RPP Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti Kelas 12 SMA Kurikulum 2013 Revisi 2017

https://rpprevisi2018.blogspot.com/
RPP Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti Kelas 12 SMA Kurikulum 2013 Revisi 2017

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan : SMA N/S
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti
Kelas /Semester : XII/Ganjil
Materi Pokok : Arti Demokrasi dan HAM serta mengenali berbagai bentuk pelanggaran  - Demokrasi dan HAM yang merusak kehidupan dan kesejahteraan manusia
Tahun Pelajaran : 2018/2019
Alokasi Waktu : 27JP ( 9 Pertemuan)


A. Kompetensi Inti:
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, bertanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 : Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah kongkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan

Download juga RPP Bahasa Jerman Kelas 10 SMA/MA Kurikulum 2013 Revisi 2017

B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD)

1.1 Menerima demokrasi dan HAM sebagai anugerah Allah
2.1 Mengembangkan perilaku yang mencerminkan nilai-nilai demokrasi dan HAM
3.1 Memahami arti demokrasi dan HAM serta mengenali berbagai bentuk pelanggaran demokrasi dan HAM yang merusak kehidupan dan kesejahteraan manusia
4.1 Membuat karya yang berkaitan dengan menerapkan sikap dan perilaku yang menghargai demokrasi dan HAM

Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
1.1.1 Menerima demokrasi dan HAM sebagai anugerah Allah
2.1.1 Memiliki perilaku yang mencerminkan nilai-nilai demokrasi dan HAM
3.1.1 Mendeskripsikan pengertian demokrasi
3.1.2 Mendeskripsikan bentuk-bentuk demokrasi
3.1.3 Mendeskripsikan demokrasi menurut iman kristen
3.1.4 Menjelaskan cara mewujudkan HAM di Indonesia
3.1.5 Menjelaskan pengertian HAM.
3.1.6 Membandingkan praktik HAM di Indonesia pada era 1980-1990 dengan era tahun 2000-an.
3.1.7 Menjelaskan cara mewujudkan HAM sebagai remaja Kristen.
3.1.8 Menjelaskan cara mewujudkan hak asasi manusia di Indonesia.
3.1.9 Menjelaskan tugas dan tanggung jawab remaja Kristen dalam mewujudkan hak asasi manusia
3.1.10 Menganalisis kasus pelanggaran terhadap hak asasi manusia serta memberikan penilaian kritis sebagai remaja Kristen berdasarkan pemahaman terhadap teks Alkitab.
3.1.11 Menjelaskan hak asasi manusia dalam kaitannya dengan konsep manusia sebagai makhluk mulia ciptaan Allah yang bermartabat.
3.1.12 Menganalisis kasus pelanggaran terhadap hak asasi manusia serta mem- berikan penilaian kritis atasnya sebagai remaja Kristen.
3.1.13 Menjelaskan arti pelayanan Yesus dalam kaitannya dengan kebebasan manusia.
4.1.1 Menulis refleksi mengenai mewujudkan HAM yang diikuti dengan kewa- jiban asasi sebagai orang Kristen kemudian mempresentasikan di kelas
4.1.2 Membuat karya sebagai wujud kepedulian terhadap HAM.
4.1.3 Melakukan kegiatan sebagai bukti peduli HAM.
4.1.4 Melakukan kegiatan di gereja masing- masing yang berkaitan dengan peran gereja dalam hak asasi manusia.

Download juga RPP Geografi Kelas 12 SMA/MA Kurikulum 2013 Revisi 2017

C. Tujuan Pembelajaran
Selama dan setelah mengikuti proses pembelajaran ini peserta didik diharapkan dapat:Memahami tugas dan tanggung jawab remaja Kristen dalam mewujudkan hak asasi manusia,Memahami pengertian HAM berdasarkan Alkitab,Memahami sifat-sifat HAM,Menuliskan butir-butir HAM yang disepakati oleh dan untuk anggota PBB,Memahami HAM dalam perspektif iman Kristen,Memahami pengertian kedaulatan Allah yang universal,Memahami pengertian Citra Allah Pada Diri Manusia “Imago Dei,”Memahami pengertian demokrasi,Memahami bentuk-bentuk demokrasi,Memahami demokrasi menurut iman Kristen,Memahami pengertian pelanggaran HAM,Memahami jenis-jenis pelanggaran HAM,Memahami pelanggaran HAM yang terjadi di Indonesia.Dengan rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan proaktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik.
D. Materi Pembelajaran
1. Fakta:
• Kesaksian Alkitab tentang Manusia
• Kota Perlindungan Dalam Kitab Perjanjian Lama
• Hak Asasi Manusia dalam Perspektif Alkitab
2. Konsep
• Menjelaskan pengertian demokrasi
• Menjelaskan bentuk-bentuk demokrasi
• Menjelaskan demokrasi menurut iman kristen
• Menjelaskan cara mewujudkan HAM di Indonesia
• Menjelaskan pengertian HAM.
• Menjelaskan praktik HAM di Indonesia pada era 1980-1990 dengan era tahun 2000-an.
• Menjelaskan cara mewujudkan HAM sebagai remaja Kristen.
• Menjelaskan cara mewujudkan hak asasi manusia di Indonesia.
• Menjelaskan tugas dan tanggung jawab remaja Kristen dalam mewujudkan hak asasi manusia
3. Prinsip
• Menganalisis kasus pelanggaran terhadap hak asasi manusia serta memberikan penilaian kritis sebagai remaja Kristen berdasarkan pemahaman terhadap teks Alkitab
4. Prosedur
• Membuat karya sebagai wujud kepedulian terhadap HAM.
• Melakukan kegiatan sebagai bukti peduli HAM.
• Melakukan kegiatan di gereja masing- masing yang berkaitan dengan peran gereja dalam hak asasi manusia.

Download juga RPP Sosiologi Kelas 12 SMA/MA Kurikulum 2013 Revisi 2017

E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific Learning
2. Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
3. Metode : Ceramah, Diskusi kelompok, Tanya Jawab,Penugasan

F. Media ,Alat dan Bahan Pembelajaran
1. Slide presentasi (ppt)
2. Worksheet atau lembar kerja (siswa)
3. Penggaris, spidol, papan tulis
4. Laptop & infocus
5. Perpustakaan sekolah

G. Sumber Belajar
1. Alkitab
2. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.Buku Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti kelas XII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
3. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.Buku Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti kelas XII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
4. Buku referensi yang relevan

H. Langkah-langkah Pembelajaran
  • Kegiatan Pendahuluan
  • Kegiatan Inti
  • Kegiatan Penutup

Download juga RPP Kimia Kelas 12 SMA/MA Kurikulum 2013 Revisi 2017

I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian

a. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1) Tes Tertulis
a) Pilihan ganda
b) Uraian/esai
2) Tes Lisan
b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
- Mempelajari buku teks dan sumber lain tentang materi pokok
- Menyimak tayangan/demo tentang materi pokok
- Menyelesaikan tugas yang berkaitan dengan pengamatan dan eksplorasi
2) Portofolio / unjuk kerja
- Laporan tertulis individu/ kelompok
3) Produk,
2. Instrumen Penilaian (Terlampir)

3. PembelajaranRemedial dan Pengayaan
a. Remedial

• Remedial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
• Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal), misalnya sebagai berikut.
- Menganalisis berbagai pelanggaran HAM di Indonesia yang merusak kehidupan dan kesejahteraan manusia.
b. Pengayaan
• Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
• Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
• Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas misalnya
- Cari dari berbagai sumber beberapa tokoh ini dan pengabdian mereka dalam membela hak-hak asasi manusia yaitu: Dr. Yap Thiam Hien, Pdt. Rinaldy Damanik dari Poso, Sulawesi Tengah, Ibu Yosepha Alomang atau Mama Yosepha dari Papua, Ibu Ade Sitompul dari Jakarta, Pdt. Solagratia Lummy, Dr. Mokhtar Pakpahan.

Untuk mendapatkan RPP Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti Kelas 12 SMA Kurikulum 2013 Revisi 2017 silahkan download filenya di bawah ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel