RPP Aplikasi Perangkat Lunak dan Perancangan Interior Gedung Kelas XI SMK K13 Revisi 2017
RPP SMK Revisi 2017 - RPP Aplikasi Perangkat Lunak dan Perancangan Interior Gedung Kelas XI SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 Bidang Keahlian Teknologi dan Rekayasa Program Keahlian Teknik Konstruksi dan PropertiKompetensi Keahlian Desain Permodelan dan Informasi Bangunan (C3) Jam Pelajaran 596 JP (@ 45 Menit) Tahun pelajaran 2018/2019 Terintegrasi dengan Literasi, Pendidikan Penguatan Karakter (PPK), 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) dan Higher Order of Thinking Skill (HOTS).
Satuan Pendidikan : SMK N/S
Mata Pelajaran : Aplikasi Perangkat Lunak Dan Perancangan Interior
Bidang Keahlian : Teknologi Dan Rekayasa
Kelas / Semester : XI/Ganjil
Tahun Pelajaran : 2018/2019
Alokasi Waktu : 18 JP ( 2 Pertemuan)
A. Kompetensi Inti
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasitentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup Desain Permodelan Dan Informasi Bangunan pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang Desain Permodelan Dan Informasi Bangunan
Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung
Kompetensi Dasar (KD)
3.1 Menerapkan prosedur keselamatan dan kesehatan kerja (K3)
4.1 Melaksanakan prosedur keselamatan dan kesehatan kerja
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.1.1 Menganalisis prosedur kesehatan keselamatan dan keamanan kerja
3.1.2 Menjelaskan prosedur K3
3.1.3 Menjelaskan kasus kecelakaan kerja
3.1.4 Menganalisis faktor penyebab timbulnya kecelakaann
3.1.5 Menjelaskan antisipasi kecelakaan kerja
4.1.1 Menerapkan prosedur kesehatan kerja
C. Tujuan Pembelajaran
Melalui proses mencari informasi, menanya, berdiskusi dan presentasi peserta didik di harapkan dapat Menganalisis prosedur kesehatan keselamatan dan keamanan kerja, Menjelaskan prosedur K3, Menjelaskan kasus kecelakaan kerja, Menganalisis faktor penyebab timbulnya kecelakaann, Menjelaskan antisipasi kecelakaan kerja, serta mampu Menerapkan prosedur kesehatan kerja dengan penuh rasa rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan proaktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik
D. Materi Pembelajaran
• Prosedur kesehatan keselamatan dan keamanan kerja
• Kasus kecelakaan kerja
• faktor penyebaba timbulnya kecelakaan kerja
• Antisipasi kecelakaan kerja.
E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific Learning
2. Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
3. Metode : Ceramah, Diskusi,Tanya Jawab, Praktek, Penugasan
F. Media, Alat, Bahan dan Sumber Pembelajaran
1. Media LCD projector
2. Laptop
3. Bahan Tayang ( Slide Power Point)
4. Whiteboard
5. Spidol
6. Penggaris
1. Bahan Ajar Aplikasi Perangkat Lunak Dan Perancangan Interior Kurikulum2013
2. Internet
3. Sumber lain yang relevan
H. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
Kegiatan Inti
Kegiatan Penutup
I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian
a. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1) Tes Tertulis
a) Pilihan ganda
b) Uraian/esai
2) Tes Lisan
b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
• Mempelajari buku teks dan sumber lain tentang materi pokok
• Menyimak tayangan/demo tentang materi pokok
• Menyelesaikan tugas yang berkaitan dengan pengamatan dan eksplorasi
2) Portofolio / unjuk kerja
• Laporan tertulis individu/ kelompok
3) Produk
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMK N/S
Mata Pelajaran : Aplikasi Perangkat Lunak Dan Perancangan Interior
Bidang Keahlian : Teknologi Dan Rekayasa
Kelas / Semester : XI/Ganjil
Tahun Pelajaran : 2018/2019
Alokasi Waktu : 18 JP ( 2 Pertemuan)
A. Kompetensi Inti
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasitentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup Desain Permodelan Dan Informasi Bangunan pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang Desain Permodelan Dan Informasi Bangunan
Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung
Download juga RPP Gambar Teknik Otomotif Kelas X SMK Revisi 2017B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD)
3.1 Menerapkan prosedur keselamatan dan kesehatan kerja (K3)
4.1 Melaksanakan prosedur keselamatan dan kesehatan kerja
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.1.1 Menganalisis prosedur kesehatan keselamatan dan keamanan kerja
3.1.2 Menjelaskan prosedur K3
3.1.3 Menjelaskan kasus kecelakaan kerja
3.1.4 Menganalisis faktor penyebab timbulnya kecelakaann
3.1.5 Menjelaskan antisipasi kecelakaan kerja
4.1.1 Menerapkan prosedur kesehatan kerja
C. Tujuan Pembelajaran
Melalui proses mencari informasi, menanya, berdiskusi dan presentasi peserta didik di harapkan dapat Menganalisis prosedur kesehatan keselamatan dan keamanan kerja, Menjelaskan prosedur K3, Menjelaskan kasus kecelakaan kerja, Menganalisis faktor penyebab timbulnya kecelakaann, Menjelaskan antisipasi kecelakaan kerja, serta mampu Menerapkan prosedur kesehatan kerja dengan penuh rasa rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan proaktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik
D. Materi Pembelajaran
• Prosedur kesehatan keselamatan dan keamanan kerja
• Kasus kecelakaan kerja
• faktor penyebaba timbulnya kecelakaan kerja
• Antisipasi kecelakaan kerja.
E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific Learning
2. Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
3. Metode : Ceramah, Diskusi,Tanya Jawab, Praktek, Penugasan
F. Media, Alat, Bahan dan Sumber Pembelajaran
1. Media LCD projector
2. Laptop
3. Bahan Tayang ( Slide Power Point)
4. Whiteboard
5. Spidol
6. Penggaris
Download juga RPP Housekeeping Kelas XI SMK Revisi 2017G. Sumber Belajar
1. Bahan Ajar Aplikasi Perangkat Lunak Dan Perancangan Interior Kurikulum2013
2. Internet
3. Sumber lain yang relevan
H. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
Kegiatan Inti
Kegiatan Penutup
I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian
a. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1) Tes Tertulis
a) Pilihan ganda
b) Uraian/esai
2) Tes Lisan
b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
• Mempelajari buku teks dan sumber lain tentang materi pokok
• Menyimak tayangan/demo tentang materi pokok
• Menyelesaikan tugas yang berkaitan dengan pengamatan dan eksplorasi
2) Portofolio / unjuk kerja
• Laporan tertulis individu/ kelompok
3) Produk
2. Instrumen Penilaian
• Terlampir
3. PembelajaranRemedial dan Pengayaan
a. Remedial
a. Remedial
- Remedial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
- Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal)
- Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
- Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
- Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas.
Download juga RPP Fisika Teknologi dan Rekayasa Kelas (TKR) X SMK Revisi 2017Untuk mendapatkan RPP Aplikasi Perangkat Lunak dan Perancangan Interior Gedung Kelas XI SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 Bidang Keahlian Teknologi dan Rekayasa Program Keahlian Teknik Konstruksi dan PropertiKompetensi Keahlian Desain Permodelan dan Informasi Bangunan (C3) Jam Pelajaran : 596 JP (@ 45 Menit) Tahun pelajaran 2018/2019 Terintegrasi dengan Literasi, Pendidikan Penguatan Karakter (PPK), 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) dan Higher Order of Thinking Skill (HOTS) silahkan download filenya di bawah ini. Untuk mendapatkan perangkat pembelajaran mata pelajaran Aplikasi Perangkat Lunak dan Perancangan Interior Gedung Kelas XI SMK revisi 2017 silahkan klik disini.
Belum ada Komentar untuk " RPP Aplikasi Perangkat Lunak dan Perancangan Interior Gedung Kelas XI SMK K13 Revisi 2017"
Posting Komentar