RPP Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas 9 SMP/MTs Revisi 2017

https://rpprevisi2018.blogspot.com
Add captionRPP Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas 9 SMP/MTs Revisi 2017

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan : SMPN/S
Mata Pelajaran : IPA
Kelas /Semester : IX / Ganjil
Tahun Pelajaran : 2018/2019
Materi : Sistem Reproduksi Manusia
Alokasi Waktu : 15 JP (6 Pertemuan)


A. Kompetensi Inti
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)

Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasaingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata

KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalamranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) danranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumberlain yang sama dalam sudut pandang / teori

B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.1 Menghubungkan sistem reproduksi pada manusia dan gangguan pada sistem reproduksi, serta penerapan pola hidup yang menunjang kesehatan reproduksi
3.1.1 Menjelaskan fase-fase pembelahan mitosis dan meiosis
3.1.2 Menjelaskan ciri setiap fase pembelahan mitosis dan meiosis
3.1.3 Menyebutkan karakter atau sifat sel anakan hasil pembelahan mitosis dan meiosis
3.1.4 Mengidentifikasi organ-organ penyusun sistem reproduksi pada laki-laki dan perempuan
3.1.5 Menyebutkan fungsi organ-organ penyusun sistem reproduksi pada laki-laki dan perempuan
3.1.6 Mengidentifikasi Proses Pembentukan sperma (spermatogenesis) dan proses pembentukan sel telur (oogenesis)
3.1.7 Menjelaskan proses fertilisasi dan kehamilan
3.1.8 Menjelaskan proses perkembangan janin selama dalam kandungan
3.1.9 Menjelaskan fungsi cairan ketuban bagi janin
3.1.10 Menjelaskan gaya dorong dan gaya gesek yang tejadi pada proses melahirkan
3.1.11 Menjelaskan berbagai macam penyakit pada sistem reproduksi manusia
3.1.12 Menjelaskan upaya pencegahan penyakit pada sistem reproduksi manusia

4.1 Menyajikan hasil penelusuran informasi dari berbagai sumber terkait kesehatan dan upaya pencegahan gangguan pada organ reproduksi
3.1.1 Menerapkan konsep pembelahan meiosis pada proses spermatogenesis dan oogenesis
3.1.2 Memaparkan siklus menstruasi yang terjadi pada dinding rahim
3.1.3 Membuat grafik level hormon dalam siklus menstruasi
3.1.4 Menyajikan laporan hasil studi tentang penyakit pada sistem reproduksi
3.1.5 Membuat poster tentang upaya pencegahan dan penularan penyakit seksual.

Baca juga

RPP Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas VII SMP/MTs Revisi 2017
RPP Bahasa Inggris Kelas VIII SMP/MTs Revisi 2017
RPP Seni Budaya (Seni Musik) Kelas VII SMP/MTs Revisi 2017
RPP Bahasa Inggris Kelas 9 SMP/MTs Revisi


C. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikutiserangkaian kegiatan pembelajaran pesertadidik dapat:
Memahami arti pembelahan sel
Mendeskripsikan fase-fase pembelahan mitosis
Menyebutkan dan menjelaskan setiap fase pembelahan mitosis
Memahami arti pembelahan meiosis
Mendeskripsikan fase-fase pembelahan meiosis
Menyebutkan dan menjelaskan setiap fase pembelahan meiosis
Memahami struktur organ reproduksi laki-laki
Memahami setiap fungsi organ reproduksi laki-laki
Memahamispermatogensis
Memahami struktur organ reproduksi perempuan
Memahami setiap fungsi organ reproduksi perempuan
Memahamioogenesis
Menjelaskan siklus menstruasi
Memahami terjadinya menstruasi
Memahami arti fertilisasi dan kehamilan
Mendeskripsikan fase-fase kehamilan
Mengetahui penyakit pada sistem reproduksi manusia
Mendemonstrasikan upaya pencegahan penyakit pada sistem reproduksi manusia
Dengan penuh rasa rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan proaktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik

D. Materi Pembelajaran Reguler
1. Pembelahan Sel
2. Struktur dan Fungsi Sistem Reproduksi pada Manusia
3. Penyakit pada sistem reproduksi manusia dan upaya pencegahannya

E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific Learning
2. Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
3. Metode Pembelajaran : Ceramah, Diskusi dan Penugasan

F. Media, alat dan bahan Pembelajaran
1. Media LCD projector,
2. Laptop,
3. Bahan Tayang
4. Whiteboard
5. Spidol

G. Sumber Belajar
1. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Siswa Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
2. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Guru Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
3. Modul/bahan ajar,
4. Internet,
5. Sumber lain yang relevan

H. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
Kegiatan Inti
Kegiatan Penutup

I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian
a. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1) Tes Tertulis
a) Pilihan ganda
b) Uraian/esai
2) Tes Lisan
b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
Mempelajari buku teks dan sumber lain tentang materi pokok
Menyimak tayangan/demo tentang materi pokok
Menyelesaikan tugas yang berkaitan dengan pengamatan dan eksplorasi
2) Portofolio / unjuk kerja
Laporan tertulis individu/ kelompok
3) Produk,
2. Instrumen Penilaian
Terlampir

3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a. Remedial

  • Remedial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
  • Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal), misalnya sebagai berikut.
  • Membuat kliping fase-fase kehamilan.
b. Pengayaan
  • Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
  • Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
  • Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas misalnya
  • Peserta didik secara berkelompok mencari info mengenai cara mengobati dan pencegahan sistem reproduksi

……………, 16 Juli 2018

Mengetahui
Kepala SMPN/S                                Guru Mata Pelajaran

……………………                        …..............…………….
NIP/NRK.                                         NIP/NRK.

Belum ada Komentar untuk "RPP Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas 9 SMP/MTs Revisi 2017"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel