RPP Bahasa Indonesia Peminatan Kelas 12 SMA Kurikulum 2013 Revisi 2017

https://rpprevisi2018.blogspot.com
RPP Bahasa Indonesia Peminatan Kelas 12 SMA Kurikulum 2013 Revisi 2017

RPP K13 Revisi 2018 - RPP Bahasa Indonesia Peminatan Kelas 12 SMA Kurikulum 2013 Revisi 2017 untuk tahun pelajaran 2018/2019 Terintegrasi dengan Literasi, Pendidikan Penguatan Karakter (PPK), 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) dan Higher Order of Thinking Skill (HOTS)

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran 
(RPP)

Satuan Pendidikan : SMA N/S
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia (P)
Kelas /Semester : XII /Ganjil
Materi Pokok : Kegiatan seminar dan atau diskusi panel tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora.
Tahun Pelajaran : 2018/2019
Alokasi Waktu : 20 JP ( 5 Pertemuan)


A. Kompetensi Inti
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)

Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah

KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan
Download juga RPP Bahasa Indonesia Peminatan Kelas 11 SMA Kurikulum 2013 Revisi 2017
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
KOMPETENSI DASAR (KD)

3.1 Merumuskan berbagai pendapat dalam kegiatan seminar dan atau diskusi panel tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
4.1 Mempresentasikan makalah rumusan berbagai pendapat tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam seminar dan atau diskusi panel

INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI (IPK)
3.1.1 Menjelaskan pengertian seminar
3.1.2 Menjelaskan prosedur menyelenggarakan seminar
3.1.3 Menjelaskan prosedur menyusun laporan hasil seminar
3.1.4 Menjelaskan pengertian diskusi panel
3.1.5 Menjelaskan menyusun laporan diskusi panel
3.1.6 Menjelaskan mengajukan pertanyaan dalam diskusi
3.1.7 Menjelaskan cara memberikan kritikan dan dukungan dalam diskusi
3.1.8 Menjelaskan prosedur menyampaikan gagasan dalam diskusi
3.1.9 Mengemukakan gagasan secara jelas dan mudah diikuti
3.1.10 Menganalisis permasalahan yang dibahas dalam seminar dan diskusi panel
3.1.11 Menganalisis informasi hasil seminar dan diskusi panel;
3.1.12 Menganalisis simpulan seminar dan diskusi panel; dan
3.1.13 Menganalisis notulen seminar dan diskusi panel
4.1.1 Mempresentasikan makalah rumusan berbagai pendapat tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam seminar dan atau diskusi panel
Download juga RPP Bahasa Indonesia Peminatan Kelas 10 SMA Kurikulum 2013 Revisi 2017
C. Tujuan Pembelajaran
Selama dan setelah mengikuti proses pembelajaran ini peserta didik diharapkan dapat:
• Merumuskan berbagai pendapat dalam kegiatan seminar dan atau diskusi panel tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
• Mempresentasikan makalah rumusan berbagai pendapat tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam seminar dan atau diskusi panel

D. Materi Pembelajaran
1. Fakta:
• Dalam menyelenggarakan seminar kelas, susunlah terlebih dahulu organisasi pelaksanaannya. Seorang yang lain ditugasi sebagai pembahas khusus dari makalah yang disajikan. Seorang ditugasi sebagai moderator. Guru sebagai narasumber dan satu atau dua orang bertugas sebagai notulis yang bertugas menyusun laporan
2. Konsep
• Merumuskan berbagai pendapat dalam kegiatan seminar dan atau diskusi panel tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
3. Prinsip
• Menganalisis informasi hasil seminar dan diskusi panel;
• Menganalisis simpulan seminar dan diskusi panel; dan
• Menganalisis notulen seminar dan diskusi panel
4. Prosedur
• Mempresentasikan makalah rumusan berbagai pendapat tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam seminar dan atau diskusi panel

E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific Learning
2. Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
3. Metode : Ceramah, Diskusi,Tanya Jawab, Penugasan
Download juga RPP Sejarah Indonesia Kelas 10 SMA Kurikulum 2013 Revisi 2017
F. Media, Alat dan Bahan Pembelajaran
1. Media LCD projector
2. Laptop / Komputer
3. Bahan Tayang ( Slide Power Point)
4. Whiteboard
5. Spidol
6. Penggaris

G. Sumber Belajar:
1. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Buku Guru Mata Bahasa Inggris (Peminatan)Kelas XII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
2. Internet
3. Buku teks pelajaran yang relevan

H. Langkah-langkah Pembelajaran
  • Kegiatan Pendahuluan
  • Kegiatan Inti
  • Kegiatan Penutup
Download juga RPP Sosiologi Kelas 10 SMA Kurikuum 2013 Revisi 2017
I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian

a. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1) Tes Tertulis
a) Pilihan ganda
b) Uraian/esai
2) Tes Lisan
b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
- Mempelajari buku teks dan sumber lain tentang materi pokok
- Menyimak tayangan/demo tentang materi pokok
- Menyelesaikan tugas yang berkaitan dengan pengamatan dan eksplorasi
2) Portofolio / unjuk kerja
- Laporan tertulis individu/ kelompok
3) Produk,
2. Instrumen Penilaian
- Terlampir

3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a. Remedial

Remedial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal),

b. Pengayaan
Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas
Download juga RPP Kimia Kelas 10 SMA/MA Kurikulum 2013 Revisi 2017
Untuk mendapatkan RPP Bahasa Indonesia Peminatan Kelas XI SMA Kurikulum 2013 Revisi 2017 untuk tahun pelajaran 2018/2019 Terintegrasi dengan Literasi, Pendidikan Penguatan Karakter (PPK), 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) dan Higher Order of Thinking Skill (HOTS) silahkan download filenya di bawah ini

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel