RPP Dasar Desain Grafis Kelas 10 SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017

http://rpprevisi2018.blogspot.com
RPP Dasar Desain Grafis Kelas 10 SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017
RPP SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 - RPP Dasar Desain Grafis Kelas 10 SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tahun pelajaran 2018/2019 Bidang Keahlian Teknologi Informasi dan Komunikasi Program Keahlian Teknik Komputer dan Informatika Kompetensi Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan Terintegrasi dengan Literasi, Pendidikan Penguatan Karakter (PPK), 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) dan Higher Order of Thinking Skill (HOTS).

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan : SMK N/S
Mata Pelajaran : Dasar Desain Grafis
Bidang Keahlian : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas / Semester : X/Ganjil
Tahun Pelajaran : 2018/2019
Materi Pokok : Unsur-unsur Tata Letak
Alokasi Waktu : 18 JP ( 6 Pertemuan)


A. Kompetensi Inti
KI 3: Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Dasar-dasar Teknik Komputer dan Informatika pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KI 4: Melaksanakan tugas spesifik, dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta menyelesaikan masalah sederhana sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Dasar-dasar Teknik Komputer dan Informatika Menampilkan kinerja mandiri dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik dibawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan gerak mahir, menjadikan gerak alami, sampai dengan tindakan orisinal dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik dibawah pengawasan langsung..
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD)

3.1. Mendiskusikan unsur-unsur tata letak berupa garis, ilustrasi, tipografi, warna, gelap-terang, tekstur, dan ruang
4.1 Menempatkan unsur-unsur tata letak berupa garis, ilustrasi,tipografi, warna, gelap-terang, tekstur, dan ruang

Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.1 1. Menjelaskan unsur-unsur tata letak garis.
3.1 2. Menguraikan unsur-unsur warna
3.1 3. Mendeskripsikan tekstur dan ruang.
4.1.1 Menetapkan tata letak unsu-unsur garis.
4.1.2 Menetapkan tata letak unsur-unsur warna
4.1.3 Menatapkan tata letak unsur-unsur warna

C. Tujuan Pembelajaran
Melalui proses mencari informasi, menanya, berdiskusi dan presentasi peserta didik di harapkan dapat mengenal unsur-unsur tata letak berupa garis, bidang, ilustrasi, tipografi, warna, gelap-terang, tekstur, dan ruang, Membuat secara eletronik unsur-unsur tata letak berupa garis, bidang, ilustrasi, tipografi, warna, gelap-terang, tekstur, dan ruang berdasarkan standar operating procedure (SOP), serta mampu menjaga keselamatan dan kesehatan kerja dalam mempraktikan teknis penggunaan aplikasi untuk membuat unsur-unsur tata letak dengan rasa rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan proaktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik
D. Materi Pembelajaran
Unsur-unsur Tata Letak
• Garis (Line)
• Bidang (Shape)
• Ilustrasi
• Tipografi
• Warna
• Gelap Terang
• Tekstur
• Ruang (Space)

E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific Learning
2. Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
3. Metode : Ceramah, Diskusi,Tanya Jawab, Praktek, Penugasan

F. Media, Alat, Bahan dan Sumber Pembelajaran
1. Media LCD projector
2. Laptop
3. Bahan Tayang ( Slide Power Point)
4. Whiteboard
5. Spidol
6. Penggaris

G. Sumber Belajar
1. Bahan Ajar Desain Grafis Kurikulum 2013
2. Internet
3. Sumber lain yang relevan
H. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
Kegiatan Inti
Kegiatan Penutup

I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian

a. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1) Tes Tertulis
a) Pilihan ganda
b) Uraian/esai
2) Tes Lisan
b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
• Mempelajari buku teks dan sumber lain tentang materi pokok
• Menyimak tayangan/demo tentang materi pokok
• Menyelesaikan tugas yang berkaitan dengan pengamatan dan eksplorasi
2) Portofolio / unjuk kerja
• Laporan tertulis individu/ kelompok
3) Produk
2. Instrumen Penilaian
• Terlampir
3. PembelajaranRemedial dan Pengayaan
a. Remedial

  • Remedial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
  • Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal)
b. Pengayaan
  • Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
  • Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
  • Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas.
    Download juga RPP Bahasa Inggris Kelas 11 SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017
      Untuk mendapatkan RPP Dasar Desain Grafis Kelas 10 SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tahun pelajaran 2018/2019 Bidang Keahlian Teknologi Informasi dan Komunikasi Program Keahlian Teknik Komputer dan Informatika Kompetensi Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan silahkan download filenya di bawah ini. Untuk mendapatkan versi lengkapnya silahkan klik disini.

      1 Komentar untuk "RPP Dasar Desain Grafis Kelas 10 SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017"

      Iklan Atas Artikel

      Iklan Tengah Artikel 1

      Iklan Tengah Artikel 2

      Iklan Bawah Artikel