RPP Agribisnis Tanaman Buah Kelas 11 SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017

https://rpprevisi2018.blogspot.com
RPP Agribisnis Tanaman Buah Kelas 11 SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017
RPP K13 Revisi 2017 - RPP Agribisnis Tanaman Buah Kelas 11 SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 untuk Tahun Pelajaran 2018/2019 Bidang Keahlian Agribisnis dan Agroteknologi Program Keahlian Agribisnis Tanaman Kompetensi Keahlian Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura (C3) Terintegrasi dengan Literasi, Pendidikan Penguatan Karakter (PPK), 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) dan Higher Order of Thinking Skill (HOTS.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan : SMK N/S
Mata Pelajaran : Agribisnis Tanaman Buah
Bidang Keahlian : Agribisnis dan Agroteknologi
Kelas / Semester : XI/Ganjil
Materi Pokok : Lingkup, karakteristik dan persyaratan tumbuh tanaman buah
Tahun Pelajaran : 2018/2019
Alokasi Waktu : 10JP( 2 Pertemuan)


Download juga RPP Seni Budaya Kelas 10 SMK K13 Revisi 2017
A. Kompetensi Inti
KI 3: Memahami, menerapkan,menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar,dan metakognitif sesuai denganbidang dan lingkup Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni,budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga,sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional,dan internasional.
KI 4: Melaksanakan tugas spesifik,dengan menggunakan alat,informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta menyelesaikan masalah sederhana sesuai dengan bidang dan lingkup Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif,kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru,membiasakan gerak mahir,menjadikan gerak alami, dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD)

3.1. Menganalisis lingkup, karakteristik dan persyaratan tumbuh tanaman buah
4.1 Melaksanakan identifikasi tanaman dan persyaratan tumbuh tanaman buah

Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.1.1 Memahami jenis tanaman yang akan diusahakan
3.1.2 Memahami Iklim(cura hujan yang dibutuhkan,suhu harian ,kelembaban,penyinaran matahari)
3.1.3 Memahami Media Tanam (pH tanah,jenis tanah)
3.1.4 Memahami Ketinggian tempat dari permukaan laut
4.1.1 Melakukan identifikasi tanaman dan persyaratan tumbuh tanaman buah

C. Tujuan Pembelajaran
Melalui proses mencari informasi, menanya, berdiskusi dan presentasi peserta didik di harapkan dapat , Memahami jenis tanaman yang akan diusahakanJenis Tanaman,Memahami Iklim(cura hujan yang dibutuhkan,suhu harian ,kelembaban,penyinaran matahari),Memahami Media Tanam (pH tanah,jenis tanah),Memahami Ketinggian tempat dari permukaan laut, Melakukan identifikasi tanaman dan persyaratan tumbuh tanaman buah ,dengan penuh rasa rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, percaya diri dan pantang menyerah, sertaresponsif (berpikir kritis) dan proaktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik.
Download juga RPP Otomatisasi Tata Kelola Sarana Prasaran Kelas 11 SMK K13 Revisi 2017
D. Materi Pembelajaran.
Lingkup, karakteristik dan persyaratan tumbuh tanaman buah
Jenis tanaman yang akan diusahakan
Iklim(cura hujan yang dibutuhkan,suhu harian ,kelembaban,penyinaran matahari)
Media Tanam (pH tanah,jenis tanah)
Ketinggian tempat dari permukaan laut

E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific Learning
2. Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
3. Metode : Ceramah, Diskusi,Tanya Jawab, Praktek, Penugasan

F. Media, Alat, Bahan dan Sumber Pembelajaran
1. Media LCD projector
2. Laptop
3. Bahan Tayang ( Slide Power Point)
4. Whiteboard
5. Spidol
6. Penggaris

G. Sumber Belajar
1. Bahan Ajar Agribisnis Tanaman Buah Kurikulum 2013
2. Internet
3. Sumber lain yang relevan

H. Langkah-langkah Pembelajaran
  • Kegiatan Pendahuluan
  • Kegiatan Inti
  • Kegiatan Penutup
Download juga RPP Administrasi Umum Kelas 10 SMK K13 Revisi 2017
I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian

a. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1) Tes Tertulis
a) Pilihan ganda
b) Uraian/esai
2) Tes Lisan
b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
2) Portofolio / unjuk kerja
3) Produk,

2. Instrumen Penilaian
• Terlampir

3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a. Remedial

  • Remedial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
  • Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal) mislanya
b. Pengayaan
  • Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
  • Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
  • Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas.
Download juga RPP Produk Kreatif dan Kewirausahaan Kelas 11 SMA K13 Revisi 2017
Untuk mendapatkan RPP Agribisnis Tanaman Buah Kelas 11 SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 Bidang Keahlian Agribisnis dan Agroteknologi Program Keahlian Agribisnis Tanaman Kompetensi Keahlian Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura (C3) untuk Tahun Pelajaran 2018/2019 yang Terintegrasi dengan Literasi, Pendidikan Penguatan Karakter (PPK), 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) dan Higher Order of Thinking Skill (HOTS) silahkan download filenya di bawah ini. untuk mendapatkan versi lengkapnya silahkan kunjungi halaman disini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel