RPP Prakarya dan Kewirausahaan (Kerajianan) Kelas 8 SMP/MTs Revisi 2017
RPP Prakarya dan Kewirausahaan (Kerajianan) Kelas 8 SMP/MTs Revisi 2017 |
Satuan Pendidikan : SMPN/S
Mata Pelajaran : Prakarya Aspek Kerajinan
Kelas/Semester : VIII/Ganjil
Materi Pokok : Jenis, Sifat, Karakter Dan Teknik Pengolahan Bahan Lunak
Tahun Pelajaran : 2018/2019
Alokasi Waktu : 8 JP (4Pertemuan)
A. Kompetensi Inti
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasaingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalamranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) danranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumberlain yang sama dalam sudut pandang / teori
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD)
3.1 Memahami pengetahuan tentang jenis, sifat, karakter dan teknik pengolahan bahan lunak (tanah liat, getah, lilin, clay polimer, clay tepung, plastisin, parafin, gips dan lain-lain)
4.1 Memilih jenis bahan dan teknik pengolahan bahan lunak yang sesuai dengan potensi daerah setempat (misal: tanah liat, getah, lilin, clay polimer, clay tepung, plastisin, parafin, gips dan lain-lain)
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.1.1 Menjelaskan jenis bahan lunak
3.1.2 Mendeskripsikan sifat bahan lunak
3.1.3 Mendeskripsikan karakter bahan lunak
3.1.4 Menjelaskan teknik pengelolaan bahan lunak
4.1.1 Memilih bahan lunak
4.1.2 Menentukan teknik pengolahan bahan lunak
4.1.3 Menyajikan hasil dan menentukan teknik pengolahan bahan lunak
Download juga RPP Matematika Kelas 9 SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017
C. Tujuan Pembelajaran
Dengan kegiatan diskusi kelompok dalam pembelajaran Jenis, Sifat, Karakter Dan Teknik Pengolahan Bahan Lunak ini diharapkan siswa terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran dan bertanggungjawab dalam menyampaikan pendapat, menjawab pertanyaan, memberi saran dan kritik, serta mampu:
• Menjelaskan jenis bahan lunak
• Mendeskripsikan sifat bahan lunak
• Mendeskripsikan karakter bahan lunak
• Menjelaskan teknik pengelolaan bahan lunak
• Memilih bahan lunak
• Menentukan teknik pengolahan bahan lunak
• Menyajikan hasil dan menentukan teknik pengolahan bahan lunak
Dengan rasa rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan proaktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik
D. Materi Pembelajaran
1. Fakta:
tanah liat,
getah,
lilin,
clay polimer,
clay tepung,
plastisin,
parafin,
gips dan lain-lain
2. Konsep
Bahan lunak, yaitu bahan yang memiliki sifat fisik empuk/lunak sehingga sangat mudah dibentuk. Contoh yang sering dpakai sebagai bahan dalam pembuatan produk kerajinan tangan adalah tanah liat, getah, lilin, clay polimer, clay tepung, plastisin, parafin, gips dan lain-lain
3. Prinsip
Tanah liat memiliki karakteristik:
• Sulit menyerap air sehingga lahan yang berupa tanah liat primer tidak cocok untuk dijadikan sebagai lahan pertanian.
• Tekstur tanahnya cenderung lengket bila dalam keadaan basah dan kuat menyatu antara butiran tanah yang satu dengan lainnya.
• Dalam keadaan kering, butiran tanahnya terpecah-pecah secara halus.
• Merupakan bahan baku pembuatan tembikar dan kerajinan tangan lainnya yang dalam pembuatannya harus dibakar dengan suhu diatas 1.000oC.
4. Prosedur
Teknik pengolahan bahan lunak
tanah liat membentuk dengan teknik coil, membentuk dengan teknik putar dan membentuk dengan teknik cetak
lilin membentuk dengan teknik cetak dan ukir
bubur kertas membentuk dengan teknik coil dan membentuk dengan teknik cetak
Download juga RPP Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (PJOK) Kelas 9 SMP/MTs Revisi 2017
E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific Learning
2. Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
3. Metode Pembelajaran : ATM (Amati, Tiru, Modifikasi) Ceramah, Diskusi/Tanya jawab, Penugasan
F. Media, Alat dan Bahan Pembelajaran
1. LKS
2. White board
3. Spidol
4. Media LCD projector,
5. Laptop,
6. Bahan Tayang ( Slide power point)
G. Sumber Belajar
1. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Buku Siswa Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan Kelas VIII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
2. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.Buku Guru Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan Kelas VIII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
3. Internet
4. Sumber lain yang relevan
Download juga RPP Seni Budaya (Seni Rupa) Kelas 7 SMP/MTs Revisi 2017
H. Langkah-langkah Pembelajaran
I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian
a. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1) Tes Tertulis
a) Pilihan ganda
b) Uraian/esai
2) Tes Lisan
b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
Mempelajari buku teks dan sumber lain tentang materi pokok
Menyimak tayangan/demo tentang materi pokok
Menyelesaikan tugas yang berkaitan dengan pengamatan dan eksplorasi
2) Portofolio / unjuk kerja Laporan tertulis individu/ kelompok
3) Produk,
2. Instrumen Penilaian
Terlampir
3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a. Remedial
Mengetahui
Kepala SMPN/S Guru Mata Pelajaran
…………………………… ………………………….
NIP/NRK. NIP/NRK.
Kelas/Semester : VIII/Ganjil
Materi Pokok : Jenis, Sifat, Karakter Dan Teknik Pengolahan Bahan Lunak
Tahun Pelajaran : 2018/2019
Alokasi Waktu : 8 JP (4Pertemuan)
A. Kompetensi Inti
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasaingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalamranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) danranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumberlain yang sama dalam sudut pandang / teori
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD)
3.1 Memahami pengetahuan tentang jenis, sifat, karakter dan teknik pengolahan bahan lunak (tanah liat, getah, lilin, clay polimer, clay tepung, plastisin, parafin, gips dan lain-lain)
4.1 Memilih jenis bahan dan teknik pengolahan bahan lunak yang sesuai dengan potensi daerah setempat (misal: tanah liat, getah, lilin, clay polimer, clay tepung, plastisin, parafin, gips dan lain-lain)
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.1.1 Menjelaskan jenis bahan lunak
3.1.2 Mendeskripsikan sifat bahan lunak
3.1.3 Mendeskripsikan karakter bahan lunak
3.1.4 Menjelaskan teknik pengelolaan bahan lunak
4.1.1 Memilih bahan lunak
4.1.2 Menentukan teknik pengolahan bahan lunak
4.1.3 Menyajikan hasil dan menentukan teknik pengolahan bahan lunak
Download juga RPP Matematika Kelas 9 SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017
C. Tujuan Pembelajaran
Dengan kegiatan diskusi kelompok dalam pembelajaran Jenis, Sifat, Karakter Dan Teknik Pengolahan Bahan Lunak ini diharapkan siswa terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran dan bertanggungjawab dalam menyampaikan pendapat, menjawab pertanyaan, memberi saran dan kritik, serta mampu:
• Menjelaskan jenis bahan lunak
• Mendeskripsikan sifat bahan lunak
• Mendeskripsikan karakter bahan lunak
• Menjelaskan teknik pengelolaan bahan lunak
• Memilih bahan lunak
• Menentukan teknik pengolahan bahan lunak
• Menyajikan hasil dan menentukan teknik pengolahan bahan lunak
Dengan rasa rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan proaktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik
D. Materi Pembelajaran
1. Fakta:
tanah liat,
getah,
lilin,
clay polimer,
clay tepung,
plastisin,
parafin,
gips dan lain-lain
2. Konsep
Bahan lunak, yaitu bahan yang memiliki sifat fisik empuk/lunak sehingga sangat mudah dibentuk. Contoh yang sering dpakai sebagai bahan dalam pembuatan produk kerajinan tangan adalah tanah liat, getah, lilin, clay polimer, clay tepung, plastisin, parafin, gips dan lain-lain
3. Prinsip
Tanah liat memiliki karakteristik:
• Sulit menyerap air sehingga lahan yang berupa tanah liat primer tidak cocok untuk dijadikan sebagai lahan pertanian.
• Tekstur tanahnya cenderung lengket bila dalam keadaan basah dan kuat menyatu antara butiran tanah yang satu dengan lainnya.
• Dalam keadaan kering, butiran tanahnya terpecah-pecah secara halus.
• Merupakan bahan baku pembuatan tembikar dan kerajinan tangan lainnya yang dalam pembuatannya harus dibakar dengan suhu diatas 1.000oC.
4. Prosedur
Teknik pengolahan bahan lunak
tanah liat membentuk dengan teknik coil, membentuk dengan teknik putar dan membentuk dengan teknik cetak
lilin membentuk dengan teknik cetak dan ukir
bubur kertas membentuk dengan teknik coil dan membentuk dengan teknik cetak
Download juga RPP Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (PJOK) Kelas 9 SMP/MTs Revisi 2017
E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific Learning
2. Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
3. Metode Pembelajaran : ATM (Amati, Tiru, Modifikasi) Ceramah, Diskusi/Tanya jawab, Penugasan
F. Media, Alat dan Bahan Pembelajaran
1. LKS
2. White board
3. Spidol
4. Media LCD projector,
5. Laptop,
6. Bahan Tayang ( Slide power point)
G. Sumber Belajar
1. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Buku Siswa Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan Kelas VIII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
2. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.Buku Guru Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan Kelas VIII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
3. Internet
4. Sumber lain yang relevan
Download juga RPP Seni Budaya (Seni Rupa) Kelas 7 SMP/MTs Revisi 2017
H. Langkah-langkah Pembelajaran
- Kegiatan Pendahuluan
- Kegiatan Inti
- Kegiatan Penutup
I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian
a. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1) Tes Tertulis
a) Pilihan ganda
b) Uraian/esai
2) Tes Lisan
b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
Mempelajari buku teks dan sumber lain tentang materi pokok
Menyimak tayangan/demo tentang materi pokok
Menyelesaikan tugas yang berkaitan dengan pengamatan dan eksplorasi
2) Portofolio / unjuk kerja Laporan tertulis individu/ kelompok
3) Produk,
2. Instrumen Penilaian
Terlampir
3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a. Remedial
- Remedial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
- Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal).
- Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
- Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
- Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas.
……………, 16 Juli 2018
Mengetahui
Kepala SMPN/S Guru Mata Pelajaran
…………………………… ………………………….
NIP/NRK. NIP/NRK.
Baca juga
RPP Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas 7 SMP/MTs Revisi 2017
RPP Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas 8 SMP/MTs Revisi 2017
RPP Bahasa Inggris Kelas VIII SMP/MTs Revisi 2017
RPP Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas 8 SMP/MTs Revisi 2017
RPP Bahasa Inggris Kelas VIII SMP/MTs Revisi 2017