesehatan sistem gerak.
3.2 Menganalisis gerak lurus,
pengaruh gaya terhadap gerak berdasarkan hukum Newton, dan penerapannya pada gerak benda dan gerak makhluk hidup
C. Tujuan Pembelajaran:
Melalui kegiatan pembelajaran menggunakan model Discovery Learning dan pendekatan saintifik yang
dipadukan dengan metode diskusi kelompok, tanya jawab yang menuntun peserta didik untuk mengamati (membaca) permasalahan, menuliskan penyelesaian dan mempresentasikan hasilnya di depan kelas peserta didik diharaapkan mampu:
1. Mendeskripsikan struktur dan fungsi sistem gerak manusia.
2. Mengidentifikasi jenis sendi yang terdapat pada tubuh manusia.
3. Menjelaskan jenis gerak pada makhluk hidup berdasarkan penyebabnya
4. Menjelaskan sistem gerak pada manusia
5. Menjelaskan upaya menjaga kesehatan sistem gerak
6. Menyajikan hasil pengamatan, struktur dan fungsi ramgka, sendi, dan otot manusia
dengan rasa rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, santun, percaya diri danpantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan pro-aktif (kreatif), serta
mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik
D. Materi Pembelajaran
1. Fakta:
Tulang paha (femur) merupakan tulang terpanjang dalam tubuh manusia
Tangan memiliki 27 tulang, 29 sendi dan 123 ligamen untuk membuatnya bergerak.
Jumlah ruas tulang leher manusia sama dengan jerapah
2. Konsep
Otot adalah sebuah jaringan dalam tubuh manusia dan hewan yang berfungsi sebagai alat gerak aktif yang menggerakkan tulang
Sendi adalah struktur khusus pada tubuh yang berfungsi sebagai penggerak hubungan antartulang.
Jadi, sendi adalah daerah tempat dua tulangmenyatu
3. Prinsip
System gerak dalam tubuh terdiri dari persendian, otot dan tulang-tulang yang bergabung membentuk rangka dan memberikan betuk tubuh.
4. ProsedurSystem gerak berguna untuk mendukung tubuh manusia untuk bergerak. Sehingga manusia dapat melakukan aktivitas, seperti berjalan, berlari, menari dan lain-lain.
Satuan Pendidikan : SMPN/S
Mata Pelajaran : IPA
Kelas/Semester : VIII/Ganjil
Tahun Pelajaran : 2018/2019
Materi Pokok : Gerak Benda Dan Makhluk Hidup Di Lingkungan Sekitar
Alokasi Waktu : 23 JP (9 Pertemuan)
A. Kompetensi Inti
KI-3 Pengetahuan
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI-4 Keterampilan
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD)
3.1 Memahami gerak pada
makhluk hidup, sistem gerak pada manusia, dan
upaya menjaga kesehatan sistem gerak.
3.2 Menganalisis gerak lurus,
pengaruh gaya terhadap gerak berdasarkan hukum Newton, dan penerapannya pada gerak benda dan gerak makhluk hidup
C. Tujuan Pembelajaran:
Melalui kegiatan pembelajaran menggunakan model Discovery Learning dan pendekatan saintifik yang
dipadukan dengan metode diskusi kelompok, tanya jawab yang menuntun peserta didik untuk mengamati (membaca) permasalahan, menuliskan penyelesaian dan mempresentasikan hasilnya di depan kelas peserta didik diharaapkan mampu:
1. Mendeskripsikan struktur dan fungsi sistem gerak manusia.
2. Mengidentifikasi jenis sendi yang terdapat pada tubuh manusia.
3. Menjelaskan jenis gerak pada makhluk hidup berdasarkan penyebabnya
4. Menjelaskan sistem gerak pada manusia
5. Menjelaskan upaya menjaga kesehatan sistem gerak
6. Menyajikan hasil pengamatan, struktur dan fungsi ramgka, sendi, dan otot manusia
dengan rasa rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, santun, percaya diri danpantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan pro-aktif (kreatif), serta
mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik
D. Materi Pembelajaran
1. Fakta:
Tulang paha (femur) merupakan tulang terpanjang dalam tubuh manusia
Tangan memiliki 27 tulang, 29 sendi dan 123 ligamen untuk membuatnya bergerak.
Jumlah ruas tulang leher manusia sama dengan jerapah
2. Konsep
Otot adalah sebuah jaringan dalam tubuh manusia dan hewan yang berfungsi sebagai alat gerak aktif yang menggerakkan tulang
Sendi adalah struktur khusus pada tubuh yang berfungsi sebagai penggerak hubungan antartulang.
Jadi, sendi adalah daerah tempat dua tulangmenyatu
3. Prinsip
System gerak dalam tubuh terdiri dari persendian, otot dan tulang-tulang yang bergabung membentuk rangka dan memberikan betuk tubuh.
4. ProsedurSystem gerak berguna untuk mendukung tubuh manusia untuk bergerak. Sehingga manusia dapat melakukan aktivitas, seperti berjalan, berlari, menari dan lain-lain.
Baca juga
RPP Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas VII SMP/MTs Revisi 2017
RPP Bahasa Inggris Kelas VIII SMP/MTs Revisi 2017
RPP Seni Budaya (Seni Musik) Kelas VII SMP/MTs Revisi 2017
RPP Bahasa Inggris Kelas 9 SMP/MTs Revisi
E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific Learning
2. Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan) ‘
3. Metode Pembelajaran : ATM (Amati, Tiru dan Modifikasi) Ceramah, Diskusi, Penugasan
F. Media, Alat dan Bahan Pembelajaran
1. Worksheet atau lembar kerja (siswa)
2. Bahan Tayang ( Slide Power Point)
3. Laptop
4. Media LCD projector
G. Sumber Belajar
1. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Siswa Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam.
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
2. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Guru Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam.
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
3. Internet
4. Sumber lain yang relevan
H. Langkah-langkahPembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
Kegiatan Inti
Kegiatan Penutup
I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian
a. Sikap (Spiritual dan Sosial)
1. Observasi (jurnal)
2. Penilaian diri
3. Penilaian antarteman
b. Pengetahuan
1. Ter tertulis
c. Keterampilan
1. Kinerja
2. Proyek
3. portofolio
1. Pendekatan : Scientific Learning
2. Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan) ‘
3. Metode Pembelajaran : ATM (Amati, Tiru dan Modifikasi) Ceramah, Diskusi, Penugasan
F. Media, Alat dan Bahan Pembelajaran
1. Worksheet atau lembar kerja (siswa)
2. Bahan Tayang ( Slide Power Point)
3. Laptop
4. Media LCD projector
G. Sumber Belajar
1. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Siswa Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam.
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
2. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Guru Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam.
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
3. Internet
4. Sumber lain yang relevan
H. Langkah-langkahPembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
Kegiatan Inti
Kegiatan Penutup
I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian
a. Sikap (Spiritual dan Sosial)
1. Observasi (jurnal)
2. Penilaian diri
3. Penilaian antarteman
b. Pengetahuan
1. Ter tertulis
c. Keterampilan
1. Kinerja
2. Proyek
3. portofolio
2. Instrumen Penilaian
Terlampir
3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan a. Remedial
b. Pengayaan
Mengetahui
Kepala SMPN/S Guru Mata Pelajaran
............................... ....................
NIP/NRK. NIP/NRK.
Terlampir
3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan a. Remedial
- Remidial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada
- peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
- Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan
- Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian
- Ketuntasan Minimal), misalnya sebagai berikut :
- Struktur fungsi otot
b. Pengayaan
- Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran
- yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai
- Kompetensi Dasar.
- Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
- Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas misalnya :
- osteoporosis ?
........., 16 Juli 2018
Mengetahui
Kepala SMPN/S Guru Mata Pelajaran
............................... ....................
NIP/NRK. NIP/NRK.
Belum ada Komentar untuk "RPP Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas 8 SMP/MTs Revisi 2017"
Posting Komentar