RPP Agama Katolik 1 Lembar Kelas IX SMP


Nama Sekolah : Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Bogor
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Katolik Dan Budi Pekerti 
Kelas / Semester : IX / Ganjil
Alokasi Waktu : 3 X 40 Menit
Materi Pokok : Orang Beriman Menanggapi Karya Keselamatan Allah
Sub Materi : Allah adalah Sumber Keselamatan yang Sejati
Pertemuan Ke : 1
Tahun Pelajaran : 2022/2023

1. Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model Discovery Learning dan pendekatan saintifik, peserta didik diharapkan Menjelaskan bahwa manusia membutuhkan Allah, Merumuskan pandangan tentang sumber-sumber keselamatan yang ada dalam masyarakat, Menerangkan bahwa Allah sumber keselamatan sejati, Menceritakan pengalaman dikasihi Allah, Menjelaskan salah satu cara Allah menyelamatkan manusia dalam Kitab Suci (Kej 1-2) dan Mengimani bahwa Yesus adalah tanda Kasih Allah paling agung dengan rasa rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan proaktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik

2. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran:
a. Kegiatan Pendahuluan
  • Guru menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran
  • Guru memberi motivasi belajar peserta didik secara kontekstual sesuai manfaat dan aplikasi materi ajar dalam kehidupan sehari-hari
  • Guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari
  • Guru menjelaskan tujuan pembelajaran
  • Guru menyampaikan karakter dan penilaian yang akan dilaksanakan
b. Kegiatan inti (sintaks model pembelajaran)
Orientasi Peserta didik pada masalah (Kegiatan Literasi)
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada materi yang akan di pelajari dengan cara Mengamati lembar kerja, Foto/Video, pemberian contoh-contoh materi/soal untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb yang berhubungan dengan Allah adalah Sumber Keselamatan yang Sejati

Mengorganisasi peserta didik (Critical Thinking (Berpikir Kritik)
Guru memfasilitasi peserta didik untuk memahami masalah yang disajikan yaitu mengidentifikasi apa yang mereka ketahui, apa yang mereka perlu ketahui, dan apa yang perlu dilakukan untuk menyelesaikan masalah terkait materi Allah adalah Sumber Keselamatan yang Sejati

Membimbing penyelidikan individu/ kelompok (Collaboration)
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan Diskusi dan saling tukar informasi terkait Allah adalah Sumber Keselamatan yang Sejati

Mengembangkan dan menyajikan hasil karya (Communication)
Menyampaikan dan Mempresentasikan hasil diskusi kelompok tentang Allah adalah Sumber Keselamatan yang Sejati

Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah (Creativity)
Peserta didik menganalisa dan menyimpulkan masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran yang telah dilakukan tentang Allah adalah Sumber Keselamatan yang Sejati

c. Kegiatan penutup
1. Peserta didik, dengan bimbingan guru, membuat kesimpulan.
2. Guru melakukan refleksi hasil proses belajar yang telah dilaksanakan..
3. Guru memberikan apresiasi kepada seluruh peserta didik yang telah bekerjasama dengan baik dalam kelompok.
4. Guru memberikan evaluasi untuk mengukur ketuntasan PBM.
5. Guru menginformasikan kegiatan yang akan dilaksanakan pada pertemuan berikutnya.

3. Penilaian (Terlampir)
a. Sikap : Jurnal dan lembar observasi
b. Keterampilan : Lisan
c. Pengetahuan : Tes Tulis

Download contoh RPP Agama Katolik 1 Lembar Kelas IX SMP di bawah ini, Berminat dengan perangkat pembelajaran lengkapnya silahkan klik DISINI.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel