RPP Seni Budaya Kelas 9 SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017

https://rpprevisi2018.blogspot.com
RPP Seni Budaya Kelas 9 SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Satuan Pendidikan : SMPN/S
Mata Pelajaran : Seni Budaya Aspek Seni Rupa
Kelas/Semester : IX/Ganjil
Tahun Pelajaran : 2018/2019
Alokasi Waktu : 12 JP (4 Pertemuan)


A. Kompetensi Inti
KI - 3 Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI - 4 Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

Baca juga RPP Prakarya dan Kewirausahaan Kelas 9 SMP/MTs Revisi 2018

B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD)

3.1 Memahami unsur, prinsip, teknik, dan prosedur berkarya seni lukis dengan berbagai bahan
4.1 Membuat karya seni lukis dengan berbagai bahan dan teknik
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.1.1 Menganalisis unsur, prinsip, teknik, dan prosedur berkarya seni lukis dengan berbagai bahan
3.1.2 Mengidentifikasi unsur, prinsip, teknik, dan prosedur berkarya seni lukis dengan berbagai bahan
3.1.3 Mengidentifikasi Pembuatan karya seni lukis dengan berbagai bahan dan teknik
4.1.1 Menyajikan karya seni lukis dengan berbagai bahan dan teknik

C. Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan pembelajaran menggunakan model Discovery Learning yang dipadukan dengan metode mind mapping, teknik ATM, dan pendekatan saintifik yang menuntun peserta didik untuk mengamati (membaca) permasalahan, menuliskan penyelesaian dan mempresentasikan hasilnya di depan kelas, Selama dan setelah mengikuti proses pembelajaran ini peserta didik diharapkan dapat
• Menjelaskan pengertian seni lukis
• Mengidentifikasi berbagai tema dalam berkarya seni lukis
• Mengidentifikasi berbagai aliran berkarya seni lukis
• Mengklasifikasikan berbagai karya seni lukis
• Mengidentifikasi berbagai macam alat dan bahan berkarya seni lukis
• Membuat sketsa lukisan dengan berbagai tema
• Berkarya seni lukis dengan berbagai media alat dan bahan
dengan rasa rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, santun, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan pro-aktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik.

Baca juga RPP Matematika Kelas 9 SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017

D. Materi Pembelajaran
• Fakta
- Pengertian refresentatif adalah perwujudan gaya seni rupa menggunakan keadaan nyata pada keadaan masyarakat dan gaya alam
• Konsep
- Tema adalah gagasan, ide, atau pokok pikiran yang ada di dalam sebuah karya seni baik dalam bentuk karya seni rupa dua dimensi meupun seni rupa tiga dimensi
• Prinsip
- Ide, imajinasi atau khayalan sering melintas dalam pikiran kita baik secara sadar ataupun saat tidak sadar ataupun saat tidak sadar (saat tidur).
• Prosedur
- Aktivitas manusia dalam kehidupan sehari-hari yang beragam membuat perupa ingin mengabadikan kegiatan tersebut dalam media lukisnya
E. Metode Pembelajaran
• Pendekatan : Scientific Learning
• Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
F. Media Pembelajaran
• Media LCD projector,
• Laptop,
• Bahan Tayang
G. Sumber Belajar
• Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Guru Mata Pelajaran Seni Budaya. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
• Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Siswa Mata Pelajaran Seni Budaya. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
• Sumber lain yang relevan

Baca juga RPP Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (PJOK) Kelas 9 SMP/MTs Revisi 2017

H. Langkah-langkahPembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
Kegiatan Inti
Kegiatan Penutup

H. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian

a. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1) Tes Tertulis
- Uraian/esai
2) Tes Lisan
- Tes lisan pemaparan materi dari pemahaman siswa.
b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
- Mempelajari buku teks dan sumber lain tentang materi pokok
- Menyimak tayangan/demo tentang materi pokok
2) Portofolio / unjuk kerja
3) Produk,
2. Instrumen Penilaian
a. Pertemuan Pertama (Terlampir)
b. Pertemuan Kedua (Terlampir)
c. Pertemuan Ketiga (Terlampir)
d. Pertemuan Keempat (Terlampir)

3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a. Remedial

  • Remidial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian: remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
  • Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal), misalnya sebagai berikut.
  • Pembuatan karya seni lukis dengan berbagai bahan dan teknik
b. Pengayaan
  • Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
  • Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
  • Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas misalnya
  • Unsur, prinsip, teknik dan prosedur berkarya seni lukis dengan berbagai bahan
  • Pembuatan karya seni lukis dengan berbagai bahan dan teknik

……………, 16 Juli 2018

Mengetahui
Kepala SMPN/S                                Guru Mata Pelajaran


…………………………                ………………………….
NIP/NRK.                                        NIP/NRK.

Baca juga RPP Bahasa Indonesia Kelas 9 SMP/MTs Revisi 2017

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel