RPP Matematika Kelas 11 SMA Kurikulum 2013 Revisi 2017

http://rpprevisi2018.blogspot.com
RPP Matematika Kelas 11 SMA Kurikulum 2013 Revisi 2017

RPP K13 Revisi 2018 - RPP Matematika Kelas 11 SMA Kurikulum 2013 Revisi 2017 untuk Tahun Pelajaran 2018/2019 Terintegrasi dengan Literasi, Pendidikan Penguatan Karakter (PPK), 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) dan Higher Order of Thinking Skill (HOTS)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan : SMA N/S
Mata Pelajaran : Matematika Wajib
Kelas /Semester : XI/Ganjil
Tahun Pelajaran : 2018/2019
Materi Pokok : Induksi Matematika
Alokasi Waktu : 12 JP (3 Pertemuan)

A. Kompetensi Inti

KI 3: Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)berdasarkan rasaingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampakmata
KI 4: Mencoba, mengolah, dan menyaji dalamranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) danranah abstrak(menulis, membaca, menghitung,menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajaridi sekolah dan sumberlain yangsama dalamsudut pandang/teori
Download juga RPP Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN) Kelas 11 SMA K13 Revisi 2017
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD)

3.1 Menjelaskan metode pembuktian pernyataan matematis berupa barisan, ketidaksamaan, keterbagian dengan induksi matematika.
4.1 Menggunakan metode pembuktian induksi matematika untuk menguji pernyataan matematis berupa barisan, ketidaksamaan, keterbagian

Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.1.1 Merancang formula untuk suatu pola barisan bilangan.
3.1.2 Menjelaskan prinsip induksi matematika.
3.1.3 Membuktikan formula suatu barisan bilangan dengan prinsip induksi matematika.
3.1.4 Membuktikan formula keterbagian bilangan dengan prinsip induksi matematika.
3.1.5 Membuktikan formula bentuk ketidaksamaan bilangan dengan prinsip induksi matematika..
4.1.1 Menerapkan prinsip induksi matematika untuk membuktikan kebenaran formula suatu barisan bilangan.
4.1.2 Menerapkan prinsip induksi matematika untuk menyelidiki kebenaran suatu formula.
4.1.3 Menerapkan prinsip induksi matematika untuk membuktikan keterbagian bilangan.
4.1.4 Menerapkan prinsip induksi matematika untuk membuktikan ketidaksamaan bilangan.
Download juga RPP Ekonomi Kelas 10 SMA K13 Revisi 2017
C. Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari konsep induksi matematika melalui pengamatan, menalar, tanya jawab, mencoba menyelesaikan persoalan, penugasan individu dan kelompok,diskusi kelompok, dan mengkomunikasikan pendapatnya, siswa mampu:
1. Melatih siswa menumbuhkan sikap perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif,berani bertanya, berpendapat, dan menghargai pendapat orang lain dalam aktivitas sehari-hari.
2. Menunjukkan rasa ingin tahu dalam memahami konsep dan menyelesaikan masalah.
3. Menjelaskan prinsip induksi matematika.
4. Menjelaskan langkah-langkah pembuktian suatu formula dengan prinsip induksi matematika.
5. Merancang formula dari suatu pola barisan bilangan.
6. Membuktikan kebenaran formula suatu barisan bilangan dengan prinsip induksi matematika.
7. Membuktikan kebenaran keterbagian pola bilangan.
8. Membuktikan kebenaran ketidaksamaan pola bilangan.
9. Menyelidiki kebenaran formula suatu pola bilangan.
Download juga RPP Bahasa Inggris Peminatan Kelas 11 SMA K13 Revisi 2017
D. Materi Pembelajaran
• Induksi Matematika
• Prinsip Induksi Matematika
• Bentuk-Bentuk Penerapan Induksi Matematika
- Penerapan Induksi Matematika pada Barisan Bilangan
- Penerapan Induksi Matematika pada Keterbagian
- Penerapan Induksi Matematika pada Ketidaksamaan (Ketaksamaan)

E. MetodePembelajaran
1. Pendekatan : Scientific Learning
2. Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
3. Metode Pembelajaran : Ceramah, Diskusi/Tanya jawab, Penugasan

F. Media, Alat dan Bahan Pembelajaran
1. LKS
2. White board
3. Spidol
4. Media LCD projector,
5. Laptop,
6. Bahan Tayang ( Slide power point)
Download juga RPP Bahasa Indonesia Peminatan Kelas 11 SMA K13 Revisi 2017
G. Sumber Belajar:
1. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Buku Siswa Mata Pelajaran Matematika kelas XI. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
2. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Buku Guru Mata Pelajaran Matematika kelas XI. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
3. Internet
4. Sumber lain yang relevan

H. Langkah-langkah Pembelajaran
  • Kegiatan Pendahuluan
  • Kegiatan Inti
  • Kegiatan Penutup
I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian

a. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1) Tes Tertulis
a) Pilihan ganda
b) Uraian/esai
2) Tes Lisan
b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
• Mempelajari buku teks dan sumber lain tentang materi pokok
• Menyimak tayangan/demo tentang materi pokok
• Menyelesaikan tugas yang berkaitan dengan pengamatan dan eksplorasi
2) Portofolio / unjuk kerja
• Laporan tertulis individu/ kelompok
3) Produk
Download juga RPP Kimia Kelas 11 SMA K13 Revisi 2017
2. Instrumen Penilaian
• Terlampir

3. PembelajaranRemedial dan Pengayaan
a. Remedial

  • Remedial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
  • Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal), misalnya sebagai berikut.
  1. Bentuk pembelajaran remedial tergantung pada jumlah peserta didik yang mengalami kegagalan mencapai kompetensi dasar yang ditetapkan.Beberapa alternatif bentuk pelaksanaan pembelajaran remedial di sekolah.
  2. Jika jumlah peserta didik yang mengikuti remedial lebih dari 50%, maka tindakan yang dilakukan adalah pemberian pembelajaran ulang dengan model dan strategi pembelajaran yang lebih inovatif berbasis pada berbagai kesulitan belajar yang dialami peserta didik yang berdampak pada peningkatan kemampuan untuk mencapai kompetensi dasar tertentu.
  3. Jika jumlah peserta didik yang mengikuti remedial lebih dari 20% tetapi kurang dari 50%, maka tindakan yang dilakukan adalah pemberian tugas terstruktur baik secara berkelompok dan tugas mandiri. Tugas yang diberikan berbasis pada berbagai kesulitan belajar yang dialami peserta didik yang berdampak pada peningkatan kemampuan untuk mencapai kompetensi dasar tertentu.
  4. Jika jumlah peserta didik yang mengikuti remedial maksimal 20%, maka tindakan yang dilakukan adalah pemberian bimbingan secara khusus, misalnya bimbingan perorangan oleh guru dan tutor sebaya.
Download juga RPP Sosiologi Kelas 11 SMA K13 Revisi 2017
b. Pengayaan
  • Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
  • Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
  • Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas.
Bentuk pembelajaran pengayaan adalah pemberian asesmen portofolio tambahan yang memuat asesmen masalah autentik, proyek, keterampilan proses, check up diri, dan asesmen kerja sama kelompok. Sebelum asesmen ini dikembangkan, terlebih dahulu dilakukan identifikasi kemampuan belajar berdasarkan jenis serta tingkat kelebihan belajar peserta didik. Misalnya, belajar lebih cepat, menyimpan informasi lebih mudah, keingintahuan lebih tinggi, berpikir mandiri, superior dan berpikir abstrak, dan memiliki banyak minat. Pembelajaran pengayaan dapat dilaksanakan melalui belajar kelompok, belajar mandiri, bimbingan khusus dari guru dan para ahli (mentor).
Materi pembahasan pada pembelajaran pengayaan bertumpu pada pengembang- an kompetensi dasar kelompok wajib tertera pada kurikulum 2013, termasuk pengembangan kompetensi dasar kelompok peminatan. Materi pembahasan dituangkan dalam asesmen masalah autentik, proyek, keterampilan proses, check up diri,dan asesmen kerja sama kelompok. Keterampilan yang dibangun melalui materi matematika yang dipelajari adalah kemampuan berpikir tingkat tinggi (berpikir kreatif dan kritis) serta kemampuan adaptif terhadap perubahan, penggunaan teknologi dan membangun kerjasama antar siswa dan orang lain yang lebih memahami masalah yang diajukan dalam asesmen.

Download juga RPP Geografi Kelas 11 SMA K13 Revisi 2017
Untuk mendapatkan RPP Matematika Kelas 11 SMA Kurikulum 2013 Revisi 2017 untuk Tahun Pelajaran 2018/2019 yang sudah Terintegrasi dengan Literasi, Pendidikan Penguatan Karakter (PPK), 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) dan Higher Order of Thinking Skill (HOTS) silahkan download filenya di bawah ini, Atu bisa juga dengan berkunjung ke halaman disini

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel