RPP Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (PJOK) Kelas 8 SMP Revisi 2017

https://rpprevisi2018.blogspot.com/
RPP PJOK Kelas 8 SMP Revisi 2017
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Satuan Pendidikan : SMP...
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester : VIII / Ganjil
Tahun Pelajaran : 2018/2019
Materi Pokok : Aktivitas Permainan Bola Besar Melalui Permainan Bola Voli
Alokasi Waktu : 6 Minggu x 3 Jam Pelajaran @40 Menit

A. Kompetensi Inti
KI1 dan KI2: Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya serta Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan kawasan regional.
KI3: Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI4: Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.

B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar

3.1 Memahami variasi gerak spesifik dalam berbagai permainan bola besar sederhana dan atau tradisional
4.1 Mempraktikkan variasi gerak spesifik dalam berbagai permainan bola besar sederhana dan atau tradisional

Indikator
3.1.1. Mengidentifikasikan berbagai variasi gerak spesifik permainan bola voli.
3.1.2. Menjelaskan variasi gerak spesifik dalam permainan bola voli.
3.1.3. Menjelaskan cara melakukan gerakan passing dan servis, smes dan block.
4.1.1. Melakukan variasi gerak spesifik passing dan servis, smes dan block dalam permainan bola voli.

Download RPP Seni Budaya (Seni Teater) Kelas 7 SMP/MTs Revisi 2017

C. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
• Mengidentifikasikan berbagai variasi gerak spesifik permainan bola voli.
• Menjelaskan variasi gerak spesifik dalam permainan bola voli.
• Menjelaskan cara melakukan gerakan passing dan servis, smes dan block.
• Melakukan variasi gerak spesifik passing dan servis, smes dan block dalam permainan bola voli.

D. Materi Pembelajaran
Bolavoli:
• Variasi passing bawah
• Variasi passing atas
• Variasi servis bawah
• Variasi servis atas
• Variasi smes/spike
• Variasi block/ bendungan

E. Metode Pembelajaran
Metode yang digunakan dalam pembelajaran pemainan bola voli antara lain.
• Cakupan (Inclusive).
• Demonstrasi.
• Bagian dan keseluruhan (Part and Whole).
• Timbal-balik (Resiprokal).
• Jigshaw.
• Periksa sendiri (selfcheck).
• Penugasan.
• Project Based Learning.
• Problem-Based Learning.
• Pendekatan Scientific.

Download RPP Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (PJOK) Kelas 7 SMP/MTS Revisi 2017

F. Media, Alat dan Bahan Pembelajaran
1. Media:

a. Gambar gerak spesifik passing bawah dan servis bawah bola permainan bola voli.
b. Video pembelajaran gerak spesifik passing bawah dan servis bawah bola permainan bola voli.
c. Model peserta didik atau guru yang memperagakan gerak spesifik passing bawah dan servis bawah bola permainan bola voli.
2. Alat dan Bahan:
a. Lapangan permainan bola voli atau lapangan sejenisnya (lapangan bola basket, halaman sekolah, atau lapangan terbuka).
b. Bola voli atau bola sejenisnya (bola terbuat dari plastik, karet, dll).
c. Jaring /net bola voli atau sejenisnya (tali plastik).
d. Peluit dan Stopwatch.
e. Panduan Pembelajaran Siswa (Judul: Panduan Pembelajaran Siswa oleh MGMP PJOK SMP/M.Ts).

G. Sumber Belajar
  • Buku guru dan buku Siswa Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan kelas VIII kurikulum 2013
  • internet
  • lingkungan sekitar
  • sumber lain yang relevan

Download RPP PPKn (Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan) Kelas 9 SMP/MTs Revisi 2017

H. Langkah-langkah Pembelajaran
  • Kegiatan Pendahuluan
  • Kegiatan Inti
  • Kegiatan Penutup

I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian

a. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1) Tes Tertulis
a) Pilihan ganda
b) Uraian/esai
2) Tes Lisan
b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
Mempelajari buku teks dan sumber lain tentang materi pokok
Menyimak tayangan/demo tentang materi pokok
Menyelesaikan tugas yang berkaitan dengan pengamatan dan eksplorasi
2) Portofolio / unjuk kerja
Laporan tertulis individu/ kelompok
3) Produk,
2. Instrumen Penilaian
Terlampir


3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a. Remedial

  • Remedial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
  • Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal).
b. Pengayaan
  • Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
  • Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
  • Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas.

Download RPP Bahasa Indonesia Kelas 7 SMP / MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 

……………, 16 Juli 2018

Mengetahui
Kepala SMPN/S                               Guru Mata Pelajaran

……………………………             ………………………………….
NIP/NRK.                                        NIP/NRK

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel