RPP Agribisnis Tanaman Sayuran Kelas XI SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017

https://rpprevisi2018.blogspot.com
RPP Agribisnis Tanaman Sayuran Kelas XI SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017
RPP SMK Revisi 2017 - RPP Agribisnis Tanaman Sayuran Kelas XI SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 Bidang Keahlian Agribisnis dan Agroteknologi Program Keahlian Agribisnis Tanaman Kompetensi Keahlian Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura Tahun pelajaran 2018/2019 Terintegrasi dengan Literasi, Pendidikan Penguatan Karakter (PPK), 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) dan Higher Order of Thinking Skill (HOTS)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan : SMK
Mata Pelajaran : Agribisnis Tanaman Sayuran
Bidang Keahlian : Agribisnis dan Agroteknologi
Kompetensi Keahlian : Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura
Kelas/Semester : XI /Ganjil
Tahun Pelajaran : 2018/2019
Materi Pokok : Ruang lingkup, karakteristik dan persyaratan tumbuh tanaman sayuran
Alokasi Waktu : 15 JP ( 3 Pertemuan)



A. Kompetensi Inti
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)

Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional
Download juga RPP Fisika TKR Kelas X SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik, dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta menyelesaikan masalah sederhana sesuai dengan bidang dan lingkup Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura.
Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan gerak mahir, menjadikan gerak alami, dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD)

3.1 Menganalisis ruang lingkup, karakteristik dan persyaratan tumbuh tanaman sayuran
4.1 Melaksanakan identifikasi tanaman dan persyaratan tumbuh tanaman sayuran
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.1.1. Menjelaskan Ruang lingkup Tanaman sayuran
3.1.2. Mengidentifikasi jenis dan karakteristik tanaman sayuran
3.1.3. Menganalisa persyaratan tumbuh tanaman sayuran
4.1.1. Meyimpulkan hasil identifikasi tanaman dan persyaratan tumbuh tanaman sayuran
4.1.2. Mempresentasikan hasil identifikasi tanaman dan persyaratan tumbuh tanaman sayuran
Download juga RPP Alat Mesin Pertanian Kelas 11 SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017
C. Tujuan Pembelajaran
Setelah menyelesaikan kegiatan pembelajaran diharapkan peserta didik mampu melaksanakan Identifikasi tanaman sayuran dan persyaratan tumbuhnya sesuai standar industri tanaman sayuran dengan penuh rasa rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, percaya diri dan pantang menyerah, sertaresponsif (berpikir kritis) dan proaktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik.

D. Materi Pembelajaran.

Ruang lingkup, karakteristik dan persyaratan tumbuh tanaman sayuran.
1. Ruang lingkup tanaman sayuran
2. Manfaat dan prospek mempelajari tanaman sayuran
3. Kunci sukses memproduksi tanaman sayuran
4. Jenis dan karakteristik tanaman sayuran
5. Persyaratan tumbuh tanaman sayuran

E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific Learning
2. Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
3. Metode : Ceramah, Diskusi,Tanya Jawab, Praktek, Penugasan

F. Media, Alat, Bahan dan Sumber Pembelajaran
1. Media LCD projector
2. Laptop
3. Bahan Tayang ( Slide Power Point)
4. Whiteboard
5. Spidol
6. Penggaris

G. Sumber Belajar
1. Bahan Ajar Agribisnis Tanaman Sayuran Kurikulum 2013
2. Internet
3. Sumber lain yang relevan
Download juga RPP Dasar-Dasar Budidaya Tanaman Kelas X SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017
H. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
Kegiatan Inti
Kegiatan Penutup

I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian

a. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1) Tes Tertulis
a) Pilihan ganda
b) Uraian/esai
2) Tes Lisan
b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
• Mempelajari buku teks dan sumber lain tentang materi pokok
• Menyimak tayangan/demo tentang materi pokok
• Menyelesaikan tugas yang berkaitan dengan pengamatan dan eksplorasi
2) Portofolio / unjuk kerja
• Laporan tertulis individu/ kelompok
3) Produk
2. Instrumen Penilaian
• Terlampir

3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a. Remedial

  • Remedial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
  • Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal)
b. Pengayaan
  • Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
  • Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
  • Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas.
Download juga RPP Dasar Desain Grafis Kelas X SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017
Untuk mendapatkan RPP Agribisnis Tanaman Sayuran Kelas XI SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 Bidang Keahlian Agribisnis dan Agroteknologi Program Keahlian Agribisnis Tanaman Kompetensi Keahlian Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura Tahun pelajaran 2018/2019 Terintegrasi dengan Literasi, Pendidikan Penguatan Karakter (PPK), 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) dan Higher Order of Thinking Skill (HOTS) silahkan download atau unduh filenya di bawah ini, Untuk mendapatkan versi lengkapnya silahkan klik Disini.

Belum ada Komentar untuk "RPP Agribisnis Tanaman Sayuran Kelas XI SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel