RPP Bahasa Sunda Kelas 9 SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017

https://rpprevisi2018.blogspot.com
RPP Bahasa Sunda Kelas 9 SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Satuan Pendidikan : SMP
Mata Pelajaran : Bahasa Sunda
Kelas/Semester : IX /satu
Tahun Pelajaran : 2018/2019
Materi Pokok : Teks Memandu Acara
Alokasi Waktu : 4 x pertemuan (8 JP)

A. Kompetensi Inti
KI 3 Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI 4 Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

B. Kompetensi Dasar dan Indikator PencapaianKompetensi
Kompetensi Dasar

9.3.1 Mengidentifikasi dan menganalisis teks memandu acara sesuai dengan kaidah-kaidahnya.
9.4.1 Menyusun, menyajikan, dan menanggapi memandu acara sesuai dengan kaidah- kaidahnya secara lisan dan tulisan.

Indikator Pencapaian Kompetensi
9.3.1.1 Memahami struktur isi teks memandu acara
9.3.1.2 Mengidentifikasi kaidah- kaidah teks memandu acara
9.3.1.3 Mengidentifikasi ciri- ciri bahasa dalam teks memanduacara
9.4.1.1 Memahami langkah- langkah menyusun teks memandu acara
9.4.1.2 Mendeskripsikan teks memandu acara secara tertulis
9.4.1.3 Menyajikanteks memandu acara secara lisan
9.4.1.4 Menginterpretasi teks memandu acara

Download juga RPP Seni Budaya Kelas 8 SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017

C. Tujuan Pembelajaran
Pertemuan1
Setelah membaca dari berbagai sumber, mengamati pemodelan/ tayangan video dan berdiskusi:
1. Peserta didik dapat menunjukkan perilaku beriman sebagai insan yg berbudaya dan menjunjung tinggi tata karma Sunda
2. Peserta didik dapat menunjukkan perilaku bertakwa sebagai pengamalan insan yang santun dan berbudi pekerti
3. Peserta didik dapat menunjukkan perilaku bersyukur atas nikmat sebagai manusia yang berbudaya dan bertatakrama
4. Peserta didik dapat menunjukkan perilaku peduli terhadap teman dalam pembelajaran
5. Peserta didik dapat menunjukkan perilaku tanggung jawab dalam pembelajaran
6. Peserta didik dapat menunjukkan perilaku disiplin dalam pembelajaran
7. Peserta didik dapat menjelaskan struktur teks memandu acara
8. Peserta didik dapat menjelaskan kaidah-kaidah yang benar dalam memandu acara
9. Peserta didik dapat menjelaskan ciri-ciri bahasa dalam teks memandu acara
10. Peserta didik dapat menjelaskan langkah-langkah menyusun teks memanduacara
Pertemuan2
Setelah membaca dari berbagai sumber, mengamati tayangan video dan berdiskusi:
1. Peserta didik dapat menunjukkan perilaku beriman sebagai insan yg berbudaya dan menjunjung tinggi tata karma Sunda
2. Peserta didik dapat menunjukkan perilaku bertakwa sebagai pengamalan insan yang santun dan berbudipekerti
3. Peserta didik dapat menunjukkan perilaku bersyukur atas nikmat sebagai manusia yang berbudaya dan bertatakrama
4. Peserta didik dapat menunjukkan perilaku peduli terhadap teman dalam pembelajaran
5. Peserta didik dapat menunjukkan perilaku tanggung jawab dalam pembelajaran
6. Peserta didik dapat menunjukkan perilaku disiplin dalam pembelajaran
7. Peserta didik dapat menjelaskan langkah-langkah menyusun teks memandu acara
8. Peserta didik dapat mendemonstrasikan/memperagakan teks memandu acara
9. Peserta didik dapat memberikan tanggapan terhadap hasil penampilan teks memandu acara

Download juga RPP Matematika Kelas 9 SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017

D. Materi Pembelajaran
Pertemuan1
Penyusunan teks memandu acara
1. Pengertian memandu acara
2. Struktur teks memandu acara
3. Kaidah-kaidah menyusun teks memandu acara
4. Ciri-ciri ragam bahasa dalam menyusun teks memandu acara
Pertemuan2
Peragaan teks memandua cara
1. Langkah-langkah menyusun teks memanduacara
2. Cara-cara memandu acara yangbaik
3. Tatakrama dan etika dalam memanduacara

E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : PembelajaranSaintifik
2. Metode : Kooperatif learning,discovery
3. Teknik : Ceramah, diskusi, tanyajawab, penugasan,

F. Sumber Belajar
1. Buku Teks Basa Sunda Disdik Provinsi Jawa Barat 2013
2. Internet/youtube
3. Buku referensi lain
4. Alam sekitar siswa

G. Media Pembelajaran
1. Media
• Gambar/ foto-foto kegiatan memanduacara
• Video tayangan kegiatan memanduacara
2. Alat dan bahan
• Naskah teks memandu acara
• LCD
• Infocus
• Laptop/komputer

Download juga RPP Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (PJOK) Kelas 7 SMP/MTS Revisi 2017

H. Langkah-langkah Kegiatan

1. Pendahuluan (15 menit)
2. Kegiatan inti (60 menit)
3. Penutup (5menit)

I. Penilaian

1. Jenis/teknikpenilaian
a. Kompetensi Sikap:
Observasi
b. Kompetensi Pengetahuan:
Tes Lisan
c. Kompetensi Keterampilan:
Unjuk Kerja

..................., 16 Juli 2018
Mengetahui:
Kepala SMP......................,                 Guru Mata Pelajaran Bahasa dan Sastra Sunda,


............................                                ..................................
NIP                                                      NIP

Download juga
RPP PPKn (Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan) Kelas 9 SMP/MTs Revisi 2017
RPP Bahasa Indonesia Kelas 9 SMP/MTs Revisi 2017
RPP Matematika Kelas 7 SMP / MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017
RPP Matematika Kelas 8 SMP / MTs Revisi 2017
RPP Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas 7 SMP/MTs Revisi 2017
RPP Bahasa Inggris Kelas 7 SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel