RPP Dasar Listrik dan Elektronika Kelas 10 SMK K13 Revisi 2017

https://rpprevisi2018.blogspot.com
RPP Dasar Listrik dan Elektronika Kelas 10 SMK K13 Revisi 2017
RPP Dasar Listrik dan Elektronika Kelas 10 SMK K13 Revisi 2017 Bidang Keahlian Teknologi dan Rekayasa Program Keahlian Teknik Elektronika Kompetensi Keahlian Teknik Audio Video (C2) Jam Pelajaran 180 JP (@ 45 Menit)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan : SMK N/S
Mata Pelajaran : Dasar Listrik Dan Elektronik
Bidang Keahlian : Teknologi Rekayasa
Kelas / Semester : X/Ganjil
Tahun Pelajaran : 2018/2019
Alokasi Waktu : 10 JP ( 2 Pertemuan)


A. Kompetensi Inti
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)

Memahami, menerapkan,menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Dasar-dasar Teknik Elektronika pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
Download juga RPP Farmakologi Kelas XI SMK K13 Revisi 2017
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Dasar-dasar Teknik Elektronika. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD)

3.1. Memahami besaran dari “SI units” pada kelistrikan
4.1 Mengukur peralatan kelistrikan dengan besaran dari “SI units” pada kelistrikan

Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.1.1 Memaparkan system satuan
3.1.2 Menjelaskan besaran listrik
3.1.3 Menjelaskan satuan listrik
4.1.1 Menyajikan besaran-besaran listrik
4.1.2 Menyajikan satuan-satuan listrik
Download juga RPP Administrasi Transaksi Kelas XI SMK K13 Revisi 2017
C. Tujuan Pembelajaran
Melalui proses mencari informasi, menanya, berdiskusi dan presentasi peserta didik di harapkan dapat Memaparkan system satuan, Menjelaskan besaran listrik, Menjelaskan satuan listrik serta mampu Menyajikan besaran-besaran listrik dan Menyajikan satuan-satuan listrik penuh rasa rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan proaktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik

D. Materi Pembelajaran
• Sistem satuan
• Satuan dasar
• Besaran listrik
• Satuan listrik

E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific Learning
2. Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
3. Metode : Diskusi,Tanya Jawab, Praktek, Penugasan
Download juga RPP Komunikasi Bisnis Kelas X SMK K13 Revisi 2017
F. Media, Alat dan Bahan Pembelajaran
1. Media LCD projector
2. Laptop
3. Bahan Tayang ( Slide Power Point)
4. Whiteboard
5. Spidol
6. Penggaris

G. Sumber Belajar
1. Bahan Ajar Dasar Listrik Dan Elektronika Kurikulum 2013
2. Internet
3. Sumber lain yang relevan
4. Lembar kerja

H. Langkah-langkah Pembelajaran
  • Kegiatan Pendahuluan
  • Kegiatan Inti
  • Kegiatan Penutup
I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian

a. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1) Tes Tertulis
a) Pilihan ganda
b) Uraian/esai
2) Tes Lisan
b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
2) Portofolio / unjuk kerja
3) Produk,
2. Instrumen Penilaian
• Terlampir

Download juga RPP Estimasi Biaya Konstruksi Kelas XI SMK K13 Revisi 2017
3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a. Remedial

• Remidial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
• Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal).
b. Pengayaan
• Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
• Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
• Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas
Download juga RPP Konstruksi Jalan dan Jembatan Kelas XI SMK K13 Revisi 2017
Untuk mendapatkan RPP Dasar Listrik dan Elektronika Kelas 10 SMK K13 Revisi 2017 Bidang Keahlian Teknologi dan Rekayasa Program Keahlian Teknik Elektronika Kompetensi Keahlian Teknik Audio Video (C2) silahkan download filenya di bawah ini. Atau bisa juga dengan mengunjungi halaman disini

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel