RPP Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas 7 SMP/MTs Revisi 2017
RPP Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas 7 SMP/MTs Revisi 2017 |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : SMPN 4 Surabaya
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Tema : Manusia, Tempat dan Lingkungan
Sub Tema : Pengertian Ruang dan Interaksi Antarruang
Kelas/Semester : VII/Ganjil
Tahun Pelajaran : 2018/2019
Alokasi Waktu : 4 JP (2 Pertemuan)
A. Kompetensi Inti
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang / teori
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
KOMPETENSI DASAR (KD)
3.1 Memahami konsep ruang (lokasi, distribusi, potensi, iklim, bentuk muka bumi, geologis, flora dan fauna) dan interaksi antarruang di Indonesia serta pengaruhnya terhadap kehidupan manusia dalam aspek ekonomi, sosial, budaya dan pendidikan.
4.1 Menyajikan hasil telaah konsep ruang konsep ruang (lokasi, distribusi, potensi, iklim, bentuk muka bumi, geologis, flora dan fauna) dan interaksi antarruang di Indonesia serta pengaruhnya terhadap kehidupan manusia dalam aspek ekonomi, sosial, budaya dan pendidikan.
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI (IPK)
3.1.1 Menjelaskan pengertian konsep ruang dan interaksi antar ruang
3.1.2 Menunjukkan lokasi Indonesia pada peta untuk memahami letak dan luas melalui peta
3.1.3 Menjelaskan persebaran sumber daya alam dan kemaritiman di Indonesia.
3.1.4 Menjelaskan jumlah, kepadatan, dan persebaran penduduk Indonesia.
3.1.5 Menjelaskan kondisi geologis dan bentuk muka bumi
3.1.6 Menemukan ciri flora dan fauna Asiatis, peralihan, dan Australis
3.1.7 Menjelaskan pengaruh interaksi antar ruang terhadap kehidupan dalam aspek ekonomi, sosial, budaya, dan pendidikan.
4.1.1 Menggambar peta persebaran fauna di Indonesia
4.1.2 Mempresentasikan hasil diskusi tentang bentuk muka bumi Indonesia.
4.1.3 Membuat laporan hasil telaah pengaruh kondisi geologis terhadap kehidupan manusia dalam aspek ekonomi, sosial dan budaya.
4.1.4 Membuat laporan hasil observasi jumlah penduduk di daerahnya masing-masing
Baca Juga
RPP Seni Budaya (Seni Musik) Kelas VII SMP/MTs Revisi 2017RPP Bahasa Inggris Kelas 9 SMP/MTs Revisi 2018
RPP Bahasa Inggris Kelas VIII SMP/MTs Revisi 2017
RPP Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas VIII SMP/MTs Revisi 2017
D. Materi Pembelajaran
1. Materi pembelajaran regular
a. Fakta
• Indonesia terletak antara 950 BT – 1410 BT dan 60 LU - 110 LS. Karena letaknya tersebut, Indonesia termasuk ke dalam wilayah tropis. Wilayah tropis dibatasi oleh lintang 23,50 LU dan 23,50 LS.
b. Konsep
• Kondisi geografis Indonesia (letak dan luas, iklim, geologi, rupa bumi, tata air, tanah, flora dan fauna) melalui peta rupa bumi
• Potensi Sumber Daya Alam (jenis sumber daya, penyebaran di darat dan laut)
c. Prinsip
• Sumber Daya Manusia
- jumlah, sebaran, dan komposisi;
- pertumbuhan;
- kualitas (pendidikan, kesehatan, kesejahteraan
- keragaman etnik (aspek-aspek budaya Interaksi antarruang (distribusi potensi wilayah Indonesia)
• Dampak interaksi antarruang (perdagangan, mobilitas penduduk)
d. Prosedur
• Menggambarpetapersebaran fauna di Indonesia
• Mempresentasikanhasil diskusi tentang bentuk mukabumi Indonesia.
• Membuat laporanhasil telaah pengaruh kondisi geologis terhadap kehidupan manusia dalam pekekonomi, social dan budaya.
• Membuat laporan hasil observasi jumlah penduduk di daerahnya masing-masing
2. Materi pembelajaran remedial
Dinamika Kependudukan Indonesia
Kondisi Alam Indonesia
3. Materi pembelajaran pengayaan
Membuat data statistic penduduk yang ada di lingkungan kalian yang mencakup Nama, usia, jenis kelamin, dan jenis pekerjaan?
Buatlah perbandingan antara Potensi Sumber Daya Alam dan Kemaritiman Indonesia dengan yang ada di dunia ? Potensi sumber daya alam apakah yang mendominasi di Indonesia ?
E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific Learning
2. Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
3. Metode Pembelajaran : Ceramah, Diskusi, Tanya jawab,Penugasan
F. Media, Alat dan Bahan Pembelajaran
1. Media LCD projector
2. Laptop
3. Bahan Tayang ( Slide Power Point)
4. Whiteboard
5. Spidol
6. Penggaris
G. Sumber Belajar
1. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Siswa Mata Pelajaran IPS. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
2. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Guru Mata Pelajaran IPS. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
3. Modul/bahan ajar,
4. Internet,
5. Sumber lain yang relevan
H. Langkah-langkahPembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
Kegiatan Inti
Kegiatan Penutup
I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian
a. Sikap (Spiritual dan Sosial)
1. Observasi (jurnal)
2. Penilaian diri
3. Penilaian antarteman
b. Pengetahuan
1. Ter tertulis
c. Keterampilan
1. Kinerja
2. Instrumen Penilaian
Terlampir
Dinamika Kependudukan Indonesia
Kondisi Alam Indonesia
3. Materi pembelajaran pengayaan
Membuat data statistic penduduk yang ada di lingkungan kalian yang mencakup Nama, usia, jenis kelamin, dan jenis pekerjaan?
Buatlah perbandingan antara Potensi Sumber Daya Alam dan Kemaritiman Indonesia dengan yang ada di dunia ? Potensi sumber daya alam apakah yang mendominasi di Indonesia ?
E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific Learning
2. Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
3. Metode Pembelajaran : Ceramah, Diskusi, Tanya jawab,Penugasan
F. Media, Alat dan Bahan Pembelajaran
1. Media LCD projector
2. Laptop
3. Bahan Tayang ( Slide Power Point)
4. Whiteboard
5. Spidol
6. Penggaris
G. Sumber Belajar
1. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Siswa Mata Pelajaran IPS. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
2. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Guru Mata Pelajaran IPS. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
3. Modul/bahan ajar,
4. Internet,
5. Sumber lain yang relevan
H. Langkah-langkahPembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
Kegiatan Inti
Kegiatan Penutup
I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian
a. Sikap (Spiritual dan Sosial)
1. Observasi (jurnal)
2. Penilaian diri
3. Penilaian antarteman
b. Pengetahuan
1. Ter tertulis
c. Keterampilan
1. Kinerja
2. Instrumen Penilaian
Terlampir
3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a. Remedial
- Remidial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
- Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal).
- Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
- Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
- Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas
……………, 16 Juli 2018
Mengetahui
Kepala SMPN/S Guru Mata Pelajaran
………………………… ……………………………….
NIP/NRK. NIP/NRK.
Belum ada Komentar untuk "RPP Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas 7 SMP/MTs Revisi 2017"
Posting Komentar