RPP Otomatisasi Tata Kelola Sarana dan Prasarana Kelas 11 SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017

http://rpprevisi2018.blogspot.com
RPP Otomatisasi Tata Kelola Sarana Prasarana Kelas 11 SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017
RPP K13 Revisi 2017 - RPP Otomatisasi Tata Kelola Sarana Prasarana Kelas 11 SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen Program Keahlian Manajemen Perkantoran Kompetensi Keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran (C3) untuk tahun pelajaran 2018/2019 Terintegrasi dengan Literasi, Pendidikan Penguatan Karakter (PPK), 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) dan Higher Order of Thinking Skill (HOTS)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan : SMK N/S
Program Keahlian : Manajemen Perkantoran
Kompetensi Keahlian : Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran
Mata Pelajaran : Otomatisasi Tata Kelola Sarana dan Prasarana
Kelas/Semester : XI/Ganjil
Tahun Pelajaran : 2018/2019
Alokasi Waktu : 12 JP (2 Pertemuan)

A. Kompetensi Inti

KI-3 (Pengetahuan) : Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional,regional, dan internasional
KI-4 (Keterampilan) : Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung
Download juga RPP Administrasi Umum Kelas 10 SMK K13 Revisi 2017  
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD)

3.1 memahami ruang lingkup administrasi sarana prasarana kantor
4.1 Melakukan klasifikasiregulasi sarana prasarana kantor
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.1.1 menjelaskan pengertian administrasi sarana dan prasarana
3.1.2 menguraikan ruang lingkup administrasi sarana dan prasarana
3.1.3 Mengemukakan tujuan administrasi sarana dan prasarana
3.1.4 Mengemukakan fungsi administrasi sarana dan prasarana
4.1.1 Melakukan identifikasi ruang lingkup administrasi sarana dan prasarana
4.1.2 Mengelompokkan ruang lingkup administrasi sarana dan prasarana

C. Tujuan Pembelajaran
Melalui proses mencari informasi, menanya, berdiskusi dan presentasi peserta didik di harapkan dapat menjelaskan pengertian administrasi sarana dan prasarana, menguraikan ruang lingkup administrasi sarana dan prasarana, Mengemukakan tujuan administrasi sarana dan prasarana, Mengemukakan fungsi administrasi sarana dan prasarana, serta mampu Melakukan identifikasi ruang lingkup administrasi sarana dan prasarana, Mengelompokkan ruang lingkup administrasi sarana dan prasarana dengan penuh rasa rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan proaktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik

D. Materi Pembelajaran
Administrasi sarana dan prasarana
• pengertian administrasi sarana dan prasarana
• ruang lingkup admnistrasi sarana dan prasarana
• tujuan administreasi sarana dan prasarana
• fungsi admnistrasi sarana dan prasarana
E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific Learning
2. Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
3. Metode : Diskusi,Tanya Jawab, Praktek, Penugasan
Download juga RPP Produk Kreatif dan Kewirausahaan Kelas 11 SMK K13 Revisi 2017
F. Media, Alat, Bahan dan Sumber Pembelajaran
1. Media LCD projector
2. Laptop
3. Bahan Tayang (Slide Power Point)
4. Whiteboard
5. Spidol
6. Penggaris

G. Sumber Belajar
1. Bahan Ajar Otomatisasi Tata Kelola Sarana dan Prasarana Kurikulum 2013
2. Internet
3. Sumber lain yang relevan

H. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
Kegiatan Inti
Kegiatan Penutup

I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian

a. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1) Tes Tertulis
a) Pilihan ganda
b) Uraian/esai
2) Tes Lisan
b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
2) Portofolio / unjuk kerja
3) Produk,
2. Instrumen Penilaian
• Terlampir
Download juga RPP Dasar Listrik dan Elektronika Kelas 10 SMK K13 Revisi 2017
3. PembelajaranRemedial dan Pengayaan
a. Remedial
• Remedial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
• Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal)
b. Pengayaan
• Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
• Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
• Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas.
Download juga RPP Komunikasi Bisnis Kelas 10 SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017
Untuk mendapatkan RPP Otomatisasi Tata Kelola Sarana Prasarana Kelas 11 SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen Program Keahlian Manajemen Perkantoran Kompetensi Keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran (C3) untuk tahun pelajaran 2018/2019 Terintegrasi dengan Literasi, Pendidikan Penguatan Karakter (PPK), 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) dan Higher Order of Thinking Skill (HOTS) Silahkan unduh filenya di bawah ini. Atau bisa dengan mengunjungi Halaman Disini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel