RPP PPKn (Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan) Kelas 9 SMP/MTs Revisi 2017

https://rpprevisi2018.blogspot.com
RPP PPKn (Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan) Kelas 9 SMP/MTs Revisi 2017
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Sekolah : SMP N/S
Mata Pelajaran : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kelas/Semester : IX/Ganjil
Materi Pokok : Dinamika perwujudan Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa
Tahun pelajaran : 2018/2019
Alokasi Waktu : 18 JP (6 x 3 JP)

A. Kompetensi Inti
KI-1 Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI-2 Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI-3 Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI-4 Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD)

1.1 Mensyukuri perwujudan pancasila sebagai dasar negara yang merupakan anugerah Tuhan Yang Maha Esa.
2.1 Menunjukkan sikap bangga akan tanah air sebagai perwujudan nilai- nilai Pancasila sebagai dasar negara.
3.1 Membandingkan antara peristiwa dan dinamika yang terjadi di masyarakat dengan praktik ideal Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa.
4.1 Merancang dan melakukan penelitian sederhana tentang peristiwa dan dinamika yang terjadi di masyarakat terkait penerapan Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa

Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
1.1.1 Bersyukur atas Pancasila sebagai dasa Negara Indonesia.
1.1.2 Bersyukur atas pancasila yang memiliki fungsi sebagai dasar Negara Indonesia dan pandangan hidup bangsa.
2.1.1 Menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari sebagai dasar negara Indonesia dan pandangan hidup bangsa.
2.1.2 Berani berperan/mensimulasikan nilai-nilai Penerapan Pancasila dari Masa Ke Masa.
3.1.1 Mendeskripsikan penerapan Pancasila dari masa kemasa.
3.1.2 Menjelaskan nilai-nilai Pancasila..
3.1.3 Menganalisis arti penting mempertahankan Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa.
3.1.4 Menganalisis perwujudan nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa dalam berbagai kehidupan.
4.1.1 Mendiskusikan kedudukan dan fungsi Pancasila Sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa.
4.1.2 Menyimpulkan hasil diskusi tentang kedudukan dan fungsi Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa.
4.1.3 Menyusun laporan hasil analasis tentang dinamika Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa.
4.1.4 Menyajikan hasil analasis tentang dinamika Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa.
4.1.5 Mensimulasikan peran tokoh nasional dalam perwujudan pancasila sebagai dasar negara.

C. Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model Discovery Learning dan pendekatan saintifik, peserta didik diharapkan mampu
• Mendeskripsikan penerapan Pancasila dari masa kemasa.
• Menjelaskan nilai-nilai Pancasila..
• Menganalisis arti penting mempertahankan Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa.
• Menganalisis perwujudan nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa dalam berbagai kehidupan
• Menyajikan hasil analasis tentang dinamika Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa.
Dengan rasa rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan proaktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik


Baca juga

RPP Bahasa Inggris Kelas 7 SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017
RPP Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas 9 SMP/MTs Revisi 2017
RPP Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas 9 SMP/MTs Revisi 2017
RPP Matematika Kelas 7 SMP / MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017
RPP Bahasa Indonesia Kelas 9 SMP/MTs Revisi 2017
RPP Pendidkan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN) Kelas 8 SMP/MTs Revisi 2017


D. Materi Pembelajaran
Fakta
• Pancasila
• Orde Lama
• Orde Baru
• Orde Reformasi
Konsep
• Penerapan Pancasila dari masa ke masa
• Nilai-nilai pancasila
• Kedudukan pancasila sebagai ideologi terbuka
Prinsip
• Hakikat ideology terbuka dan ideology tertutup
• Perbedaan idiologi tertutup dengan ideology terbuka
Prosedur
• Perwujudan nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dalam berbagai kehidupan meliputi politk, ekonomi, social budaya, serta pertahanan dan keamanan

E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific Learning
2. Model Pembelajaran : Discovery Learning dan Project Based Learning
3. Metode Pembelajaran : Ceramah, Diskusi/Tanya jawab, dan Penugasan

F. Media, Alat dan Bahan Pembelajaran
1. LKS
2. White board
3. Spidol
4. Media LCD projector,
5. Laptop,
6. Bahan Tayang ( Slide power point)

G. Sumber Belajar:
1. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2018. Buku Guru Mata Pelajaran PPKn kelas IX. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
2. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2018. Buku siswa Mata Pelajaran PPKn kelas IX. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
3. Internet
4. Buku lain yang relevan

H. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
Kegiatan Inti
Kegiatan Penutup


I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian

a. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1) Tes Tertulis
a) Pilihan ganda
b) Uraian/esai
2) Tes Lisan
b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
Mempelajari buku teks dan sumber lain tentang materi pokok
Menyimak tayangan/demo tentang materi pokok
Menyelesaikan tugas yang berkaitan dengan pengamatan dan eksplorasi
2) Portofolio / unjuk kerja
Laporan tertulis individu/ kelompok
3) Produk,
2. Instrumen Penilaian
Terlampir


3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a. Remedial

  • Remedial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
  • Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal).
b. Pengayaan
  • Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
  • Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
  • Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas.
……………, 16 Juli 2018

Mengetahui
Kepala SMPN/S                               Guru Mata Pelajaran

………………………………         ………………………………….
NIP/NRK.                                        NIP/NRK.

Belum ada Komentar untuk "RPP PPKn (Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan) Kelas 9 SMP/MTs Revisi 2017"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel