RPP Matematika Kelas 8 SMP / MTs Revisi 2017

http://rpprevisi2018.blogspot.com/
RPP Matematika Kelas 8 SMP / MTs Revisi 2017

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan : SMPN/S
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : VIII/Ganjil
Tahun Pelajaran : 2018/2019
Alokasi Waktu : 10 JP (4 Pertemuan)


A. Kompetensi Inti (KI):
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)

Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata

KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang / teori

B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD)

3.1 Membuatgeneralisasi dari pola pada barisan bilangandan barisan konfigurasiobjek
4.1 Membuatgeneralisasi dari pola pada barisan bilangandan barisan konfigurasiobjek

Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.1.1 Mengidentifikasi pola bilangan ganjil, genap, segitiga, persegi, persegi panjang, dan segitiga pascal
3.1.2 Mengidentifikasi aturan pada susunan bilangan
3.1.3 Mengidentifikasi pengertian barisan aritmetika dan geometri
3.1.4 Mengidentifikasi jumlah n pertama suku barisan aritmetika dan geometri
3.1.5 Mengidentifikasi pengertian deret aritmetika dan geometri
3.1.6 Mengidentifikasi jumlah n suku pertama deret aritmetika dan geometri
4.1.1 Menentukan aturan suatu pola bilangan
4.1.2 Menentukan suku ke n barisan aritmetika dan geometri
4.1.3 Menghitung jumlah n suku pertama barisan aritmetika dan geometri
4.1.4 Menghitung jumlah n suku pertama deret aritmetika dan geometri
4.1.5 Menerapkan aturan pola bilangan, barisan dan deret dalam menyelesaikan berbagai permasalahan nyata

Baca juga

RPP Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas 8 SMP/MTs Revisi 2017
RPP Bahasa Inggris Kelas 7 SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017
RPP Seni Budaya (Seni Musik) Kelas VII SMP/MTs Revisi 2017
RPP Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas VII SMP/MTs Revisi 2017


C. Tujuan Pembelajaran
1. Pertemuan Pertama
Setelah mengikutiserangkaian kegiatan pembelajaran pesertadidik dapat:
• Memahami Pola Bilangan
• Menjelaskan Pengertian Pola Bilangan
• Mengetahui Pola Bilangan pada Segitiga Pascal

2. Pertemuan Kedua
Setelah mengikutiserangkaian kegiatan pembelajaran pesertadidik dapat:
• Memahami Barisan Bilangan
• Memahami Deret Bilangan
• Menjelaskan barisan dan deret bilangan

3. Pertemuan Ketiga
Setelah mengikutiserangkaian kegiatan pembelajaran pesertadidik dapat:
• Memahami Barisan Aritmetika
• Memahami Deret Aritmetika
• Menjelaskan barisan dan deret aritmatika

4. Pertemuan Keempat
Setelah mengikutiserangkaian kegiatan pembelajaran pesertadidik dapat:
• Memahami Barisan Geometri
• Memahami Deret Geometri
• Menjelaskan barisan dan deret geometri


D. Materi Pembelajaran Reguler
Pola Bilangan
• Pola bilangan
• Pola konfigurasi objek

E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific Learning
2. Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
3. Metode Pembelajaran : Ceramah, Diskusi, Tanya jawab, Penugasan

F. Media, Alat dan Bahan Pembelajaran
1. Media LCD projector,
2. Laptop,
3. Bahan Tayang (Slide Power point)
4. Whiteboard
5. Penggaris
6. Spidol

G. Sumber Belajar:
1. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Siswa Mata Pelajaran Matematika. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
2. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Guru Mata Pelajaran Matematika. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
3. Modul/bahan ajar,
4. Internet,
5. Sumber lain yang relevan

H. Langkah-langkah Pembelajaran
  • Kegiatan Pendahuluan
  • Kegiatan Inti
  • Kegiatan Penutup

I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian

a. Sikap (Spiritual dan Sosial)
1. Observasi (jurnal)
2. Penilaian diri
3. Penilaian antarteman
b. Pengetahuan
1. Ter tertulis
c. Keterampilan
1. Kinerja

2. Instrumen Penilaian
Terlampir
3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a. Remedial

  • Remidial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
  • Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal).
b. Pengayaan
  • Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
  • Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
  • Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas

……………, 16 Juli 2018

Mengetahui
Kepala SMPN/S                            Guru Mata Pelajaran

…………………………              ………………………….
NIP/NRK.                                     NIP/NRK.

Belum ada Komentar untuk "RPP Matematika Kelas 8 SMP / MTs Revisi 2017"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel