RPP Farmakologi Kelas XI SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2017
RPP Farmakologi Kelas XI SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2017 |
RPP Farmakologi Kelas XI SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2017 Bidang Keahlian Kesehatan dan Pekerjaan Sosial Program Keahlian Farmasi Kompetensi Keahlian Farmasi Klinis dan Komunitas (C3) Jam Pelajaran : 280 JP (@ 45 menit)
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Satuan Pendidikan : SMK N/S
Mata Pelajaran : Farmakologi
Bidang Keahlian : Kesehatan dan Pekerjaan Sosial
Kelas / Semester : XI/Ganjil
Tahun Pelajaran : 2018/2019
Alokasi Waktu : 24 JP ( 6 Pertemuan)
A. Kompetensi Inti
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasitentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup Farmasi Klinis dan Komunitas pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang Farmasi Klinis dan Komunitas
Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung
Download juga RPP Administrasi Transaksi Kelas XI SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2017
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD)
3.1 Memahami Anatomi Fisiologi Tubuh Manusia
4.1 Melakukan Pemeriksaan Anatomi sisiologi tubuh manusia
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.1.1 Menjelaskan Stuktur Anatomi tubuh manusia
3.1.2 Menjelaskan Fisiologi tubuh manusia
3.1.3 Menyebutkan Fungsi organ tubuh manusia
3.1.4 Mengidentifikasi Bagian-bagian anatomi
3.1.5 Mendeskripsikan Hubungan anatomi dengan sisitem tubuh manusia
3.1.6 Mendeskripsikan gambar bentuk anatomi
4.1.1 Melaksanakan Pemeriksaan
C. Tujuan Pembelajaran
Melalui proses mencari informasi, menanya, berdiskusi dan presentasi peserta didik di harapkan dapat Menjelaskan Stuktur Anatomi tubuh manusia, Menjelaskan Fisiologi tubuh manusia, Menyebutkan Fungsi organ tubuh manusia, Mengidentifikasi Bagian-bagian anatomi, Mendeskripsikan Hubungan anatomi dengan sisitem tubuh manusia, Mendeskripsikan gambar bentuk anatomi, Serta Mampu Melaksanakan Pemeriksaan dengan penuh rasa rasa ingin tahu, tangung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan proaktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik
Download juga RPP Komunikasi Bisnis Kelas 10 SMK/MAK Revisi 2017
D. Materi Pembelajaran
Anatomi Tubuh Manusia
Anatomi berasal dari bahasa Yunani kuno yakni dari kata ‘ana’ dan ‘tome‘. ‘Ana‘ memiliki arti mengurai, sedangkan ‘tome‘ mengandung arti memotong. Jadi, secara harfiah anatomi (anatome) bisa diartikan membedah. Secara ilmiah, anatomi memiliki definisi ilmu yang mempelajari tentang struktur tubuh manusia.
Fisiologi tubuh manusia
Fisiologi manusia adalah ilmu mekanis, fisik, dan biokimia fungsi manusia yang sehat, organ-organ mereka, dan sel-sel yang mereka tersusun. Tingkat utama fokus dari fisiologi adalah pada tingkat organ dan sistem[1]. Sebagian besar aspek fisiologi manusia homolog erat dengan aspek-aspek terkait fisiologi hewan, dan hewan percobaan telah memberikan banyak dari dasar pengetahuan fisiologis. Anatomi dan fisiologi berhubungan erat dengan bidang studi: anatomi, studi tentang bentuk, dan fisiologi, mempelajari fungsi, secara intrinsik terikat dan dipelajari bersama-sama sebagai bagian dari kurikulum medis[
Fungsi organ tubuh manusia
Bagian-bagian anatomi
Hubungan anatomi dengan sistem tubuh manusia
gambar bentuk anatomi
Download juga RPP Ekonomi Bisnis Kelas 10 SMK/MAK Revisi 2017
E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific Learning
2. Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
3. Metode : Diskusi,Tanya Jawab, Praktek, Penugasan
F. Media, Alat, Bahan dan Sumber Pembelajaran
1. Media LCD projector
2. Laptop
3. Bahan Tayang ( Slide Power Point)
4. Whiteboard
5. Spidol
6. Penggaris
G. Sumber Belajar
1. Bahan ajar Gambar Teknik Otomotif
2. Bahan Ajar yang relevan
3. Film/Gambar
4. internet
5. Brosur/liflet
6. Lembar kerja
7. Litelatur lainnya
Download juga RPP Estimasi Biaya Konstruksi Kelas 11 SMK/MAK Revisi 2017
H. Langkah-langkah Pembelajaran
- Kegiatan Pendahuluan
- Kegiatan Inti
- Kegiatan Penutup
I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian
a. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1) Tes Tertulis
a) Pilihan ganda
b) Uraian/esai
2) Tes Lisan
b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
2) Portofolio / unjuk kerja
3) Produk,
2. Instrumen Penilaian
• Terlampir
Download juga RPP Konstruksi Jalan Dan Jembatan Kelas 11 SMK Revisi 2017
3. PembelajaranRemedial dan Pengayaan
a. Remedial
• Remidial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
• Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal).
b. Pengayaan
• Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
• Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
• Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas
……………, 16 Juli 2018
Mengetahui
Kepala SMK N/S Guru Mata Pelajaran
……………………… ………………………….
NIP/NRK. NIP/NRK.
Untuk mendapatkan RPP Farmakologi Kelas XI SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2017 versi pdfnya silahkan download filenya di bawah ini