RPP Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti Kelas 10 SMA Kurikulum 2013 Revisi 2017

https://rpprevisi2018.blogspot.com
RPP Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti Kelas 10 SMA Kurikulum 2013 Revisi 2017

RPP K13 Revisi 2017 - RPP Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti Kelas 10 SMA Kurikulum 2013 Revisi 2017 untuk Tahun Pelajaran 2018/2019 Terintegrasi dengan Literasi, Pendidikan Penguatan Karakter (PPK), 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) dan Higher Order of Thinking Skill (HOTS). 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah : SMK N/S…………
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti
Kelas / Semester : X/Ganjil
Tahun Pelajaran : 2018 /2019
Materi Pokok : Bertumbuh dan Semakin Berhikmat
Alokasi Waktu : 9 JP (3x pertemuan)


A. Kompetensi Inti
KI - 1 Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI - 2 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, bertanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI - 3 Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI - 4 Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah kongkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan
Download juga RPP Sejarah Indonesia Kelas 11 SMA Kurikulum 2013 Revisi 2017
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD)

1.1 Mensyukuri karunia Allah bagi dirinya yang terus bertumbuh sebagai pribadi dewasa.
2.1 Mengembangkan perilaku sebagai pribadi yang terus bertumbuh menjadi dewasa.
3.1 Menganalisis ciri-ciri pribadi yang terus bertumbuh menjadi dewasa.
4.1 Membuat karya yang berkaitan dengan ciri-ciri pribadi yang terus bertumbuh menjadi dewasa

Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
1.1.1 Membuktikan perilaku tanggung-jawab, ketekunan, saling menghargai dalam kegiatan belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok.
2.1.1 Mencontohkan perilaku sebagai pribadi yang terus bertumbuh menjadi berhikmat
2.1.2 Menampilkan sikap tidak mudah diombang-ambingkan oleh bujuk rayu oleh ajaran-ajaran yang sesat, baik dari dunia keyakinan agama, maupun nilai-nilai masyarakat di masa kini.
3.1.1 Menjelaskan bahwa kedewasaan fisik harus diikuti olehkematangan emosional Menganalisa hidup yang terarah kepada orang lain melalui kajian literature
3.1.2 menyimpulkan penjelasan bahan alkitab samuel 2:26, 1 samuel 3:19, 1 korintus 3:1-9, amsal 2:6, 1 raja-raja 3:16-28 dengan cara membaca bahan alkitab tersebut
3.1.3 Membangunkan kedewasaan dalam hidup sehari-hari
3.1.4 Menganalisis berbagai ajaran sesat melalui kajian literatur
3.1.5 Menyimpulkan penjelasan alkitab 1 Samuel 2:26 dan 3:19, 1 Korintus 3:1-9 1 Korintus 3:1-9Amsal 2:6, 1 Raja-raja 3:16-28 dengan cara membaca bahan alkitab tersebut melalui kajian literature.
4.1.1 Menyebutkan minimal tiga hal yang
menunjukkan kematangan emosional
dirinya, serta sikapnya yang menunjukkan
kedewasaan dan tanggung jawab.
4.1.2 Menciptakan karya yang berkaitan dengan ciri-ciri pribadi yang terus bertumbuh menjadi dewasa melalui kajian literature
4.1.3 Menyusun kajian tentang perilaku seorang yang berkepribadian matang dalam diri tuhan yesus, tokoh-tokoh alkitab lai, dan betumbuh menjadi berhikmat, melalui Samuel 2:26 dan 3:19, 1 Korintus 3:1-9 1 Korintus 3:1-9
Amsal 2:6, 1 Raja-raja 3:16-28 apa saja hal-hal yang harus dilakukan untuk menjadi dewasa dan bertanggung jawab, melalui kajian literature
Download juga RPP Pendidikan Agama Katolik Kelas 12 SMA Kurikulum 2013 Revisi 2017
C. Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan pembelajaran menggunakan model Discovery Learning dengan pendekatan saintifik, peserta didik diharapkan mampuMenjelaskan bahwa kedewasaan fisik harus diikuti oleh kematangan emosional, Menyebutkan minimal tiga hal yang menunjukkan kematanganemosional dirinya, serta sikapnya yang menunjuk-kan kedewasaan dan tanggung jawab. Dengan rasa rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan proaktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik.

D. Materi Pembelajaran
Fakta
• Bertumbuh dewasa dan semakin berhikmat
• Kematangan Pribadi dan Emosi
Konsep
• Menemukan pemahaman tentang remaja melalui kajian literatur
• Menemukan kedewasaan yang benar melalui kajian literatur
• Menegaskan keberanian bertanggung jawab melalui kajian literatur
• Menemukan pemahaman tentang arti kejujuran melalui kajian literatur
• Menganalisis hidup yang terarah kepada orang lain melalui kajian literatur
• Menyimpulkan penjelasan bahan alkitab samuel 2:26, 1 samuel 3:19, 1 korintus 3:1-9, amsal 2:6, 1 raja-raja 3:16-28 dengan cara membaca bahan alkitab tersebut
• Membangunkan kedewasaan dalam hidup sehari-hari
• Menganalisis berbagai ajaran sesat melalui kajian literatur
• Menyimpulkan penjelasan alkitab efesus 4:11-15, kolose 1:7-12 dengan cara membaca bahan alkitab tersebut melalui kajian literatur
Prinsip
• Mencontohkan perilaku sebagai pribadi yang terus bertumbuh menjadi dewasa
• Menampilkan sikap tidak mudah diombang-ambingkan oleh bujuk rayu oleh ajaran-ajaran yang sesat, baik dari dunia keyakinan agama, maupun nilai-nilai masyarakat di masa kini.
Prosedur
• Menciptakan karya yang berkaitan dengan ciri-ciri pribadi yang terus bertumbuh menjadi dewasa melalui kajian literatur
• Menyusun kajian tentang perilaku seorang yang berkepribadian matang dalam diri tuhan yesus, tokoh-tokoh alkitab lainnya, dan melalui mazmur 90, menyimpulkan, apa saja hal-hal yang harus dilakukan untuk menjadi dewasa dan bertanggung jawab, melalui kajian literature
Download juga RPP PPKN Kelas 10 SMA Kurikulum 2013 Revisi 2017
E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific
2. Model Pembelajaran : Discovery Learning
3. Metoda Pembelajaran : ATM (Amati, tiru, Modifikasi) Diskusi/tanya
jawab/Ceramah, Penugasan

F. Media, Alat dan bahan Pembelajaran
1. Bahan Tayang (Slide power point)
2. Worksheet atau lembar kerja (siswa)
3. Penggaris, spidol, papan tulis
4. Laptop & infocus
5. Perpustakaan sekolah

G. Sumber Belajar
1. Alkitab
2. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti kelas X Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
3. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku siswa Mata Pelajaran Pelajaran Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti kelas X Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
4. Internet
5. Buku teks pelajaran yang relevan

H. Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
Kegiatan Inti
Kegiatan Penutup

Download juga RPP Matematika Kelas 10 SMA Kurikulum 2013 Revisi 2017
I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian
a. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1) Tes Tertulis
a) Pilihan ganda
b) Uraian/esai
2) Tes Lisan
b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
2) Portofolio / unjuk kerja
3) Produk,

2. Instrumen Penilaian
• Terlampir

3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a. Remedial

  • • Remedial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
  • • Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal) mislanya
  • Pemberian bimbingan secara khusus, misalnya bimbingan perorangan
  • Pemberian tugas-tugas latihan secara khusus
  • Pemanfaatan tutor sebaya
b. Pengayaan
  • Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
  • Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
  • Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas. Misalnya Peserta didik diminta menulisPenjelasan bahan alkitab kejadian 3:1-13, hakim-hakim 1316, nehemia 2:1-7, matius 25:31-46 dan lukas 10:30-37. Hasilnya di 
    presentasikan di depan kelas
Download juga RPP Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 10 SMA Kurikulum 2013 Revisi 2017
Download juga RPP Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti Kelas 10 SMA Kurikulum 2013 Revisi 2017  
 Untuk mendapatkan RPP Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti Kelas 10 SMA Kurikulum 2013 Revisi 2017 untuk Tahun Pelajaran 2018/2019 Terintegrasi dengan Literasi, Pendidikan Penguatan Karakter (PPK), 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) dan Higher Order of Thinking Skill (HOTS) silahkan downlaod filenya di bawah ini. untuk mendapatkan versi lengkapnya silahkan kunjungi halaman Disini.

Belum ada Komentar untuk "RPP Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti Kelas 10 SMA Kurikulum 2013 Revisi 2017"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel